Modul Ajar KB A (2-3 Tahun) Semester 1 2024/2025 Kurikulum Merdeka PAUD dapat didefinisikan sebagai: Sebuah perangkat pembelajaran yang disusun secara sistematis, komprehensif, dan fleksibel, dirancang khusus untuk anak usia 2-3 tahun di Kelompok Bermain pada semester pertama tahun ajaran 2024/2025. Modul ini mengintegrasikan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka PAUD, berfokus pada pengembangan holistik anak melalui pendekatan bermain sambil belajar, dengan memperhatikan tahap perkembangan, keunikan individu, dan potensi setiap anak.
Modul Ajar Kelompok Bermain
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan kemampuan dasar anak. Dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka PAUD, terjadi perubahan signifikan dalam pendekatan pembelajaran untuk anak-anak usia dini. Salah satu komponen penting dalam implementasi kurikulum ini adalah Modul Ajar, khususnya untuk Kelompok Bermain atau play group yang mencakup anak usia 2-3 tahun.
Modul ajar menjadi instrumen krusial dalam pendidikan PAUD kelompok bermain karena memberikan struktur dan panduan yang jelas bagi para pendidik dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Dengan adanya modul ajar, pendidik memiliki acuan yang sistematis tentang materi, metode, dan evaluasi yang sesuai dengan tahap perkembangan anak usia 2-4 tahun. Hal ini membantu memastikan bahwa setiap aspek perkembangan anak, mulai dari fisik-motorik, kognitif, bahasa, hingga sosial-emosional, dapat distimulasi secara optimal dan seimbang. Selain itu, modul ajar juga membantu menjaga konsistensi kualitas pembelajaran di berbagai lembaga PAUD, sehingga setiap anak memiliki kesempatan yang setara untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.
Contoh Modul Ajar KB A Semester 1 (2-3 Tahun)
Modul Ajar KB A (2-3 Tahun) Semester 1 2024/2025 Kurikulum Merdeka PAUD merupakan instrumen penting dalam mewujudkan pendidikan anak usia dini yang berkualitas dan sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan fokus pada pengembangan holistik melalui pendekatan yang fleksibel dan berpusat pada anak, modul ini diharapkan dapat membantu pendidik dalam menciptakan pengalaman belajar yang optimal bagi anak-anak usia 2-3 tahun.
Berikut adalah contoh buku modul ajar KB A Semester ganjil yang bisa dibaca online melalui buku berikut ini:
Ayah bunda dapat download modul ajar KB A (2-3 tahun) Smt 1 untuk play group atau kelompok bermain usia 2-3 tahun dalam format docx (disediakan minggu pertama) dan juga pdf melalui link tautan berikut ini. Ada sedikit penjelasan disini:
- Bahwa modul ajar PAUD yang dikembangkan PAUD Jateng sudah menggunakan Capaian Pembelajaran revisi BSKAP 032/H/KR/2024. Hal ini bisa dilihat dari sub elemen yang sesuai dengan peraturan tersebut.
- Kegiatan Inti yang disajikan merupakan “pilihan kegiatan”, itu artinya ayah bunda tidak harus menjalankan ‘semua’ kegiatan inti yang disajikan.
- Modul ajar ini dilengkapi buku cerita PAUD atau video edukasi anak
- Semua daftar topik yang ada di bawah ini merupakan turunan dari Topik dan Subtopik TK/KB Kurmer 2024/2025 1 Tahun Full
- Topik Intrakurikuler: topik atau tema yang digunakan bebas, tidak terikat namun tetap memperhatikan prinsip memilih topik pembelajaran PAUD; dan
- Topik P5 (Kokurikuler): menggunakan empat tema besar yang sudah disediakan pemerintah yaitu : (1) Aku Sayang Bumi; (2) Aku Cinta Indonesia; (3) Bermain dan Bekerjasama / Kita Semua Bersaudara; dan (4) Imajinasiku / Imajinasi dan Kreativitasku.
Berikut ini adalah daftar modul ajar KB A (2-3 Tahun) TA 2024/2025 semester ganjil dan link unduhan.
No | Minggu | Topik | Subtopik | Modul Ajar KB A (2-3 Tahun) 2024/2025 Semester 1 | Link Download |
---|---|---|---|---|---|
1 | 1 | Diriku | Identitasku | Kenalkan, Ini Aku | File Word |
2 | 2 | Tanah Airku | Indonesia | Indonesiaku | File Disini |
3 | 3 | Tanah Airku | Kebinekaan | Aku Berbeda Aku Satu | File Disini |
4 | 4 | P5 | Aku Cinta Indonesia | Merayakan Kemerdekaan | File Disini |
5 | 5 | Lingkunganku | Desaku | Desaku yang Permai | File Disini |
6 | 6 | Lingkunganku | PHBS | Hidup Bersih dan Sehat | File Disini |
7 | 7 | Lingkunganku | Rumahku | Rumahku yang Indah | File Disini |
8 | 8 | Lingkunganku | Masjid | Masjid Tempat Ibadahku | File Disini |
9 | 9 | Binatang | Kebun Binatang | Di Kebun Binatang | File Disini |
10 | 10 | Binatang | Binatang Air | Ikan Hidup di Air | File Disini |
11 | 11 | Binatang | Binatang Darat | Binatang Darat | File Disini |
12 | 12 | Binatang | Sayang Binatang | Sayangi Binatang | File Disini |
13 | 13 | Mitigasi Bencana | Air | Aku Suka Air Putih | File Disini |
14 | 14 | Mitigasi Bencana | Api | Bolehkah Bermain Api | File Disini |
15 | 15 | Mitigasi Bencana | Udara | Mengapa Balon Bisa Terbang | File Disini |
16 | 16 | Mitigasi Bencana | Bumi | Sayangi Bumi Kita | File Disini |
17 | 17 | Kebutuhanku | Makan dan Minum | Adab Makan dan Minum | File Disini |
18 | 18 | Kebutuhanku | Pribadiku | Aku Bisa Memakai Baju | File Disini |
Lebih lanjut, modul ajar berperan penting dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka PAUD ke dalam praktik pembelajaran sehari-hari. Modul ini menjembatani antara konsep kurikulum yang abstrak dengan kegiatan konkret yang dapat dilakukan bersama anak-anak. Dengan demikian, pendidik dapat lebih mudah menerapkan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak, berbasis permainan, dan kontekstual sesuai dengan semangat Kurikulum Merdeka. Modul ajar juga membantu pendidik dalam merancang kegiatan yang merangsang kreativitas, mendorong eksplorasi, dan membangun fondasi karakter positif pada anak sejak dini.
Tidak kalah pentingnya, modul ajar menjadi alat yang efektif dalam memfasilitasi kolaborasi antara pendidik dan orang tua. Melalui modul ini, orang tua dapat memahami tujuan pembelajaran dan kegiatan yang dilakukan di sekolah, sehingga dapat memberikan dukungan yang selaras di rumah. Hal ini menciptakan kontinuitas pembelajaran antara sekolah dan rumah, yang sangat penting untuk perkembangan anak usia dini. Selain itu, modul ajar juga membantu pendidik dalam melakukan asesmen perkembangan anak secara terstruktur dan berkelanjutan, memungkinkan identifikasi dini terhadap potensi atau tantangan perkembangan yang mungkin dihadapi anak.
Dalam konteks yang lebih luas, modul ajar untuk kelompok bermain PAUD berperan dalam meletakkan dasar yang kuat bagi pendidikan selanjutnya. Dengan menyediakan pengalaman belajar yang terstruktur namun tetap menyenangkan, modul ini membantu anak-anak mengembangkan kecintaan terhadap proses belajar sejak dini. Hal ini sangat penting untuk membentuk sikap positif terhadap pendidikan yang akan bertahan hingga jenjang pendidikan selanjutnya. Lebih dari itu, modul ajar yang dirancang dengan baik dapat membantu mengembangkan keterampilan abad 21 seperti kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan sosial, yang akan menjadi bekal berharga bagi anak-anak dalam menghadapi tantangan di masa depan.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul ajar memiliki peran yang tidak tergantikan dalam pendidikan PAUD kelompok bermain. Modul ini tidak hanya menjadi panduan bagi pendidik, tetapi juga menjadi katalis dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal, mendukung perkembangan holistik anak, dan mempersiapkan mereka untuk sukses dalam perjalanan pendidikan dan kehidupan selanjutnya.
Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang pengertian Modul Ajar KB A Semester 1 2024/2025 dalam konteks Kurikulum Merdeka PAUD. Melalui implementasi modul ini, diharapkan anak-anak dapat tumbuh menjadi individu yang percaya diri, kreatif, dan siap untuk tahapan pendidikan selanjutnya. Penting bagi para pendidik dan orang tua untuk memahami esensi dari modul ini dan berkolaborasi dalam mendukung perkembangan optimal setiap anak.