Modul dan Model Pembelajaran PAUD ini disusun sebagai Pedoman bagi para Pendidik, Praktisi dan para Pihak yang menangani langsung dalam proses pembelajaran di masing-masing Lembaga PAUD. Harapannya setiap Lembaga PAUD (baik yang berbentuk layanan Taman Penitipan Anak/TPA,

Kelompok Bermain/KB, Taman Kanak-kanak/TK dan Satuan PAUD Sejenis), secara bertahap semakin meningkat dan bermutu dalam proses pembelajarannya. Sehingga kelak Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan benar-benar unggul, sehat, cerdas dan berakhlak mulia.

Perkembangan dan dukungan berbagai pihak dalam rangka peningkatan layanan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Provinsi Jawa Tengah dirasakan sudah tidak hanya di Kota-kota saja, melainkan telah merambah sampai tataran Desa-desa/Kelurahan di Kabupaten.

Dampak pentingnya PAUD bagi Masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten/Kota, saat ini telah menyadari bahwa keberadaan Lembaga PAUD dan memberikan stimulasi psikososial, merupakan hal yang sangat penting guna menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) pada masa mendatang.

Meskipun Lembaga PAUD telah dirintis dan sudah bermunculan dimana-mana, namun demikian proses pembelajaran yang bermutu disetiap Lembaga PAUD hasilnya belum seperti yang diharapkan.

Oleh karena itu guna mewujudkan peningkatan mutu layanan tersebut, perlu dilakukan peningkatan kualitas terhadap keberadaan Lembaga itu sendiri, termasuk didalamnya adalah peningkatan mutu kepada para Pendidik dan Tenaga Kependidikan, baik melalui program Magang, Pendampingan, Workshop, Seminar dan program-program inovatif lainnya. Sebab pada kondisi saat ini, masyarakat sudah mulai cerdas dalam menentukan pilihannya terhadap Lembaga PAUD yang bermutu.

Modul Model Pembelajaran PAUD Jawa Tengah 2014 model pembelajaran paud model pembelajaran paud di indonesia model pembelajaran paud terbaru model pembelajaran paud berbasis alam model pembelajaran paudni model pembelajaran paud non formal model pembelajaran paud anak model pembelajaran paud ppt model pembelajaran paud pdf model pembelajaran paud 2013 model pembelajaran paud pendidikan model pembelajaran paud menurut para ahli model pembelajaran paud sentra model pembelajaran paud formal model pembelajaran paud bertema karakter model pembelajaran paud di dunia model pembelajaran paud 2012 model pembelajaran paud 2 model pembelajaran paud kelompok model pengajaran paud metode pembelajaran area paud metode pembelajaran aktif paud artikel model pembelajaran paud model pembelajaran area untuk paud model pembelajaran area paud metode pembelajaran paud adalah metode pembelajaran anak paud model pembelajaran di paud anak model pembelajaran untuk anak paud model pembelajaran area di paud model pembelajaran area pada paud model kurikulum pembelajaran berbasis alam paud model pembelajaran bcct paud metode pembelajaran bercerita paud model pembelajaran bahasa inggris paud metode pembelajaran paud berbasis karakter metode pembelajaran bahasa paud metode pembelajaran paud melalui bernyanyi model pembelajaran bcct di paud latar belakang model pembelajaran paud model pembelajaran bahasa inggris di paud bermain sebagai model pembelajaran paud model pembelajaran yang cocok untuk paud model pembelajaran ctl paud www.metode pembelajaran paud.com contoh model pembelajaran paud contoh model pembelajaran paud non formal contoh makalah model pembelajaran paud contoh model pembelajaran terpadu paud contoh model pembelajaran di paud metode pembelajaran di paud ppt metode pembelajaran demonstrasi paud model pembelajaran tematik di paud model pembelajaran inovatif di paud model pembelajaran proyek di paud model pembelajaran efektif di paud model pembelajaran matematika di paud model pembelajaran high scope di paud model dan metode pembelajaran di paud jenis-jenis model pembelajaran di paud model dan metode pembelajaran paud model pembelajaran di paud model pembelajaran d paud model pembelajaran dalam paud metode pembelajaran di paud metode pembelajaran d paud model pembelajaran sentra di paud

Lingkungan dan suasana pembelajaran yang menyenangkan hendaknya dapat dirancang dengan tepat. Anak-anak dapat berkembang dan berinteraksi secara positif dengan Pendidik maupun orang lain.

Pendidik juga diharapkan mampu memahami kondisi dan kebutuhan anak serta dapat memfasilitasi kegiatan bersama anak secara penuh untuk mengembangkan kemampuan dasar maupun pembentukan karakter anak. Semua dapat terwujud di Lembaga PAUD jika pembelajarannya tidak menyimpang dari rambu-rambu sesuai pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sistematika Modul Model Pembelajaran PAUD 2014

HAKIKAT PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
A. Pengertian Pembelajaran
B. Prinsip-Prinsip Pembelajaran
C. Pembelajaran Terpadu di PAUD

MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI PAUD
A. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Kelompok
B. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Sudut
C. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Area
D. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Sentra

PENGEMBANGAN KURIKULUM  DALAM BERBAGAI MODEL PEMBELAJARAN
A. Perencanaan Semester
B. Perencanaan Bulanan
C. Perencanaan Mingguan
D. Perencanaan Harian

DOWNLOAD MODUL MODEL PEMBELAJARAN PAUD (PRODUK DARI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TENGAH)