Implementasi Pembelajaran Saintifik PAUD Kurikulum 2013 PPT



Download presentasi power point berjudul Implementasi Pembelajaran Saintifik PAUD Kurikulum 2013 PPT. Kata Kunci Dukungan Pembelajaran Saintifik adalah: (1) Belajar melalui Bermain; (2) Berpusat pada Anak; (3) Ketersediaan Alat Bahan Main/APE dan Setting Lingkungan Main; (4) Dukungan Guru.

Keterampilan Fasilitasi Guru untuk mendukung “saintifik”

  1. Keterampilan Bertanya
  2. Keterampilan Mendengar
  3. Ketarampilan Menjawab Pertanyaan
  4. Keterampilan Memotivasi Anak

Pengertian Pendekatan Saintifik

Pendekatan Saintifik dalam pembelajaran PAUD adalah Pendekatan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendapat pengalaman belajar melalui mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasikan.

Proses Berfikir Saintifik Pada Anak Usia Dini

Proses berfikir saintifik ada 5 proses yaitu
1. Mengamati

  • Kegiatan mengamati adalah kegiatan yang mendorong peserta didik untuk menunjukan keingintahuan, kesungguhan, dan ketelitian ketika mengamati berbagai objek (benda hidup/mati, buku cerita, lingkungan sekitar dan gambar).
  • Mengamati berarti menggunakan semua indera (penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan dan pengecapan) untuk mengenali suatu benda yang diamatinya. 
  • Semakin banyak indera yang digunakan dalam proses mengamati maka semakin banyak informasi yang diterima dan diproses dalam otak anak.
Implementasi Pembelajaran Saintifik PAUD Kurikulum 2013 PPT



    2. Menanya

    • Kegiatan menanya peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentang apa yang sudah dilihat, disimak, dan dibaca dari objek yang konkrit sampai abstrak berkenaan dengan fakta, konsep, dan prosedur.
    • Menanya sebagai salah satu proses mencari tahu atau mengkonfirmasi atau mencocokan dari pengetahuan yang sudah dimiliki anak dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajarinya.

    3. Mengumpulkan Informasi

    • Kegiatan mengumpulkan informasi merupakan kegiatan menggali dari berbagai sumber melalui berbagai cara, misalnya: eksplorasi terhadap suatu objek, eksperimen, dan mendiskusikan serta menyimpulkan hasil.
    • Mengumpulkan informasi  adalah suatu proses yang sangat diminati anak, dalam proses ini anak melakukan coba-gagal-coba lagi “trial and error”. Anak senang mengulang-ulang kegiatan yang sama tetapi dengan cara bermain yang berbeda.

    4. Mengasosiasi

    • Kegiatan mengasosiasi/menalar merupakan kegiatan menghubungkan informasi yang baru didapat dengan informasi yang sudah dimiliki sebelumnya sehingga mendapatkan pemahaman yang utuh.
    • Proses asosiasi merupakan proses lebih lanjut dimana anak mulai menggabungkan pengetahuan yang sudah dimilikinya dengan pengetahuan baru yang didapatkannya

    5. Mengomunikasikan

    • Kegiatan mengomunikasikan hasil merupakan kegiatan untuk menyampakan hal-hal yang telah dilakukan dalam berbagai bentuk, misal: gambar, hasil karya, cerita, dsb.
    • Proses mengomunikasikan adalah proses penguatan pengetahuan terhadap pengetahuan baru yang didapatkan anak. 
    • Mengomunikasikan tidak hanya disampaikan melalui ucapan, dapat juga disampaikan melalui hasil karya.

    Implementasi Pembelajaran Saintifik PAUD Kurikulum 2013 PPT

    Ayah bunda dapat download materi PAUD tentang pembelajaran saintifik melalui link tautan berikut ini. Preview dokumen ditampilkan di bawahnya. Tukarkan materi presentasi PAUD yang ayah bunda miliki melalui program kerjasama Materi PAUD Exchange.