Dapatkan presentasi power point pendidikan karakter paud disini. Inti dari sebuah pendidikan adalah menciptakan seseorang yang Good and Smart. Link download materi PAUD kami sediakan pada bagian akhir tulisan ya ayah bunda.
Presentasi power point PPT tentang pendidikan karakter anak usia dini ini dipersembahkan oleh ibu Aniek Sugiyanti dari penelitian dan pengembangan PAUD Regional II.
Definisi Pendidikan Karakter
Pengertian pendidikan karakter paud adalah adalah cara berpikir dan berperilaku yang menjadi ciri khas tiap individu untuk hidup dan bekerjasama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa dan negara, Menurut (Ditjen Mandikdasmen – Kementerian Pendidikan Nasional).
Sedangkan pendidikan karakter adalah suatu usaha yang disengaja untuk membantu seseorang sehingga ia dapat memahami, memperhatikan, dan melakukan nilai-nilai etika yang inti (Thomas Lickona)
Mengapa Pendidikan Karakter Harus Dibangun sejak Dini?
- Usia 0-6 tahun otak berkembang sangat cepat (80%)
- AUD lebih cepat menyerap informasi/ perilaku dari lingkungan sekitarnya
- Pengalaman anak pada tahun pertama menentukan kualitas kehidupannya dimasa akan datang
- Keberhasilan seseorang di masyarakat sebagian besar ditentukan oleh kecerdasan emosi (80%), hanya 20% kcerdasan kognitif (Daniel Goleman)
- Hasil penelitian 13 faktor penunjang keberhasilan di dunia kerja (80%) tergantung dari karakter seseorang
Cakupan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini?
Pendidikan karakter PAUD mencakup aspek-aspek sebagai berikut :
Aspek Spiritual
Aspek Personal/kepribadian
Aspek Sosial
Aspek Lingkungan
- Cinta Tuhan dan segenap ciptaannya
- Kemandirian dan Tanggung jawab
- Kejujuran/Amanah, Bijaksana
- Hormat dan santun
- Dermawan, Suka Menolong, dan GotongRoyong
- Percaya diri, Kreatif, dan Pekerja Keras
- Kepemimpinan dan Keadilan
- Baik dan Rendah hati
- Toleransi, Kedamaian, dan Kesatuan
Prinsip Pendidikan Karakter Anak Usia Dini
- Melalui contoh dan keteladanan
- Dilakukan secara berkelanjutan
- Menyeluruh semua aspek perkembangan
- Menciptakan rasa kasih sayang
- Aktif memotifasi anak
- Melibatkan Pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat
- Adanya penilaian
- Ciptakan lingkungan yg nyaman &menyenangkan
- Tersedianya kurikulum & Modul yang berbasis karakter
- Tersedianya guru yg kompeten & berkarakter
- Tersedianya alat bantu mengajar berbasis karakter
- Kerjasama antara sekolah dan ortu