Modul dan Model Pembelajaran PAUD ini disusun sebagai Pedoman bagi para Pendidik, Praktisi dan para Pihak yang menangani langsung dalam proses pembelajaran di masing-masing Lembaga PAUD. Harapannya setiap Lembaga PAUD (baik yang berbentuk layanan Taman Penitipan Anak/TPA,
Kelompok Bermain/KB, Taman Kanak-kanak/TK dan Satuan PAUD Sejenis), secara bertahap semakin meningkat dan bermutu dalam proses pembelajarannya. Sehingga kelak Sumber Daya Manusia (SDM) yang dihasilkan benar-benar unggul, sehat, cerdas dan berakhlak mulia.
Perkembangan dan dukungan berbagai pihak dalam rangka peningkatan layanan program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Provinsi Jawa Tengah dirasakan sudah tidak hanya di Kota-kota saja, melainkan telah merambah sampai tataran Desa-desa/Kelurahan di Kabupaten.
Dampak pentingnya PAUD bagi Masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten/Kota, saat ini telah menyadari bahwa keberadaan Lembaga PAUD dan memberikan stimulasi psikososial, merupakan hal yang sangat penting guna menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) pada masa mendatang.
Meskipun Lembaga PAUD telah dirintis dan sudah bermunculan dimana-mana, namun demikian proses pembelajaran yang bermutu disetiap Lembaga PAUD hasilnya belum seperti yang diharapkan.
Oleh karena itu guna mewujudkan peningkatan mutu layanan tersebut, perlu dilakukan peningkatan kualitas terhadap keberadaan Lembaga itu sendiri, termasuk didalamnya adalah peningkatan mutu kepada para Pendidik dan Tenaga Kependidikan, baik melalui program Magang, Pendampingan, Workshop, Seminar dan program-program inovatif lainnya. Sebab pada kondisi saat ini, masyarakat sudah mulai cerdas dalam menentukan pilihannya terhadap Lembaga PAUD yang bermutu.
Lingkungan dan suasana pembelajaran yang menyenangkan hendaknya dapat dirancang dengan tepat. Anak-anak dapat berkembang dan berinteraksi secara positif dengan Pendidik maupun orang lain.
Pendidik juga diharapkan mampu memahami kondisi dan kebutuhan anak serta dapat memfasilitasi kegiatan bersama anak secara penuh untuk mengembangkan kemampuan dasar maupun pembentukan karakter anak. Semua dapat terwujud di Lembaga PAUD jika pembelajarannya tidak menyimpang dari rambu-rambu sesuai pertumbuhan dan perkembangan anak.
Sistematika Modul Model Pembelajaran PAUD 2014
HAKIKAT PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
A. Pengertian Pembelajaran
B. Prinsip-Prinsip Pembelajaran
C. Pembelajaran Terpadu di PAUD
MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI PAUD
A. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Kelompok
B. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Sudut
C. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Area
D. Model Pembelajaran dengan Pendekatan Sentra
PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM BERBAGAI MODEL PEMBELAJARAN
A. Perencanaan Semester
B. Perencanaan Bulanan
C. Perencanaan Mingguan
D. Perencanaan Harian
DOWNLOAD MODUL MODEL PEMBELAJARAN PAUD (PRODUK DARI DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TENGAH)