Inilah perbandingan atau Permen 58 2009 Vs. 137 2014 Standar PAUD yang dapat di download presentasimya berisi tentang Perbandingan Permen 58 /2009 dengan Permen 137 /2014 Tentang Standar PAUD PPT. Sebagai peraturan menteri pendidikan tentang standar PAUD terbaru Kurikulum 2013, Permen 137 kini menggantikan Permen 59.
Lalu apa perbedaan dari kedua permen Standar PAUD ini, kenapa perlu direvisi dan apa alasannya temukan jawabnya di dalam presentasi power point yang dapat di download dibawah ini.
Pokok-pokok yang akan dijelaskan di dalam presentasi singkat ini adalah :
Mengapa Standar PAUD (Peraturan Menteri no. 58 Tahun 2009) perlu direvisi?
- PP32/2013 yang merevisi beberapa bagian dari PP No 19/2005
- Perpres No 60 Tahun 2013 mengenai perlunya pengembangan anak usia dini dilaksanakan secara holistik-integratif oleh semua kementerian/lembaga yang menangani.
- Semakin menguatnya landasan ilmiah terkait pentingnya PAUD dan beberapa temuan penting perlu diakomodir dalam Standar PAUD
- Semakin menguatnya landasan ilmiah terkait pentingnya PAUD dan beberapa temuan penting perlu diakomodir dalam Standar PAUD.
Karakteristik Umum Permen Standar PAUD yang Baru (137 /2014)
- Menjelaskan secara rinci dalam semua standar
- Memperhatikan tumbuh dan kembang anak secara berkesinambungan dalam mengoptimalkan potensinya
- Memperhatikan kebutuhan dan kualifikasi Pendidik PAUD
- Standar lebih bersifat memayungi semua jenis satuan dan program PAUD (sebelumnya masih ada dikotomi formal dan non formal)
- Lebih memperhatikan berbagai kondisi di Indonesia
Perbedaan Permen 58 2009 Vs. 137 2014 Standar PAUD
Perubahan antara Standar PAUD (Permen no. 58 Tahun 2009) dengan PERMENDIKBUD 137 /Standar PAUD 2014
Permen 58 Tahun 2009
Standar PAUD terdiri atas 4 standar, yaitu:
- Standar tingkat pencapaian perkembangan;
- Standar pendidik dan tenaga kependidikan;
- Standar isi, proses, dan penilaian; dan
- Standar sarana dan prasarana, pengelolaan, dan pembiayaan.
Permendikbud 137 Tahun 2014
- Standar PAUD terdiri atas 8 standar, yaitu:
- Standar Tingkat Pencapaian Perkemb Anak;
- Standar Isi;
- Standar Proses;
- Standar Penilaian;
- Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
- Standar Sarana Prasana;
- Standar Pengelolaan; dan
- Standar Pembiayaan
Pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, ada dua hal yang dilakukan dalam perubahan
1. Penggunaan istilah/kata yang tepat.
Perubahan penggunaan istilah/kata dilakukan berdasarkan ketepatan dalam menggambarkan pertumbuhan dan perkembangan anak. Dalam hal ini semua kata awal menggunakan kata kerja, yang berarti anak yang berada pada situasi tersebut melakukan sesuatu seperti apa yang dimaksud dalam STPPA.
2. Terkait dengan Isi.
Secara umum, ada 2 tahap yang telah dilakukan berkaitan dengan perubahan isi:
Pertama, menelaah apa yang telah tertulis dalam Permen 58/2009. Bila hal tersebut masih relevan, maka masih dipertahankan dalam bentuk semula atau menggolongkannya dalam sub lingkup perkembangan yang baru, seperti pada usia 12-<18 bulan dan 18-<24 bulan yang semula pada lingkup perkembangan kognitif mencakup mengenali pengetahuan umum dan mengenal konsep ukuran dan bilangan, diubah menjadi belajar dan pemecahan masalah, berfikir logis dan simbolik.
Kedua, bila STPPA pada Permen 58/2009 dianggap tidak tepat, maka diganti dengan yang sesuai. Semua penataan dan perubahan yang terjadi pada STPPA berdasarkan berbagai kajian literatur yang mengacu pada standar perkembangan anak secara umum.
Permen 59 Vs. Permen 137 Tentang Standar PAUD PPT
Ayah bunda dapat download presentasi dalam bentuk power point PPT yang bisa di edit tentang perbedaan standar PAUD yang lama dengan standar PAUD yang baru melalui link tautan berikut ini.