Download modul ajar paud kurikulum merdeka untuk TK-B (5-6 tahun) semester 2 terbaru, ini diturunkan dari program semester yang sudah dirancang sebelumnya. Mudahnya, RPPH kini diistilahkan dengan modul ajar di mana modul ajar ini berisi rencana program harian. Mau tahu seperti apa formatnya, yuk simak sampai akhir tulisan ini ya!

Modul Ajar PAUD Kurikulum Merdeka

Modul ajar PAUD pada dasarnya adalah perencanaan pembelajaran secara lengkap disusun berdasarkan topik dalam lingkup kelas. Sementara Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) merupakan perencanaan pembelajaran untuk jangka waktu lebih panjang dalam lingkup satuan pendidikan. Silabus dapat dikembangkan dengan menggunakan atau mengadaptasi ATP yang disediakan oleh pemerintah maupun alur tujuan pembelajaran yang dikembangkan secara mandiri.

Kurikulum Merdeka PAUD adalah salah satu kurikulum di Indonesia yang resmi diterapkan tahun 2024 dan dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak usia dini yang menekankan pada pengembangan potensi anak secara integral melalui pendekatan holistik. Kurikulum ini memiliki tujuan untuk mempersiapkan anak-anak usia dini agar bisa menghadapi tantangan di dunia pendidikan modern.

Modul Ajar PAUD Kurikulum Merdeka TK B Semester 2

Modul Ajar TK Kurmer

Modul ajar dapat dianggap sebagai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPPH) dalam Kurmer, sehingga guru yang menggunakan modul ajar yang disediakan oleh pemerintah atau pun mengembangkan secara mandiri, tidak perlu lagi membuat RPPH secara terpisah. Guru dapat mengembangkan modul ajar melalui adaptasi modul ajar dari pemerintah agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan konteks satuan pendidikan.

Tidak ada format baku dalam menuliskan modul ajar PAUD kurikulum merdeka, sehingga lembaga bebas untuk menuliskan format yang sekiranya mudah dan efisien.

Baca Juga:  Contoh RKH Sentra Seni dan Kreativitas Tema Binatang

Contoh RPPH TK B Semester 2 Kurmer

Ada sedikit penjelasan disini:
  • Bahwa modul ajar PAUD yang dikembangkan PAUD Jateng ini adalah versi ringkas sehingga mudah dipahami (jelas) dan tidak bertele-tele.
  • Kegiatan Inti yang disajikan merupakan “pilihan kegiatan”, itu artinya ayah bunda tidak harus menjalankan ‘semua’ kegiatan inti yang disajikan.
  • Modul ajar ini dilengkapi buku cerita PAUD atau video edukasi anak
  • Semua daftar topik yang ada di bawah ini merupakan turunan dari 4 tema besar PAUD Kurikulum Merdeka, silahkan Lihat Program Topik Kurikulum Merdeka 1 Tahun Full

Berikut ini adalah contoh modul ajar TK B usia 5-6 tahun semester 2 (genap) yang dikelompokkan berdasar topik dan sub topik. Setiap modul ajar di bawah ini dapat digunakan selama 1 minggu. Rincian dan link download dapat dilihat berikut ini :

Untuk modul ajar TK B semester 2 kurikulum merdeka yang bisa di edit Microsoft Word docx ada di file nomor 1

NoFile Modul Ajar RPPH TK B (5-6 Tahun) Semester 2Link Download
1Modul Ajar Minggu 1 - Topik: Wow Ada HujanFile Docx
2Modul Ajar Minggu 2 - Topik: Awan di LangitFile Disini
3Modul Ajar Minggu 3 - Topik: Indahnya PelangiFile Disini
4Modul Ajar Minggu 4 - Topik: Ada AnginFile Disini
5Modul Ajar Minggu 5 - Topik: Ayo BerkebunFile Disini
6Modul Ajar Minggu 6 - Topik: Jenis BuahFile Disini
7Modul Ajar Minggu 7 - Topik: Jenis SayurFile Disini
8Modul Ajar Minggu 8 - P5: Berkreasi dari Plastik BekasFile Disini
9Modul Ajar Minggu 9 - Topik: Transportasi LautFile Disini
10Modul Ajar Minggu 10 - Topik: Transportasi UdaraFile Disini
11Modul Ajar Minggu 11 - Topik: Transportasi DaratFile Disini
12Modul Ajar Minggu 12 - Topik: Ramadhan di SekolahFile Disini
13Modul Ajar Minggu 13 - Topik: Idul FitriFile Disini
14Modul Ajar Minggu 14 - Topik: Kebun BinatangFile Disini
15Modul Ajar Minggu 15 - Topik: BerkemahFile Disini
16Modul Ajar Minggu 16 - Topik: Bekal PiknikFile Disini
17Modul Ajar Minggu 17 - Topik: Menggapai CitaFile Disini
18Modul Ajar Minggu 18 - Topik: Aku Ingin Menjadi (Arsitek)File Disini
Baca Juga:  RPPH Modul Ajar TK A Semester 2 Kurikulum Merdeka

Keterangan :

Modul ajar ini dibuat selama 5 hari kerja dengan perhitungan alokasi minimal waktu belajar adalah 900 menit setiap minggunya (ini berarti setiap hari adalah 900 / 5 hari = 180 jam = 3 jam per hari). Hal ini Sesuai dengan Kepmendikbudristek Nomor 56/M/2022 yang direvisi menjadi Permendikbudristek 262/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, alokasi waktu pembelajaran di PAUD usia 4–6 tahun atau TK paling sedikit 900 menit per minggu. Sedangkan alokasi waktu di PAUD usia 3–4 tahun paling sedikit 360 menit per minggu.

Preview Format Modul Ajar RPPH TK

Kurikulum Merdeka PAUD berfokus pada pengembangan kognitif, sosial, emosional, kemampuan bertutur, dan bahasa. Kurikulum ini juga menekankan pada penilaian yang komprehensif, yang melibatkan asesmen berbasis portofolio. Kurikulum ini juga mencakup pembelajaran dasar berdasarkan konsep tumbuh kembang anak, yang memungkinkan anak untuk mencapai pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang lebih baik tentang dunia di sekitarnya.

Kurikulum Merdeka PAUD mencakup berbagai topik, mulai dari bahasa, matematika, sains, dan teknologi, hingga seni, keterampilan hidup, dan akademik. Kurikulum ini juga mencakup kegiatan yang berfokus pada pengembangan keterampilan yang berhubungan dengan menulis, membaca, menghitung, dan berbicara. Kurikulum ini juga mencakup pendidikan karakter, yang berfokus pada pengembangan nilai-nilai moral dan etika.

Kurikulum Merdeka PAUD selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak usia dini dengan menggabungkan teori dan praktik pendidikan yang terbaik. Kurikulum ini juga mencakup pengembangan kompetensi guru yang meningkatkan kualitas pendidikan yang diberikan kepada anak-anak usia dini. Kurikulum ini juga berusaha untuk meningkatkan partisipasi orang tua dalam proses pembelajaran anak-anak, dengan menggunakan bimbingan dan dukungan yang konstruktif.

Baca Juga:  Modul Ajar Berdiferensiasi PAUD Kurikulum Merdeka