Kurikulum Perangkat Bahan Ajar PAUD TK Holistik Integratif



Kurikulum dan Perangkat Bahan Ajar PAUD TK Holistik Integratif –Pedoman Pengembangan Pembelajaran dan Perangkat Bahan Ajar PAUD Holistik Integratif ini dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2013 untuk satuan PAUD TK. Adapun untuk satuan KB/TPA/SPS bisa dilihat pada LINK INI.

Isi  progam  pembelajaran  TK  dipadukan  dalam  program  pembelajaran  yang mencakup :

1. Bindang Pembentukan Perilaku
Bidang pembentukan perilaku merupakan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus dan ada dalam kehidupan sehari-hari anak, sehingga menjadi kebiasaan yang baik. Bidang Pengembangan ini meliputi lingkup perkembangan nilai-nilai agama dan moral, serta pengembangan sosial, emosional.

Dari aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral diharapkan akan meningkatkan ketaqwaan anak terhadap Tuhan Yang Maha Esa, dan membina sikap anak dalam meletakkan dasar agar anak menjadi warga Negara yang baik



Aspek perkembangan social, emosional dimaksudkan sebagai wahana untuk membina anak agar dapat mengendalikan emosinya secara wajar dan dapat berinteraksi dengan sesamanya maupun dengan orang dewasa dengan baik, serta dapat menolong dirinya sendiri dalam rangka kecakapan hidup.

2. Bidang Pengembangan Kemampuan Dasar
Bidang pengembangan kemampuan dasar merupakan kegiatan yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas sesuai dengan tahap perkembangan anak. Bidang Pengembangan Kemampuan Dasar tersebut meliputi lingkup perkembangan :

a. Fisik
Pengembangan fisik bertujuan untuk memperkenalkan dan melatih gerakan kasar dan halus, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol gerakan tubuh dan koordinasi serta meningkatkan keterampilan tubuh dan cara hidup sehat sehingga dapat menunjang pertumbuhan jasmani yang kuat, sehat dan terampil

b. Kognitif
Pengembangan kognitif bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir anak untuk dapat mengolah perolehan belajarnya, dapat menemukan bermacam-macam alternative pemecahan masalah, membantu anak untuk mengembangkan kemampuan logika matematis dan pengetahuan akan ruang dan waktu, serta mempunyai kemampuan untuk memilah-milah, mengelompokkan, serta mempersiapkan kemampuan berpikir secara teliti.

c. Berbahasa
Pengembangan berbagasa bertujuan agar mampu mengunkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif dan membangkitkan minat untuk dapat berbahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Kurikulum dan Perangkat Bahan Ajar PAUD Holistik Integratif (TK)

Pembelajaran melalui seni bertujuan agar anak dapat dan mampu menciptakan sesuatu berdasarkan hasil imajinasinya, mengembangkan kepekaannya dan dapat menghargai atau mengekspresikan karya orang lain secara kreatif.

Pengembangan berbagai bidang pengembangan melalui seni dapat melatih daya imajinasi, kreasi, apresiasi serta mengembangkan untuk kepribadian dan kehalusan budi. Program kegiatan pembelajaran TK merupakan satu kesatuan yang utuh dikembangkan melaui tema.

Sistematika Kurikulum dan Perangkat Bahan Ajar PAUD Holistik Integratif (TK)

PENGEMBANGAN PROGRAM PEMBELAJARAN TAMAN KANAK-KANAK
A. Pengertian Kurikulum
B. Fungsi dan Tujuan Taman Kanak-kanak
C. Arah atau Sasaran Program Pembelajaran
D. Prinsip Pengembangan Program Pembelajaran
E. Karakteristik Program Pembelajaran

PENYELENGGARAAN PELAYANAN PENDIDIKAN TK HOLISTIK INTEGRATIF
A. Prinsip-prinsip Penyelenggaraan Pembelajaran TK Holistik Integratif
B. Jenis Pembelajaran / Bahan Ajar TK Holistik Integratif

KERANGKA DASAR DAN STRUKTUR PROGRAM PEMBELAJARAN
A. Kerangka Dasar
B. Struktur Program Pembelajaran
C. Tingkat Pencapaian Perkembangan
D. Isi Program
E. Lama Program Pendidikan
F.  Waktu Belajar
G. Pendekatan Pembelajaran
H. Rombongan Belajar
I.  Kalender Pendidikan

PENYUSUNAN PROGRAM PEMBELAJARAN
A. Penyusunan Program Pembelajaran
B. Komponen Program Pembelajaran
C. Pengembangan Indikator
D. Rambu-Rambu

PELAKSANAAN PROGRAM PEMBELAJARAN TK
A. Prinsip Pelaksanaan
B. Penataan Lingkungan dan Alat Permainan
C. Pengorganisasian Kegiatan

PENILAIAN TK
A. Pengertian
B. Teknik
C. Lingkup
D. Proses
E. Pengelolaan Hasil
F. Tindak Lanjut

Contoh Desain Pengembangan Kurikulum Dan Bahan Ajar PAUD HI
a. Kelompok A
b. Kelompok B

SELENGKAPNYA, DOWNLOAD KURIKULUM DAN PERANGKAT BAHAN AJAR PAUD HOLISTIK INTERGRATIF TK >> KLIK DISINI <<, Untuk Satuan Pendidikan KB/TPA/SPS Lihat Awal Paragraf Tulisan Ini, sudah kami sediakan Link Untuk Download