10 Contoh APE Indoor Sentra Main Peran, APE Dalam



10 Contoh APE Dalam (Indoor) PAUD Sentra Main Peran –Sarana bermain di dalam ruangan atau APE PAUD Indoor macamnya beragam jenis, bentuk, dan  bahannya bisa sintetis atau alam. Untuk membantu mengembangkan 6 aspek perkembangan anak usia dini, dilakukan melalui kegiatan sensori motor, main peran dan main pembangunan.

Alat bermain Anak Dalam Ruangan (APE Indoor)

Berdasarkan 3 jenis kegiatan main, pembagian APE Dalam terbagi tiga macam yaitu, main sensorimotor, main peran, dan main pembangunan.

  1. Main sensorimotor adalah permainan yang memfungsikan kelima panca indera anak didik seperti perabaan, pengecapan, pendengaran, penglihatan, dan penciuman
  2. Main peran atau main simbolik adalah permainan yang meningkatkan kemampuan anak didik untuk berimajinasi, berinteraksi sosial dan mengekspresikan pengalamannya dalam main peran mikro dan makro
  3. Main pembangunan adalah  permainan yang mendukung anak didik untuk mengembangkan dan mewujudkan gagasan/ide yang ada dalam pikirannya menjadi hasil karya

10 Contoh APE Indoor Sentra Main Peran Dalam Ruangan

Untuk contoh APE PAUD Indoor jenis main Main Peran atau Main Simbolik dapat dilihat pada contoh-contoh berikut ini :

1. Nama APE: Kostum Berbagai Profesi/ Pekerjaan

Kostum Profesi Anak PAUD



Kostum berbagai profesi dan bahan pakaian serta asesoris seperti tas, sepatu, kalung atau bisa juga terdiri dari satu stel baju koki, baju pilot, baju polisi atau tentara, baju ilmuan, baju guru, dan baju profesi lainnya. APE sentra main peran yang berupa baju pekerjaan ini dapat mengembangkan Pengetahuan dan Keterampilan yaitu : Interaksi sosial-emosional, Kemandirian, Pengenalan ukuran.

 

2. Nama APE: Perkakas Pertukangan Anak

alat pertukangan mainan anak

APE alat pertukangan anak dapat digunakan sebagai alat main sentra dengan tema pekerjaan tukang. Ayah bunda dapat membuat sendiri dengan bahan yang mudah didapatkan di sekitar (tentunya dengan bantuan anak-anak) maupun dengan cara membelinya 1 set mainan pertukangan yang harganya berkisar Rp. 21.000,- saja (update per 2018). Pengetahuan dan Keterampilan yang Dikembangkan : -Pengenalan ukuran, Sensori motor, Koordinasi mata dan tangan, Sosial emosional.

 

3. Nama APE: Boneka/ Boneka Jari Tangan

mainan boneka jari anak

Melalui boneka jari anak usia dini, seorang pendidik paud dapat mengajarkan pendidikan karakter kepada anak usia dini. Selain itu apabila boneka jari memiliki baju profesi maka dapat juga digunakan untuk mengenalkan macam-macam pekerjaan kepada anak usia dini. Ayah bunda dapat membuat sendiri boneka jari tangan untuk paud menggunakan kain flanel atau membelinya satu set (harga berkisar 5 ribu hingga 70 ribu, tergantung motif dan bahan kain yang dipakai). Untuk Pengetahuan dan Keterampilan yang Dikembangkan adalah : -Motorik halus, Interaksi sosial emosional, -Imajinasi, Main peran mikro.

 

4. Nama APE: Perkakas Berkebun Anak

alat permainan anak berkebun

Ada banyak sekali manfaat berkebun bagi anak usia dini diantaranya yaitu melatih dan mengajarkan anak berkebun untuk merawat lingkungan tempat tinggalnya. Imaji dan kreatifitas anak, intelektual, koordinasi mata-tangan-kaki juga mendapat stimulasi melalui keceriaan anak saat melakukan permainan berkebun yang didukung APE menyenangkan ini. Pengetahuan dan Keterampilan yang Dikembangkan : -Main peran mikro dan makro, Interaksi sosial emosional, Imajinasi.

 

5. Nama APE: Balon Tepung Anak Kreatif (Adonan Tepung)

mainan anak dari tepung, balon tepung anak

Adonan yang terbuat dari tepung yang dicampur dengan bahan pewarna ini dapat menjadi adonan yang lembek dan mudah dibentuk menjadi bentuk hewan maupun tumbuhan yang lucu-lucu. Ayah bunda dapat membelinya seharga 10 ribu saja atau juga bisa membuatnya sendiri bersama anak didik. Pengetahuan dan Keterampilan yang Dikembangkan : -Main peran mikro, Sensorimotor, Interaksi sosial emosional, Motorik halus, Imajinasi.

 

6. Nama APE: Perkakas Masak-Masakan Anak

main masak masakan anak anak

Alat permainan masak masakan untuk anak perempuan dan bisa untuk laki-laki dapat menstimulus perkembangannya karena melakukan permainan yang penuh keceriaan menggunakan ape yang satu ini. Ayah bunda bisa membelinya di toko APE seharga 25 ribu saja untuk 1 dapur set seperti di samping. Pengetahuan dan Keterampilan yang Dikembangkan : -Main peran mikro dan makro, Interaksi sosial emosional, Imajinasi.

 

7. Nama APE: Papan Flanel

papan flanel sebagai media pembelajaran

Media pembelajaran papan flanel banyak kegunaannya, selain untuk mengenalkan pekerjaan kepada anak usia dini, penggunaan media papan flanel juga diguakan untuk mengenalkan nama hewan atau huruf alfabet dan hijaiyyah. Papan flanel sebagai media pembelajaran menurut para ahli sangat baik digunakan karena fleksibilitasnya yang tinggi dalam mendampingi anak belajar (mudah dibentuk sesuai tema pembelajaran paud). Pengetahuan dan Keterampilan yang Dikembangkan : -Main peran mikro, Sensorimotor, Interaksi sosial emosional, Motorik halus, Imajinasi.

 

8. Nama APE: Kendaraan Dari Bahan Alam

mobil mobilan dari pelepah pisang mainan anak

Salah satu bahan alam yang banyak kita jumpai adalah pisang, denga memanfaatkan bahan ini ayah bunda dapat membuat mobil mobilan dari pelepah pisang yang bagus dan pasti anak senang karena mereka berkreasi sendiri. Apabila di tempat ayah bunda banyak terdapat jeruk bali, gunakanlah kulitnya untuk membuat mobil mainan dari kulit jeruk bali. Pengetahuan dan Keterampilan yang Dikembangkan : -Main peran mikro dan makro, Sensorimotor, Interaksi sosial emosional, Motorik halus, Imajinasi.

 

9. Nama APE: Wayang Anak Kreatif

Wayang Anak Kreatif, cara membuat wayang untuk anak tk dan kelompok bermain

Wayang yang dibuat bisa bermacam-macam seperti wayang buah, wayang binatang, maupun cerita lain yanf dituangkan ke dalam bentuk wayang. Kali ini kami berikan contoh penggunaan wayang yang bercerita tentang cerita di kotaku sehingga yang menjadi wayang adalah bangunan gedung, bus, sampah, dll –Ayah bunda dapat menceritakan tetang kebersihan maupun dari sudut pandang yang lain. Pengetahuan dan Keterampilan yang Dikembangkan : -Main peran mikro, Sensorimotor, Interaksi sosial emosional, Imajinasi

 

10. Nama APE: Balok Masjid / Miniatur Tempat Ibadah

ape sentra balok masjid ape balok natural dari kayu

Balok masjid dalah salah satu APE yang merupakan Mainan edukatif untuk menstimulan kreatifitas anak mencipta bentuk dan bangunan yaitu Masjid. Pengetahuan dan Keterampilan yang Dikembangkan : -Main peran mikro, Sensorimotor, Interaksi sosial emosional, Imajinasi

Dalam memilih mainan untuk anak usia dini, pilihlah alat main ape indoor sentra main peran yang dapat menstimulus tumbuh kembang anak, bisa menstimulasi anggota tubuhnya dan melatih koordinasi panca indera yang ada. Semoga bermanfaat dan share ya!