Menentukan Tema, Membuat Subtema PAUD Kurikulum 2013



Bagaimana langkah langkah cara menentukan tema dan subtema pembelajaran di paud sesuai Kurikulum 2013 terbaru? Banyak tema yang dapat ayah bunda gunakan untuk dituangkan ke dalam perangkat ajar paud, mulai dari tema bitanang, tumbuhan, transportasi, dan lain sebagainya.

lagu paud tema alat komunikasi rkh air udara api alam semesta bulan januari februari juli mei belajar bunga buah banjir pembelajaran binatang

Menentukan Tema, Membuat Subtema PAUD Kurikulum 2013

Untuk menentukan tema paud baik untuk tk kb tpa dan sps kita harus ketahui dahulu hal-hal berikut ini:

Pengertian Tema

Tema dalam istilah kurikulum TK adalah alat untuk mengenalkan berbagai konsep, topik dan ide kepada anak didik secara utuh. Dalam pembelajaran, tema berfungsi sebagai penyatu isi kurikulum dalam satu perencanaan yang utuh (holistik), memperkaya perbendaharaan bahasa anak didik, membuat pembelajaran lebih bermakna dan membantu anak mengenal berbagai konsep secara mudah dan jelas. Jadi tema merupakan aktualisasi konsep minat anak yang dijadikan fokus perencanaan atau titik awal perencanaan dalam proses pembelajaran.



Prinsip-Prinsip Memilih Tema

  1. Kedekatan. Tema yang dipilih hendaknya dipilih mulai dari tema terdekat dengan kehidupan anak kepada tema yang semakin jauh dari kehidupan anak.
  2. Kesederhanaan. Memilih tema yang sederhana sampai kepada pemilihan tema yang rumit kepada anak. Guru dapat menentukan tema yang lebih sederhana agar tema lebih efektif dan fokus.
  3. Kemenarikan. Hendaknya tema dipilih dati tema yang menarik minat anak kepada tema yang kurang menarik kepada anak. Tema-tema tertentu dapat dibuat menjadi lebih menarik dan dibedakan antara TK kelompok A dan TK kelompok B. Agar anak didik tertarik dan tidak akan membosankan anak karena pengulangan tema yang sama dengan sub tema yang sama.
  4. Ke-insidental-an. Peristiwa atau kejadian di sekitar anak (sekolah) yang terjadi pada saat pembelajaran berlangsung hendaknya dimasukkan dalam pembelajaran walaupun tidak sesuai dengan tema yang dipilih pada hari itu.

Selengkapnya, download buku Contoh Kurikulum TK Dokumen 2 yang memuat juga bagaimana menentukan tema dan membuat sub tema, KLIK DISINI

Ref: #buku2

Cara Membuat Tema Menjadi Sub Tema

  1. Untuk membuat atau mengidentifikasikan sebuah tema menjadi sub tema, kita bisa mengidentifikasikannya di awal tahun pelajaran. Proses membuat tema dilakukan oleh guru dan anak didik melalui kegiatan percakapan awal. Tetapi guru sudah bisa melakukan identifikasi tema d awal tahun melalui berbagai pertimbangan sebagai berikut :
  2. Pengalaman percakapan awal dengan anak didik tentang tema
  3. Gambar-gambar bebas hasil karya anak didik merupakan fokus minat anak didik dan dapat dijadikan sub tema
  4. Topik percakapan anak didik dengan teman sebayanya merupakan fokus minat anak didik dan dapat dijadikan sub tema
  5. Alat bermain yang suka dimainkan anak, permainan yang dimainkan anak dengan teman sebaya merupakan fokus minat anak didik dan dapat dijadikan sebagai sub tema.

UPDATE: Sesuai Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Permendikbud No. 160 Tahun 2014  mulai tahun pelajaran 2014/2015 Lembaga PAUD wajib memakai Kurikulum 2013 PAUD, sebaiknya bunda atau ayah lihat 5 Langkah mudah membuat Tema Menjadi Sub Tema PAUD Kurikulum 2013 DISINI.