Secara umum day care atau taman penitipan anak tpa bukanlah pilihan umum bagi orang tua, mengingat biaya yang diperlukan untuk memiliki pengasuh pribadi anak di rumah terbilang rendah, dan ini merupakan pilihan yang tersedia untuk beberapa orang tua yang bekerja. Artikel ini akan membahas ciri-ciri taman penitipan anak atau day care yang baik dengan memberikan beberapa indikator.



Lain halnya ketika orang tua meninggalkan anak mereka di tempat penitipan anak yang dikelola secara profesional, mereka dapat yakin bahwa anak mereka akan dirawat oleh pendidik atau pengasuh yang terlatih dengan baik. Ini mungkin tidak terjadi ketika pembantu rumah tangga atau pengasuh merawat anak-anak di rumah.

Mengapa day care / tpa penting

Tempat penitipan anak yang dikelola dengan baik dapat menyediakan lingkungan belajar yang mungkin tidak ada di rumah pribadi dan tentunya dengan dukungan pendidik untuk melati perkembangan anak, dan pendidikan terbatas. TPA anak yang dikelola secara profesional bukan hanya sekadar fasilitas penitipan anak.

TPA / day care menyediakan lingkungan pengasuhan yang mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak melalui kegiatan yang direncanakan sesuai usia dan penguatan positif. Tahun-tahun awal kehidupan anak merupakan masa yang sangat penting dalam perkembangan imajinasi dan kreativitas anak. Pendidik terlatih dapat membantu menanamkan rasa ingin tahu, harga diri dan mendorong kepercayaan diri pada anak kecil Anda.

Ada banyak alasan untuk menempatkan bayi atau balita dalam perawatan orang lain selain orang tua mereka, tetapi keputusan untuk melakukannya tidak boleh dianggap enteng. Saat menyelidiki apakah opsi ini tepat untuk Anda, kualitas pengasuhan sangat penting, dan orang tua harus mengerjakan pekerjaan rumah mereka untuk memastikan bahwa kebutuhan fisik, sosial, dan emosional bayi mereka akan terpenuhi dengan cara yang paling tepat.

day care taman penitipan anak

Pertimbangan memilih day care

Faktor-faktor yang harus dipertimbangkan orang tua ketika mengevaluasi fasilitas penitipan anak untuk anak mereka adalah:



Reputasi sekolah

Bicaralah dengan orang-orang yang Anda kenal dan dapatkan rekomendasi mereka tentang fasilitas layanan day care yang Anda pertimbangkan. Selanjutnya pergi ke sekolah day care di pagi dan sore hari ketika orang tua lain menjemput anak-anak mereka dan tanyakan pendapat mereka tentang tidak hanya fasilitas, tetapi juga staf pendidik.

Akreditasi sekolah

Sistem akreditasi yang dirancang untuk memastikan pendidikan berkualitas bagi anak usia dini. Hal ini juga memastikan bahwa anak usia dini menerima pendidikan berkualitas yang sebanding dengan anak lain di seluruh dunia. Hal ini penting bagi anak untuk menghadiri day care karena akan membantu mereka mendapatkan rangsangan tumbuh kembang yang optimal.

Program dan kurikulum

Tidak peduli seberapa dini si kecil Anda, tidak pernah terlalu dini untuk memulai pembelajaran permainan yang sesuai dengan usianya. Saat mencari penitipan anak, luangkan waktu untuk mempelajari program dan kurikulum setiap layanan day care. Cari tahu pelajaran apa yang diajarkan dan apakah pelajaran ini sesuai dengan usia anak. Tanyakan apa tujuan mereka mengajar dan apakah programnya disesuaikan dengan usia dan tahap perkembangan anak. Anda juga ingin memastikan bahwa ada cukup waktu untuk bermain karena bermain sangat penting untuk pertumbuhan holistik anak kecil. Tanyakan juga bagaimana Anda bisa mendapatkan pembaruan tentang kemajuan perkembangan anak Anda.

Kualifikasi direktur

Direktur atau bisa disebut kepala sekolah harus berpendidikan tinggi dan menunjukkan pengalaman dalam pendidikan anak usia dini dan/atau administrasi akademik. Periksa situs web sekolah day care bersangkutan untuk informasi biografis, dan rencanakanlah kunjungan untuk survey, perhatikan gelar dan sertifikasi yang diperoleh.

Kualifikasi pendidik

Pengasuh atau pendidik utama di sekolah/layanan tersebut harus terlatih dan berpengalaman dalam merawat dan mengasuh anak usia dini. Meskipun kualifikasi mereka mungkin sebagian besar dipusatkan pada pengasuhan anak, ajukan pertanyaan tentang filosofi mereka tentang disiplin, makan dan tidur dan pastikan bahwa itu sesuai dengan filosofi Anda. Tanyakan pelatihan pendidik tentang penanganan situasi darurat dan kecelakaan.

Untuk perbandingan rasio pendidik dan anak-anak juga harus dipertimbangkan. American Academy of Pediatrics merekomendasikan rasio guru dan siswa untuk lingkungan penitipan anak sebagai berikut:

Usia AnakRasioMaksimal Anak
Lahir - 12 bulan3 : 16
13 bulan - 30 bulan4 : 18
31 bulan - 35 bulan5 : 110
3 tahun7 : 114

Interaksi guru dan anak

Selama kunjungan, orang tua harus mengamati interaksi antara anak dan guru/staf. Apakah anak-anak pada umumnya senang? Apakah mereka berbicara dengan bebas dan terbuka dengan guru dan staf, atau apakah mereka tampak terlalu pemalu? Perilaku anak adalah indikator yang jujur dari dinamika kelas. Saat mengunjungi layanan tempat penitipan anak, orang tua harus mengamati perilaku anak. Jika anak tampak bosan atau menarik diri, ini bisa menunjukkan kurangnya interaksi atau rangsangan atau lingkungan yang negatif.

Lingkungan aman dan bersih

Orang tua pasti akan memperhatikan kebersihan sekolah/ layanan anak tersebut. Berjalanlah di sekitar lokasi sekolah day care dan lihat kamar mandi, ruang ganti, dapur, dan lantai. Semua area harus memiliki ventilasi dan penerangan yang baik. Tanyakan tentang penggantian popok dan standar sop pelatihan toilet serta prosedur dan fasilitas cuci tangan dan apa yang dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit yang terbawa air dan limbah. Periksa mainan di fasilitas karena dapat menimbulkan bahaya keamanan bagi balita kecil jika tidak sesuai usia. Tanyakan bagaimana mainan untuk usia yang lebih tua disimpan dan dijauhkan dari anak-anak yang lebih kecil. Sebaiknya tanyakan juga seberapa sering mainan dibersihkan.

Lingkungan sekolah

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika memilih tempat penitipan anak / day care adalah lingkungan sekolah. Pilih pusat penitipan anak dengan lingkungan yang hangat dan ramah. Pastikan lokasinya juga aman untuk anak kecil. Cari tahu apakah sekolah memiliki prosedur keselamatan dan keamanan untuk melindungi siswa mereka. Apakah bangunan, ruang kelas, taman bermain, dan area luar ruangan aman untuk anak-anak? Apakah ada bahaya keamanan yang harus Anda khawatirkan? Luangkan waktu untuk melihat hal-hal ini ketika Anda berada di sekolah yang Anda periksa.

Jadwal kegiatan

Pusat penitipan anak atau day care yang baik harus memiliki jadwal kegiatan sepanjang hari, bersama dengan periode bermain dan juga istirahat atau bermain bebas. Kegiatan yang dapat dimasukkan adalah waktu bermain, waktu cerita, waktu tenang, waktu makan siang dan snack, serta baik bermain bebas maupun kegiatan kelompok yang terorganisir.

Kegiatan ini dapat mencakup berbagai topik, namun harus sesuai dengan usia. Kegiatan stimulasi yang menantang imajinasi anak Anda akan memungkinkan anak untuk tumbuh dan belajar. Jika fasilitas tersebut memungkinkan anak-anak menonton TV dan terlibat dalam permainan gratis sepanjang hari, Anda mungkin ingin menilai kesesuaian pusat tersebut untuk kebutuhan anak Anda.

Kebijakan kunjungan

Orang tua harus diizinkan untuk mengunjungi anak kapan saja di siang hari. Pusat penitipan anak atau day care yang baik biasanya memiliki kebijakan pintu terbuka yang memungkinkan orang tua untuk mampir kapan saja tanpa pemberitahuan sebelumnya, semacam sidak. Beberapa pusat day care di beberapa kota sudah memiliki cctv yang disiarkan secara langsung kepada orang tua sehingga memungkinkan para orang tua untuk melihat aktivitas day care dari tempat kerja mereka melalui internet. Fitur-fitur semacam ini di tempat penitipan anak dapat membantu orang tua memiliki pikiran bahwa anak di sana diberikan perawatan sebaik mungkin.

Lokasi pusat penitipan anak

Dengan jadwal kerja dan kehidupan yang selalu menuntut, pertimbangkan lokasi pusat penitipan anak yang nyaman bagi Anda. Apakah pusatnya dekat dengan rumah atau kantor? Bagaimana hal ini memengaruhi rutinitas pagi atau sore Anda? Apakah Anda bisa sampai ke pusat tepat waktu untuk menjemput anak Anda? Meskipun poin terakhir mungkin terlihat sepele, penting untuk mempertimbangkan hal ini karena banyak layanan day care mengenakan denda yang untuk penjemputan yang terlambat.

Baca Juga:  Menoreh Masa Depan Anak Anak Dimulai Sejak PAUD