RKH PAUD ~ Menyusun Kegiatan Harian PAUD Kurikulum 2013



RKH PAUD ~ Menyusun Kegiatan Harian Berdasar Kurikulum PAUD 2013. Kegiatan harian dimaksudkan kegiatan yang dapat diikuti oleh anak sejak kedatangan hingga pulang. Semua kegiatanyang dilakukan anak dijadwalkan dalam jadwal harian, termasuk kegiatan de sentra atau area.

Dengan adanya kegiatan harian PAUD akan sangat bermanfaat untuk : (1) 1. Layanan PAUD lebih terarah;  dan (2) Setiap kegiatan lebih bermakna tidak sekedar kegiatan rutin.

RKH PAUD ~ Menyusun Kegiatan Harian PAUD Kurikulum 2013

Dalam menyusun Kegiatan Harian PAUD Kurikulum 2013, adan beberapa unsur yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut :

  1. Visi, misi, dan tujuan satuan PAUD: cita-cita yang ingin diwujudkan dalam visi dan tujuan harus dimasukkan ke dalam jadwal. Misalnya, menjadikan anak yang sehat, berarti ada kegiatan pembiasaan makan, pembiasaan kebersihan diri dan lingkungan yang menunjang anak sehat, dan sebagainya.
  2. Ranah perkembangan: setiap kegiatan yang dijadwalkan harus mengembangkan kompetensi dasar yang jelas. Misalnya, penyambutan pagi hari mengembangkan kompetensi dasar 2.13. Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, guru, dan teman sikap sopan, peduli, dan  3.14. Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri. 
  3. Keruntutan: jadwal harian memperhatikan keruntutan kegiatan dan persiapan yang diperlukan akibat perindahan dari satu kegiatan ke kegiatan lain. Misalnya ketika anak selesai bermain motorik dan sebelum masuk ke ruangan, diperlukan waktu transisi. Transisi artinya persiapan agar anak siap mengikuti kegiatan selanjutnya. Waktu transisi diisi dengan minum, cuci tangan, atau berbaris, sehingga anak kembali tertib saat masuk ruangan.
  4. Waktu: setiap kegiatan diperkirakan memerlukan waktu berapa menit dan bagaimana mengelola kegiatan tersebut. Alokasi waktu disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anak. Misalnya untuk bermain inti anak memerlukan waktu selama 1 jam, sedangkan main motorik memerlukan waktu 20 menit, dan waktu makan 20 menit.
  5. Kesiapan guru: guru adalah tim yang kompak, jadi siapapun yang bertugas harus memiliki sikap yang sama dalam menghadapi anak.
  6. Komitmen: jadwal harian tidak hanya diperuntukan bagi anak-anak tetapi juga untuk pendidik, pengelola, termasuk tenaga lain yang ada di satuan PAUD, misalnya tukang kebersihan, tenaga administrative, dan lainnya.
kh paud kelompok a rkh paud semester 1 dan 2 rkh paud lengkap rkh paud 2014 rkh paud kurikulum 2013 rkh paud semester 2 rkh paud semester 1 rkh paud non formal

Cara Menyusun Kegiatan Harian PAUD Kurikulum 2013

Cara menyusun RKH PAUD sesuai kurikulum PAUD 2013 adalah: Tetapkan dahulu indiaktor yang ingin dicapai dari tujuan Satuan yang sudah ditetapkan sebelumnya tentunya sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai. Perhatikan contoh berikut ini :



1. Tujuan Taman Kanak-Kanak Kencana
a. Terwujudnya anak yang sehat, jujur, senang belajar, dan mandiri
b. Terwujudnya anak yang mampu merawat dan peduli terhadap diri sendiri, teman, dan lingkungan sekitarnya.
c. Menjadikan anak yang mampu berfikir, berkomunikasi, bertindak produktif dan kreatif melalui bahasa, musik, karya, dan gerakan sederhana.
d. Menjadikan anak Alqur’ani sejak dini.
e. Terciptanya iklim belajar yang kondusif bagi penyelenggaraan pendidikan, perawatan, pengasuhan, dan perlindungan anak.
f. Menjadi lembaga rujukan PAUD tingkat nasional.

2. Indikator dari tujuan:
a. Sehat
b. Jujur
c. Senang belajar
d. Mandiri
e. Peduli pada diri sendiri
f. Peduli pada orang lain
g. Berpikir
h. Berkomunikasi
i. Produktif
j. Kreatif
k. Ikklim belajar kondusif

Program yang akan dikembangkan di Taman Kanak-Kanak Kencana:
a. Mengenal Alquran sejak dini
b. Kegiatan memelihara kebersihan diri dan lingkungan
c. Kegiatan makan
d. Jujur dan sopan
e. Mandiri
f. Senang belajar, berpikir, produktif, kreatif
g. Peduli pada diri sendiri dan orang lain
h. Insan Qur’ani
i. Berkomunikasi aktif
j. Iklim belajar yang kondusif

Program-program tersebut yang harus masuk ke dalam jadwal harian berikut ini :

Contoh:
JADWAL HARIAN TAMAN KANAK-KANAK KENCANA

RKH PAUD ~ Menyusun Kegiatan Harian PAUD Kurikulum 2013
Catatan: Kolom pengembangan disesuaikan dengan satuan PAUD masing-masing.
JIKA yang dimaksud ayah bunda adalah menyusun RENCANA PEMBELAJARAN HARIAN PAUD, klik link tautan berikut ini: