Dowload Juknis PAUD Terpadu PDF + Juknis TK TPA SPS. PAUD Terpadu adalah pedoman program layanan pendidikan bagi anak usia dini yang menyelenggarakan lebih dari satu program PAUD (TK, KB, TPA, SPS) yang dalam pembinaan, penyelenggaraan dan pengelolaannya dilakukan secara terpadu atau terkoordinasi.

Agar penyelenggaraan PAUD terlaksana secara terpadu dan terkoordinasi dengan baik, diperlukan adanya Pedoman Penyelenggaraan PAUD Terpadu. Pedoman ini berisi tentang pengertian PAUD Terpadu, prinsip-prinsip penyelenggaraan serta persyaratannya, struktur dan program, peran serta masyarakat dan pola pembinaan PAUD Terpadu. Semoga pedoman ini dapat dijadikan acuan dalam mengembangkan program PAUD Terpadu.

Target/sasaran Program PAUD Terpadu adalah penyelenggara dan organisasi yang telah menyelenggarakan salah satu program layanan PAUD (TK/KB/TPA/SPS), dan selanjutnya ingin mengembangkan program layanan PAUD lainnya, misalnya TK Pembina/TK Swasta didirikan layanan KB, TPA, dan Satuan PAUD Sejenis (SPS), demikian juga sebaliknya.

Penyelenggaraan PAUD Terintegrasi diharapkan menghasilkan :

  1. Meningkatnya jumlah anak usia dini (0 -6 tahun) yang terlayani di lembaga PAUD Terpaadu.
  2. Meningkatnya jumlah layanan program PAUD di lembaga PAUD Terpadu.
  3. Meningkatnya tata kelola dan kapasitas lembaga PAUD dalam pengembangan, pembinaan dan penyelenggaraan berbagai program layanan PAUD  di lembaga PAUD Terpadu.
  4. Meningkatnya keterpaduan lembaga PAUD dalam melakukan pembinaan peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, pembelajaran, sarana dan prasarana, pembiayaan dan pembinaan program layanan PAUD.
Pedoman PAUD Terpadu

Prinsip Juknis PAUD Terpadu :

  1. Proses pembelajaran dilaksanakan dalam suasana yang menyenangkan bagi anak.
  2. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui bermain yang merangsang anak untuk aktif, kreatif, dan eksploratif.
  3. Proses pembelajaran berfokus pada anak secara individu sesuai dengan minat, potensi, dan tahap perkembangan yang dicapai.
  4. Proses pembelajaran mendorong terjadinya interaksi di antara anak dengan anak, anak dengan orang dewasa, dan anak dengan lingkungannya dalam suasana yang alami.
  5. Proses pembelajaran membantu anak agar mandiri, berdisiplin, mampu bersosialisasi, dan memiliki ketrampilan dasar yang mendukung perkembangan anak berikutnya.
  6. Proses pembelajaran dilaksanakan secara bertahap, berulang, konsisten, konkrit dan tuntas sehingga memiliki kebermaknaan bagi anak.
  7. Setiap satuan PAUD wajib berupaya menampung anak-anak berkebutuhan khusus sebatas kapasitas yang dimiliki dengan tetap menjamin hak-hak anak yang bersangkutan untuk bergaul dengan sesama peserta didik secara wajar serta terlindungi dari perlakuan diskriminatif, baik dari peserta didik lain, pendidik, maupun orang dewasa lainnya.
  8. Setiap satuan PAUD wajib memberikan layanan gizi dan kesehatan dasar kepada anak dan/atau mengintegrasikan layanan PAUD dengan layanan gizi dan kesehatan dasar yang diselenggarakan pihak lain.
  9. Setiap satuan PAUD wajib menyelenggarakan penyuluhan bagi para orang tua dan keluarga tentang gizi dan praktek kesehatan yang baik.
  10. Secara bergotong royong penyelenggaraan satuan PAUD bersama orang tua dan masyarakat merupakan penyediaan makanan bergizi dan kebutuhan suplemen vitamin yang dibutuhkan anak.

Selengkapnya, ayah bunda bisa mengunduh file pedoman penyelenggaraan PAUD terpadu melalui link tautan berikut ini. Mohon menunggu sampai sistem selesai menyiapkan file juknis paud terpadu untuk ayah bunda:

Ingatlah bahwa ayah bunda juga harus memiliki bakat dan keterampilan untuk mengajar pendidik lain tentang cara mengajar anak-anak. Untuk melaksanakan kurikulum dan kegiatan ayah bunda, guru-guru harus belajar dari ayah/bunda sebagai pengelola. Apakah ayah/bunda memiliki kemampuan untuk mengajar, mengelola, dan mengatur karyawan? Secara keseluruhan, ayah bunda harus menjadi pekerja keras, individu yang sangat terorganisir untuk menyelesaikan sesuatu setiap hari untuk membangun dan menjalankan sekolah PAUD dan menuju kesuksesan.

Dengan membuka PAUD itu artinya kita menjadi bagian dari pengalaman yang sangat berharga saat membantu anak-anak belajar dan berkembang di tahun-tahun pembentukan mereka yang penting. Jika ayah bunda suka bermain dengan anak-anak, pergi bekerja setiap hari akan menjadi pengalaman yang positif!

Perluas keterampilan ayah bunda dengan mengambil tantangan kewirausahaan untuk mencari tahu pemasaran, operasi, dan keuangan untuk bisnis ayah bunda karena akan dituntut dapat menerapkan ide dan metode pribadi sendiri untuk mendidik anak-anak dan memiliki kendali penuh atas program PAUD. Sebagai pemilik, ayah bunda dapat memilih staf, teknologi, peralatan terbaik, dll.

Sebagai pendidik anak usia dini dan pemilik prasekolah, ayah bunda akan memberikan nilai kepada dunia melalui bekerja dengan anak-anak, menyediakan pekerjaan untuk komunitas, dan menjadi pelanggan pemasok pendidikan anak usia dini.