Cara Memilih Sekolah yang Tepat Bagi Anak Usia Dini



Sebagai orang tua kita wajib memilih sekolah yang baik untuk anak usia dini. Banyak kriteria dan pertimbangan yang harus diperhatikan sebelum menentukan sekolah paud yang sesuai dengan anak. Berikut ini ada tips dasar yang menjadi kiat ayah bunda bagaimana cara memilih sekolah terbaik.

memilih sekolah anak 3 tahun usia dini untuk sd kriteria pertimbangan cara bingung tk dasar kiat buat hiperaktif smp 2 menurut islam bagaimana trik balita alasan autis tips

Pendidikan anak memang berkaitan erat dengan masa depan anak. Maka, orang tua wajib memilih dan memutuskan sekolah mana yang tepat bagi si kecil.

Setiap orang tua pasti berharap masa depan buah hati mereka cemerlang. Tak heran jika orang tua selektif memilih sekolah untuk si kecil.



Banyak yang berpikir, sekolah mahal, internasional, atau nasional plus menjadi sekolah yang tepat bagi si kecil. Tapi, sayangnya kualifikasi tersebut belum tentu menjadi bekal mutlak untuk masa depan cemerlang bagi si kecil.

Jangan biarkan buah hati Anda merasa terkungkung dan kreativitasnya terbelenggu dengan sekolah yang tidak sesuai dengannya. Apalagi bila ia tak merasa bersahabat dengan suasana sekolah atau kelas.

Berikut hal yang harus diperhatikan saat memilih sekolah bagi si kecil:

1. Banyak cari tahu tentang sekolah 

Biasanya menjelang akhir tahun ajaran, sekolah-sekolah menggelar open house untuk memperkenalkan kelebihan atau nilai lebih dari sekolah tersebut. Kesempatan ini sebaiknya Anda gunakan untuk mengorek banyak informasi sesuai kebutuhan si kecil.

2. Prioritaskan kebutuhan bakat anak 

Setiap anak memiliki perbedaan dalam segala hal. Baik sikap, sifat, dan kemampuan. Bila si kecil terlihat lebih menyukai segala sesuatu yang berhubungan dengan seni atau dekat dengan alam, coba kenalkan ia pada sekolah alam. Atau, bila si kecil cenderung menyukai teori, dan tertantang dengan matematika, mungkin ia akan menyukai sekolah umum dengan kelas internasional, dimana materi pembelajarannya bertaraf internasional.

3. Libatkan anak memilih sekolah 

Saat mengikuti open house sebuah sekolah, usahakan Anda tidak pergi sendiri. Ajaklah si kecil ke sekolah tersebut dan biarkan ia merasakan suasana sekolah misalnya, menikmati fasilitas sekolah, melihat-lihat kelas, dan para guru. Hal ini penting, agar anak mengenal sekolah yang akan dia tuju. Jadi, jangan paksakan kehendak Anda pada si kecil.

4. Fokus dengan materi pembelajaran 

Setiap sekolah memiliki materi pembelajaran. Di sekolah negeri, materi pembelajaran memang sudah disiapkan pemerintah, tapi di sekolah swasta (nasional plus – internasional), masing-masing memiliki materi pembelajaran yang ditawarkan dan menjadi nilai lebih. Tugas Anda adalah berfokus pada materi pembelajaran yang ditawarkan, apa yang diperoleh si kecil, apa yang akan diajarkan guru, dan lain sebagainya.

5. Suasana sekolah yang menyenangkan 

Kondisi sekolah yang kondusif dan menyenangkan, menjadi poin penting bagi Anda memilih sekolah yang tepat bagi si kecil. Saat ia betah belajar di sekolah dan menyukai sang guru yang menyenangkan, dipastikan ia juga akan menerima pelajaran dengan sangat baik.

Untuk dapat memasukkan anak ke sekolah yang bagus tentunya membutuhkan dana yang memadai pula. Sudah siapkah dana Anda untuk menyekolahkan si kecil?