Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun



STPPA: Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun. Definisi Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak adalah pertumbuhan dan perkembangan anak yang dapat dicapai pada rentang usia tertentu.

Pengertian Pertumbuhan anak adalah pertambahan berat dan tinggi badan yang mencerminkan kondisi kesehatan dan gizi yang mengacu pada panduan pertumbuhan anak dan dipantau menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan yang meliputi Kartu Menuju Sehat (KMS), Tabel BB/TB, dan alat ukur lingkar kepala.

Pengertian Perkembangan anak adalah integrasi dari perkembangan enam  aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, dan sosial-emosional, serta seni.

  1. Perkembangan Agama dan Moral Anak Usia 4-5 Tahun
  2. Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia 4-5 Tahun
  3. Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun
  4. Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun
  5. Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun
  6. Perkembangan Seni Anak Usia 4-5 Tahun

Perkembangan yang dimaksud merupakan perubahan perilaku yang berkesinambungan dan terintegrasi dari faktor genetik dan lingkungan serta meningkat secara individual baik kuantitatif
maupun kualitatif.



Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan anak (STPPA) adalah acuan untuk mengembangkan standar isi, proses, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, serta pembiayaan dalam pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

REKOMENDASI: Standar perkembangan anak usia dini (PAUD) dibuat berdasar tahap usia dalam STPPA. Untuk pengelompokan usia dan tingkat perkembangan anak silahkan lihat melalui Pencapaian Perkembangan Anak Sesuai Kelompok Usia 0-6 Tahun

perkembangan anak usia 4-5 tahun perkembangan anak umur 4 5 tahun psikologi perkembangan anak usia 4-5 tahun perkembangan emosi anak usia 4-5 tahun perkembangan emosional anak usia 4-5 tahun teori perkembangan anak usia 4-5 tahun perkembangan anak pada usia 4-5 tahun perkembangan anak usia 4 dan 5 tahun parameter perkembangan anak usia 4-5 tahun perkembangan perilaku anak usia 4-5 tahun perkembangan kreativitas anak usia 4-5 tahun perkembangan anak usia dini 4-5 tahun perkembangan sosial emosional anak usia 4-5 tahun 3 aspek perkembangan anak usia 4-5 tahun perkembangan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun perkembangan bahasa anak usia 4 5 tahun perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun perkembangan motorik anak usia 4-5 tahun tahap perkembangan anak usia 4-5 tahun tugas perkembangan anak usia 4-5 tahun

Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun

Untuk membantu para Pendidik PAUD dan orang tua memahami tingkat pencapaian perkembangan anak pada usia 4-5 tahun, berikut ini disajikan daftar standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA) untuk usia 4-5 tahun.

I. NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL

  1. Mengetahui agama yang dianutnya
  2. Meniru gerakan beribadah dengan urutan yang benar
  3. Mengucapkan doa sebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu
  4. Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk
  5. Membiasakan diri berperilaku baik
  6. Mengucapkan salam dan membalas salam

II. FISIK MOTORIK

A. Motorik Kasar

  1. Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawat terbang, dsb
  2. Melakukan gerakan menggantung (bergelayut)
  3. Melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
  4. Melempar sesuatu secara terarah
  5. Menangkap sesuatu secara tepat
  6. Melakukan gerakan antisipasi
  7. Menendang sesuatu secara terarah
  8. Memanfaatkan alat permainan di luar kelas

B. Motorik Halus

  1. Membuat garis vertikal, horizontal, lengkung kiri/kanan, miring kiri/kanan, dan lingkaran
  2. Menjiplak bentuk
  3. Mengkoordinasikan mata dan tangan untuk melakukan gerakan yang rumit
  4. Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media
  5. Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
  6. Mengontrol gerakan tangan yang meggunakan otot halus  (menjumput, mengelus, mencolek, mengepal, memelintir, memilin, memeras)

C. Kesehatan dan Perilaku Keselamatan

  1. Berat badan sesuai tingkat usia
  2. Tinggi badan sesuai tingkat usia
  3. Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
  4. Lingkar kepala sesuai tingkat usia
  5. Menggunakan toilet (penggunaan air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal
  6. Memahami berbagai alarm bahaya (kebakaran, banjir, gempa)
  7. Mengenal rambu lalu lintas yang ada di jalan

III. KOGNITIF

A. Belajar dan Pemecahan Masalah

  1. Mengenal benda berdasarkan fungsi (pisau untuk memotong, pensil untuk menulis)
  2. Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
  3. Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram, dsb)
  4. Mengetahui konsep banyak dan sedikit
  5. Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah
  6. Mengamati benda dan gejala dengan rasa ingin tahu
  7. Mengenal pola kegiatan dan menyadari pentingnya waktu
  8. Memahami posisi/kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial (misal: sebagai peserta didik/anak/teman)

B. Berpikir Logis

  1. Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
  2. Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
  3. Mengklasifikasikan benda ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpasangan dengan 2 variasi
  4. Mengenal pola (misal, AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya
  5. Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna

C. Berpikir Simbolik

  1. Membilang banyak benda satu sampai sepuluh
  2. Mengenal konsep bilangan
  3. Mengenal lambang bilangan
  4. Mengenal lambang huruf

IV. BAHASA

A. Memahami Bahasa

  1. Menyimak perkataan orang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya)
  2. Mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan
  3. Memahami cerita yang dibacakan
  4. Mengenal perbendaharaan kata mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
  5. Mendengar dan membedakan bunyi- bunyian dalam  Bahasa Indonesia (contoh, bunyi dan ucapan harus sama)

B. Mengungkapkan Bahasa

  1. Mengulang kalimat sederhana
  2. Bertanya dengan kalimat yang benar
  3. Menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan
  4. Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat (baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani, baik, jelek, dsb)
  5. Menyebutkan kata-kata yang dikenal
  6. Mengutarakan pendapat kepada orang lain
  7. Menyatakan alasan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
  8. Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
  9. Memperkaya perbendaharaan kata
  10. Berpartisipasi dalam percakapan

C. Keaksaraan

  1. Mengenal simbol-simbol
  2. Mengenal suara–suara hewan/benda yang ada di sekitarnya
  3. Membuat coretan yang bermakna
  4. Meniru (menuliskan dan mengucapkan) huruf A-Z

V. SOSIAL EMOSIONAL

A. Kesadaran Diri

  1. Menunjukkan sikap mandiri dalam memilih kegiatan
  2. Mengendalikan perasaan
  3. Menunjukkan rasa percaya diri
  4. Memahami peraturan dan disiplin
  5. Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)
  6. Bangga terhadap hasil karya sendiri

B. Rasa Tanggungjawab Diri Sendiri dan Orang lain

  1. Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
  2. Menghargai keunggulan orang lain
  3. Mau berbagi, menolong, dan membantu teman

C. Perilaku Prososial

  1. Menunjukan antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif
  2. Menaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan
  3. Menghargai orang lain
  4. Menunjukkan rasa empati

VI. SENI

A. Anak mampu menikmati berbagai alunan lagu atau suara

  1. Senang mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
  2. Memainkan alat musik/instrumen/benda yang dapat membentuk irama yang teratur

B. Tertarik dengan kegiatan seni

  1. Memilih jenis lagu yang disukai
  2. Bernyanyi sendiri
  3. Menggunakan imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
  4. Membedakan peran fantasi dan kenyataan
  5. Menggunakan dialog, perilaku, dan berbagai materi dalam menceritakan suatu cerita
  6. Mengekspresikan  gerakan dengan irama yang bervariasi
  7. Menggambar objek di sekitarnya
  8. Membentuk berdasarkan objek yang dilihatnya (mis. dengan plastisin, tanah liat)
  9. Mendeskripsikan sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresif yang berirama (contoh, anak menceritakan gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
  10. Mengkombinasikan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai

Download Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-5 Tahun

Ayah bunda dapat memanfaatkan standar tingkat pencapaian perkembangan anak kelompok usia 4-5 tahun dengan download melalui link tautan berikut ini sesuai kebutuhan.