Inilah Peran Guru PAUD Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Ada beberapa pendekatan peran guru dalam pembelajaran, antara lain
1. Guru berperan sebagai pengajar
Dalam hal ini guru harus mengajar sesuai dengan kurikulum tanpa melihat minat anak. Semua anak dianggap botol kosong yang harus diisi oleh berbagai informasi tanpa melihat perbedaan bahkan meski anak tidak berminat pun guru harus tetap menyampaikan apa yang sudah dugariskan dalam kurikulum tersebut.
2. Guru berperan membelajarkan anak
Pada pendekatan ini guru berpegang pada panduan kemampuan yang akan dicapai anak dengan cara memahami minat, perasaan dan pengalaman anak.
Guru hanya berperan sebagai fasilitator dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk mengungkapkan pengalaman, perasaannya melalui berbagai interaksi kepada guru maupun teman sebaya.
Dalam hal ini anak dapat dengan leluasa mengekspresikan apa saja yanga ada dalam pikirannya Pendekatan semacam ini merupakan pendekatan yang efektif dan terbaik karena anak dapat berkembang secara utuh.
Inilah Peran Guru PAUD Dalam Pendidikan Anak Usia Dini
Peran pendidik meliputi peran sebagai perencana dan pelaksana pembelajaran, serta evaluator pembelajaran. Di samping itu juga memiliki peran untuk mendukung pengelolaan pembelajaran yang bermutu, yaitu peran sebagai komunikator dan administrator.
A. Peran sebagai perencana Pembelajaran
Proses pembelajaran yang baik membutuhkan perencanaan dan persiapan yang baik dan matang. Lebih jelas tentang peran guru dalam perencanaan pembelajaran PAUD Lihat disini.
B. Peran sebagai Pelaksana Pembelajaran
Peran ini meliputi peran pendidik sebagai fasilitator, motivator, model perilaku pengamat, pendamai dan pengasuh. Karena bahasan yang panjang sudah ditulis terpisah Klik disini.
3. Peran sebagai Evaluator
Evaluasi atau penilaian merupakan aspek pembelajaran yang penting. Tidak ada pembelajaran tanpa penilaian, karena penilaian merupakan proses menetapkan kualitas hasil belajar atau proses untuk menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran oleh peserta didik.
Kaitannya dengan hal tersebut, maka pendidik juga berperan sebagai evaluator. Pendidik melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang sedang berlangsung dan juga melakukan evaluasi terhadap perkembangan anak.
Sejauh mana kegiatan yang dilakukan anak-anak memenuhi kebutuhan mereka. Apakah melalui kegiatan tersebut anak akan belajar sesuatu yang diperlukan? Apakah dalam kegiatan anak mengembangkan aspek akademik, sosial, emosional atau fisik?Informasi yang diperoleh dari hasil evaluasi tersebut, dimanfaatkan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran selanjutnya
4. Peran sebagai Komunikator
Mendidik anak usia dini membutuhkan perencanaan dan persiapan yang baik dari seorang pendidik, baik persiapan program secara tertulis, persiapan alat yang akan digunakan dalam proses pembelajaran,..silahkan baca selengkapnya Klik disini.
5. Peran sebagai Administrator
Perannya sebagai administrator merupakan tindak lanjut dari perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan menyusun program tahunan, bulanan, mingguan maupun harian yang di dalamnya sudah mencakup kegiatan yang akan dilakukan, strategi serta alat dan bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan anak.