Contoh Peran Guru PAUD Sebagai Komunikator



Contoh Peran Guru PAUD Sebagai Komunikator. Mendidik anak usia dini membutuhkan perencanaan dan persiapan yang baik dari seorang pendidik, baik persiapan program secara tertulis, persiapan alat yang akan digunakan dalam proses pembelajaran, maupun persiapan diri dari pendidik yang bersangkutan.  Persiapan diri meliputi penampilan, cara berpakaian, berjalan, dan bagaimana berkomunikasi.

Komunikasi yang efektif terutama dengan anak didiknya, bertujuan agar ”pesan” yang disampaikan dapat memotivasi anak untuk dapat mengikuti semua aktivitas yang sudah dirancang untuknya.

Contoh Peran Guru PAUD Sebagai Komunikator

  1. Berbicara di depan anak dengan intonasi yang berbeda-beda sesuai kebutuhan, karena intonasi yang monoton membuat anak bosan, dan ”menolak”. Pendidik menggunakan suara bervolume sedang  dan berbisik pada saat biasa,  sedangkan pada saat dibutuhkan penekanan, gunakan suara yang lebih besar.
  2. Posisikan badan pada posisi yang tepat, baik pada saat duduk maupun berdiri, sehingga pandangan pendidik dapat menjangkau seluruh anak di dalam kelas.
  3. Pendidik harus dinamis, bergerak dari satu tempat ke tempat yang lain.
  4. Pendidik belum mulai bicara saat kelas masih gaduh. Timbulkan situasi yang mengajak anak memfokuskan diri pada Pendidik.
    Contoh Peran Guru PAUD Sebagai Komunikator peran guru paud sebagai komunikator peran guru sebagai komunikator dan fasilitator peranan guru sebagai komunikator contoh peran guru sebagai komunikator
  5. Memonitor anak disetiap saat. Pendidik yang baik tidak akan membiarkan anak tanpa pengawasan.
  6. Bersama anak pendidik menjalankan disiplin sesuai peraturan yang sudah disepakati bersama.
  7. Tidak pernah menyalahkan anak di depan teman-temannya atau anak-anak yang lain.
  8. Cepat tanggap bila ada anak yang sedang bermasalah. Tundukkan badan, sejajarkan mata dengan mata anak, untuk memotivasi agar anak mau mengungkapkan masalahnya.

Baik orang tua maupun pendidik selalu berharap agar anak atau anak didiknya akan mampu mencapai prestasi dan tumbuh serta berkembang optimal. Usaha tenaga pendidik akan lebih efektif hasilnya jika orang tua ikut membantu dalam pendidikan tersebut selama di rumah, sehingga ada kontinuitas pembelajaran di sekolah dan di rumah. Oleh karena itu penting bagi pendidik untuk berbagai informasi kepada orang tua.

Hal tersebut menuntut pendidik untuk berperan sebagai komunikator. Pendidik dapat memberikan informasi-informasi tentang pentingnya program-program yang dilaksanakan sekolah serta perlunya keterlibatan orang tua dalam program-program tersebut.



Di samping itu pendidik juga menyampaikan informasi tentang perkembangan anaknya karena orang tua mempunyai hak untuk mengetahui kemajuan anak. Pendidik sebaiknya selalu merespon terhadap rasa ingin tahu orang tua terhadap perkembangan anaknya.