Cara membuat sub tema Kebutuhanku –Cara identifikasi tema Kebutuhanku menjadi sub tema untuk pembelajaran PAUD. Membuat Cakupan Sub Tema Kebutuhanku Untuk PAUD dapat dilakukan dengan cara identifikasi tema menjadi sub tema pembelajaran PAUD.

Sebuah tema dapat dikembangkan menjadi sub tema, sub-sub tema, pokok bahasan, dan seterusnya. Jika pertanyaannya seberapa luas sebuah tema dikembangkan? Jawabannya tergantung seberapa luas pendidik dapat memfasilitasi pengembangan tema untuk member pengalaman baru pada anak. Artinya bila pendidik yang banyak membaca tentu akan mengembangkan tema menjadi sangat luas, tetapi bisa juga sebaliknya.

Tidak ada ketentuan sebuah tema dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Artinya sebuah tema bisa dilaksanakan lama dan bisa juga singkat, tergantung keluasan tema dan minat anak terhadap tema tersebut. Ada kalanya satu tema membutuhkan waktu selama sebulan atau bahkan lebih, ada juga yang kurang dari sebulan.

Pembelajaran anak usia dini dapat dikembangkan dengan menggunakan tema. Melalui tema pembelajaran, peserta didik akan lebih mudah mengenal suatu konsep pengetahuan dan dapat mempelajari sesuatu yang bersifat konkret. Dengan demikian, indikator perkembangan anak dapat tercapai secara optimal.

Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa pendidik PAUD banyak mengalami kendala dalam mengembangkan tema pembelajaran. Hal ini antara lain disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, kreativitas, kepekaan dan keberanian pendidik.

Contoh Menurunkan Sub Tema Kebutuhanku Untuk PAUD

Membuat Cakupan Sub Tema Kebutuhanku Untuk PAUD

Untuk membantu para pendidik menurunkan sub tema dari sebuah tema Kebutuhanku maka kami hadirkan cakupan tema dan sub tema PAUD berikut ini.

1. Makanan dan Minuman

  1. Manfaat makanan / minuman (untuk menghilangkan lapar / haus, untuk kesehatan)
  2. Jenis makanan atau minuman (missal : 4 sehat 5 sempurna, nasi, lauk pauk, sayur, buah buahan, susu, teh)
  3. Asal makanan dan  minuman  (Padi – beras – nasi)
  4. Tata tertib makanan / minuman (mencuci  tangan, duduk yang rapi, berdoa)
  5. Makanan sehat (bersih, dimasak, tidak basi, ditutupi)
  6. Alat alat makanan / minuman (piring, sendok, garpu, serbet, gelas dan lain lain)
  7. Tata cara menyajikan makanan / minuman (di meja makanan, duduk di tikar)

2. Pakaian

  1. Manfaat pakaian :
    • Kesehatan (melindungi tubuh)
    • Keindahan.
  1. Cara memakai pakaian (yang benar, yang salah)
    • Sekolah – seragam sekolah
    • Berenang – pakaian renang dan lain lain 
  1. Alat alat kebersihan  (sapu, sulak, kain pel, tempat sampah dan lain lain)
  2. Akibat akibat hidup tidak bersih  dan tidak sehat (sakit)
  3. Macam macam penyakit yang di timbulakan karena tidak memelihara kesehatan dan kebersiahan (sakit diare, muntaber, DB, cacingan, sakit kulit)
  4. Cara mencegah bahaya  yang disebabkan oleh benda benda dan obat obatan tertentu (korek api, pisau, racun, paku, pecahan kaca)

Alokasi Waktu Tema Kebutuhanku untuk PAUD

Contoh tema dan sub tema Kebutuhanku untuk PAUD memakan waktu 4 minggu dengan rincian (dapat diubah sesuai dengan kondisi lembaga):

  1. Minggu 1 : dimulai dari nomor 1a sampai 1c
  2. Minggu 2 : dimulai dari nomor 1d sampai 1g
  3. Minggu 3 : dimulai dari nomor 2a sampai 2c
  4. Minggu 3 : dimulai dari nomor 2d sampai 2f

Manfaat Menggunakan Tema Pembelajaran untuk PAUD

Dengan menggunakan tema pembelajaran, diharapkan akan bermanfaat dalam :

  1. Menghubungkan bahasan satu dengan lainnya, sesuai dengan cara berpikir anak. 
  2. Sebagai Topik bahasan. Topik bahasan yang dekat dan dikenal anak membuat anak lebih dapat terlibat di dalamnya.
  3. Menghubungkan pengetahuan sebelumnya dengan pengetahuan yang baru  yang sudah dimiliki anak.
  4. Memudahkan pendidik PAUD dalam pengembangan kegiatan belajar sesuai dengan konsep dan sarana yang dimiliki lingkungan.