Jenis Jenis APE Dalam Ruang (Indoor): Sensori Motor



NSPK Sarpras PAUD, Jenis Jenis APE Dalam Ruang (Indoor): Sensori Motor –Sarana bermain di dalam ruangan atau APE PAUD Indoor macamnya beragam jenis, bentuk, dan  bahannya bisa sintetis atau alam. Untuk membantu mengembangkan 6 aspek perkembangan anak usia dini, dilakukan melalui kegiatan sensori motor, main peran dan main pembangunan.

Alat Bermain Anak Dalam Ruangan (Indoor)

Berdasarkan 3 jenis kegiatan main, APE Dalam terbagi tiga macam yaitu, main sensorimotor, main peran, dan main pembangunan.

  1. Main sensorimotor adalah permainan yang memfungsikan kelima panca indera anak didik seperti perabaan, pengecapan, pendengaran, penglihatan, dan penciuman 
  2. Main peran atau main simbolik adalah permainan yang meningkatkan kemampuan anak didik untuk berimajinasi, berinteraksi sosial dan mengekspresikan pengalamannya dalam main peran mikro dan makro
  3. Main pembangunan  adalah  permainan yang mendukung anak didik untuk mengembangkan dan mewujudkan gagasan/ide yang ada dalam pikirannya menjadi hasil karya

Jenis Jenis APE Dalam Ruang (Indoor): Sensori Motor

Untuk contoh APE PAUD Indoor jenis kegiatan Sensori Motor dapat dilihat pada contoh-contoh berikut ini (untuk gambar bisa melihat gambar yang disediakan di bawah ini) :

1. Nama APE: Kubus Kain

Bahan dari kain atau flanel. APE untuk usia 3 – 8 bulan. Pengetahuan dan Keterampilan yang Dikembangkan: Motorik halus, Motorik kasar, Pengenalan warna dan bentuk.



2. Nama APE: Buku Bergambar

APE dari Kain Flanel. APE untuk usia 3 – 8 bulan. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah:  motorik halus, pengenalan warna dan bentuk.

3. Nama APE: Marakas

APE dari Kayu, Bambu dan batok kelapa atau plastik. APE untuk usia 8 bulan ++. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: motorik halus, memperkuat genggaman dan pergelangan tangan. Ketrampilan sensori pendengaran. Pengetahuan tentang perbedaan suara-suara dan irama.

4. Nama APE: Tamborin

APE dari Plastik kayu, Kulit. APE untuk usia Usia 8 bulan lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: motorik halus, memperkuat genggaman dan pergelangan tangan. Ketrampilan sensori pendengaran. Pengetahuan tentang perbedaan suara-suara dan irama.

Jenis Jenis APE Dalam Ruang (Indoor): Sensori Motor

5. Nama APE: Pensil warna, krayon dan spidol.

APE untuk usia Usia 3++. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Pengetahuan tentang warna dan tekstur. Sensorimotor, memperkuat otot jari dan pergelangan tangan.

6. Nama APE: Kuas Lukis

APE dari Berbagai ukuran 4″–12″. APE untuk usia Usia 2 ke atas(semakin kecil usia anak, semakin besar ukuran kuas). Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: pengetahuan tentang warna dan tekstur. Sensorimotor, memperkuat otot jari dan pergelangan tangan.

7. Nama APE: Adonan Tepung

APE dari Bahan aman dari zat kimia dan lentur. APE untuk usia Usia 2++. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: pengetahuan tentang warna dan tekstur. Sensorimotor, memperkuat otot jari dan pergelangan tangan.

8. Nama APE: Bola

APE dari Plastik, karet. Berbagai ukuran. APE untuk usia  1 tahun menggunakan bola yang terbuat dari semacam plastik sehingga bolanya lembek seperti balon. Untuk APE usia anak 3 tahun lebih gunakan bola untuk anak. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: sensorimotor, perabaan (tekstur), memperkuat otot jari dan tangan. Ketangkasan (melempar, menangkap, menggelindingkan). Keterampilan sosialisasi dan kerjasama.

9. Nama APE: Botol

APE dari Plastik berbagai bentuk dan ukuran. APE untuk usia 3 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Sensorimotor Sains (pengenalan sifat zat cair dan pencampuran warna)

10. Nama APE: Gelas

APE dari Plastik, bambu, kayu berbagai ukuran. APE untuk usia 2 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Keterampilan sensori pendengaran. Kordinasi mata, tangan, dan pendengaran. Pengetahuan tentang bunyi dan irama.

11. Nama APE: Alat Musik Tradisional (Maracas, Kulintang, Angklung)

Terbuat dari Plastik, bambu, kayu berbagai ukuran. APE untuk usia 2 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Keterampilan sensori pendengaran. Kordinasi mata, tangan, dan pendengaran. Pengetahuan tentang bunyi dan irama.

12. Nama APE: Drum

Bahan dari plastik, kayu, kulit kambing. APE untuk anak usia 1 tahun lebih. -Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: ketrampilan sensori pendengaran. Kordinasi mata, tangan, dan pendengaran. Pengetahuan tentang bunyi dan irama.

13. Nama APE: Menjahit Jelujur

APE dari Kayu dan plastic, kain flanel. APE untuk usia 3 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Keterampilan sensori, Emosi, Kordinasi mata dan tangan.

14. Nama APE: Kancing dan Manik-Manik

APE dari Plastik, kayu ukuran besar. APE untuk usia Usia 2 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Ketrampilan sensori, perabaan. Kordinasi mata dan tangan.
Klasifikasi, Motorik halus. Pengenalan bilangan dan Pengenalan pola.

15. Nama APE: Roncean

APE dari Kayu, plastik. APE untuk usia Usia 3 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Pengenalan tentang pola- Koordinasi mata-tangan, Motorik halus, Fokus

16. Nama APE: Matras

APE dari Busa dibungkus plastik. APE untuk usia 1 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Ketrampilan motorik kasar.

17. Nama APE: Maze 3 Dimensi

APE dari kayu. APE untuk usia 2 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Motorik halus, Koordinasi mata tangan, Pengenalan warna.

18. Nama APE: Berbagai Biji-Bijian

APE sifatnya Kering, tidak berjamur. APE untuk usia 3 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Klasifikasi, Motorik halus, Sensori motor (perabaan), Koordinasi mata tangan, Pengenalan bilangan, Pengenalan pola

19. Nama APE: Baskom Warna

APE dari plastik. APE untuk usia 2 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Pengembangan kognitif (pengenalan warna, ukuran, dan klasifikasi).

20. Nama APE: Berbagai Batu

APE dari Batu alam de gan permukaan yang tidak tajam, atau dari batu-batu unik yang di cat aneka warna. APE untuk usia 2 tahun lebih. Pengetahuan dan keterampilan yang dikembangkan adalah: Pengembangan sensorimotor (pengenalan ukuran, perabaan). Pengembangan agama dan moral (apresiasi terhadap ciptaan Tuhan). Kognitif (berhitung, pengenalan warna, permukaan, bentuk)

Motorik halus dan kasar