Cara Menyimpan dan Merawat Media Pembelajaran PAUD



Cara Menyimpan dan Merawat Media Pembelajaran PAUD ini diambil dari standar penyimpanan dan pemeliharaan media pembelajaran PAUD. Menyimpan dan memelihara media pembelajaran di lembaga PAUD baik yang ada di dalam ruangan maupun yang ada di luar merupakan hal yang penting dilakukan oleh Pendidik.

Hal tersebut dikarenakan penggunaan media pembelajaran tersebut tentu tidak hanya untuk satu kali kegiatan belajar saja melainkan akan digunakan secara terus-menerus. Selain itu intensitas penggunaan media pembelajaran oleh anak juga akan sangat tinggi. Apalagi untuk media-media pembelajaran tertentu yang sangat disukai oleh anak.

Sehubungan dengan pentingnya fungsi penyimpanan dan  pemeliharaan ini,  guru harus mengetahui jenis media pembelajaran yang perlu disimpan dan dipelihara dengan baik. Cara anak meletakkan media pembelajaran di kelas tidak terlepas dari pengawasan guru.

Guru juga harus memantau bagaimana cara anak memainkan media tersebut dan mengembalikan media tersebut pada tempatnya, karena anak harus dibiasakan bertanggung jawab terhadap media pembelajaran yang dimainkannya.



Agar pemakaian dapat bertahan, maka cara penyimpanan dan cara memeliharanya harus baik. Guru harus memperhatikan tingkat kelembaban ruang penyimpanan media atau ruangan kelas karena tempat yang lembab dapat menumbuhkan jamur dan merusak media pembelajaran. Dengan demikian perlu dipersiapkan tempat khusus, seperti rak-rak untuk meletakkan barang, lemari tertutup untuk menyimpan barang atau buku yang tidak digunakan sehari-hari.

Cara Menyimpan dan Merawat Media Pembelajaran PAUD merawat media pembelajaran  paud tk kb tpa sps cara merawat media pembelajaran paud cara memelihara media pembelajaran paud tk kb tpa sps cara menyimpan media pembelajaran paud perawatan media pembelajaran di  paud tk kb tpa sps

Cara Menyimpan dan Merawat Media Pembelajaran PAUD

Dalam pelaksanaan penyimpanan/pemeliharaan sumber belajar yang menunjang proses pembelajaran di lembaga PAUD hendaknya diperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Untuk media pembelajaran yang terdapat diruang kelas, guru dapat melakukan bentuk- bentuk perawatan dan penyimpanan sebagai berikut :
    • Alat-alat seharusnya disimpan di tempat yang memenuhi syarat, tidak lembab, cukup ventilasi, dan diatur rapi dalam lemari alat atau rak alat.
    • Dalam penyimpanan ini harus diperhatikan juga jenis-jenis alat tersebut seperti buku dan kertas-kertas dalam lemari atau rak, alat peraga lainnya disimpan di tingkat yang sesuai dan aman.
    • Pemeliharaan bahan dari kayu dilakukan secara berkala dengan menyemprotkan obat anti serangga atau rayap, dimeni, dicat, diplitur atau dipernis.
    • Pemeliharaan bahan yang terbuat dari plastik dilakukan dengan melindunginya dari benda panas, membersihkannya dengan alat pembersih yang lembut.
    • Khusus untuk boneka/pakaian dapat dicuci atau diganti apabila sudah kusam atau lusuh.
    • Alat yang terbuat dari kain ditempatkan dalam lemari tertutup, diberi kapur barus atau kamper.
  2. Adapun  untuk alat yang terdapat di luar ruangan kelas dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut :
    • Alat-alat ditempatkan pada tempat yang bebas banjir dan apabila ada kerusakan segera diperbaiki umpamanya ada bagian besi yang patah secepatnya dilas, bila catnya terkelupas segera dimeni/dicat dan pemberian pelumas secara rutin.
    • Bak pasir hendaknya selalu bersih dari kotoran-kotoran dan ditutup, pasirnya selalu ditambah apabila diperlukan.
    • Bak air hendaknya diperhatikan kebersihannya.
    • Kereta dorong, otoped, mobil-mobilan harus ditempatkan pada tempat yang bebas banjir dan selalu diberi pelumas.

Demikian Cara Menyimpan dan Merawat Media Pembelajaran PAUD, Cara penyimpanan ini bukan berarti bunda pendidik PAUD harus menyimpan media pembelajaran PAUD dan tidak boleh dimainkan oleh anak didik bunda semua. Semoga media belajar PAUD yang dimiliki akan lebih awet dan tahan lama dapat digunakan sampai bertahun-tahun.