Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus ABK Menurut Para Ahli



Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus ABK Menurut Para Ahli –Pernahkan bunda atau ayah mendengar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)? Pengertian atau definisi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) adalah anak luar biasa yang harus dilayani dengan kebutuhan-kebutuhan khusus. Berikut ini ada penjelasan lain dari para ahli tentang ABK.

Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus ABK Menurut Para Ahli

Anak Berkebutuhan Khusus ABK atau Anak Luar Biasa ALB adalah anak yang secara signifikan berbeda dalam beberapa dimensi yang penting dari fungsi kemanusiaannya. Mereka yang secara fisik, psikologis, kognitif, atau sosial terhambat dalam mencapai tujuan-tujuan/kebutuhan dan potensinya secara maksimal, meliputi mereka yang tidak bisa mendengar, tidak bisa melihat, mempunyai gangguan bicara, cacat tubuh, retardasi mental, gangguan emosional. Juga anak-anak yang berbakat dengan intelegensi tinggi, dapat dikategorikan sebagai anak khusus/luar biasa, karena memerlukan penanganan yang terlatih dari tenaga profesional (Suran dan Rizzo, 1979).

Frieda Mangunsong dalam buku “Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus”, 2009:4 Anak Berkebutuhan Khusus atau Anak Luar Biasa adalah anak yang menyimpang dari rata-rata anak normal dalam hal; ciri-ciri mental, kemampuan-kemampuan sensorik, fisik dan neuromaskular, perilaku sosial dan emosional, kemampuan berkomunikasi, maupun kombinasi dua atau lebih dari hal-hal diatas; sejauh ia memerlukan modifikasi dari tugas-tugas sekolah, metode belajar atau pelayanan terkait lainnya, yang ditujukan untuk pengembangan potensi atau kapasitasnya secara maksimal.

pengertian anak berkebutuhan khusus pengertian anak berkebutuhan khusus pdf pengertian anak berkebutuhan khusus menurut para ahli pengertian anak berkebutuhan khusus abk pengertian anak berkebutuhan khusus menurut beberapa ahli pengertian anak berkebutuhan khusus menurut undang-undang pengertian anak berkebutuhan khusus ppt pengertian anak berkebutuhan khusus add pengertian anak berkebutuhan khusus permanen pengertian anak berkebutuhan khusus adalah pengertian anak berkebutuhan khusus permanen dan temporer pengertian anak berkebutuhan khusus menurut heward definisi anak berkebutuhan khusus menurut ahli pengertian asesmen anak berkebutuhan khusus pengertian identifikasi anak berkebutuhan khusus pengertian tentang anak berkebutuhan khusus pengertian hakikat anak berkebutuhan khusus jelaskan pengertian anak berkebutuhan khusus pengertian klasifikasi anak berkebutuhan khusus pengertian assessment anak berkebutuhan khusus pengertian anak berkebutuhan khusus menurut ahli definisi anak berkebutuhan khusus adalah definisi anak berkebutuhan khusus menurut para ahli pengertian anak-anak berkebutuhan khusus apa pengertian anak berkebutuhan khusus pengertian anak luar biasa dan anak berkebutuhan khusus pengertian anak berkebutuhan khusus berdasarkan para ahli artikel pengertian anak berkebutuhan khusus pengertian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus pengertian pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus pengertian pendidikan integrasi bagi anak berkebutuhan khusus pengertian bimbingan anak berkebutuhan khusus pengertian pendidikan inklusif bagi anak berkebutuhan khusus pengertian anak berbakat dan berkebutuhan khusus pengertian keterampilan vokasional sederhan

Menurut Wikipedia, Anak berkebutuhan khusus (Heward) adalah anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Anak dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan anak pada umumnya tanpa selalu menunjukan pada ketidakmampuan mental, emosi atau fisik. Yang termasuk kedalam ABK antara lain: tunanetra, tunarungu, tunagrahita,tunadaksa, tunalaras, kesulitan belajar, gangguan prilaku, anak berbakat, anak dengan gangguan kesehatan.



Demikian Pengertian Anak Berkebutuhan Khusus ABK Menurut Para Ahli, untuk melakukan penyembuhan anak berkebutuhan khusus secara mandiri dapat menempuh berbagai macam terapi diantaranya bisa dilihat melalui 11 Jenis Terapi Untuk ABK Anak Berkebutuhan Khusus.