Keluasan Tema: Pengembangan Tema >> Sub Tema >> Topik Bahasan. Untuk dijadikan sebagai topik pembahasan pembelajaran harian PAUD, sebuah tema dapat dikembangkan menjadi : Tema >> Sub Tema >> Topik Bahasan atau juga bisa menjadi Tema >> Sub Tema >> Sub Sub Tema >> Topik Bahasan
Keluasan Tema PAUD
Sebuah tema dapat dikembangkan menjadi sub tema, sub-sub tema, pokok bahasan, dan seterusnya. Jika pertanyaannya seberapa luas sebuah tema dikembangkan? Jawabannya tergantung seberapa luas guru dapat memfasilitasi pengembangan tema untuk memberi pengalaman baru pada anak.
Guru dapat mengembangkan sebuah tema menjadi sangat luas sesuai dengan kebutuhan. Tema dan sub-tema maupun sub-sub tema dan seterusnya tersebut merupakan hasil identifikasi yang dapat dipilih keseluruhan maupun sebagian, tergantung ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran yang konstektual. Artinya bila guru yang banyak membaca tentu akan mengembangkan tema menjadi sangat luas, tetapi bisa juga sebaliknya.
Walaupun tema sudah kita tentukan akan lebih baik jika anak diajak berpikir tentang pengetahuan yang lebih luas agar anak tidak salah dalam memahami konsep dan cirri dari tema yang dibahas.
Guru dapat mengembangkan kembali sub tema menjadi sub-sub tema bila dirasa sub tema bersifat umum. Cara mengembangkan sub tema menjadi sub-sub tema sama dengan cara mengembangkan tema menjadi sub tema. Di bawah ini dicantumkan contoh mengembangkan tema menjadi sub tema dan sub tema menjadi sub-sub tema.
Contoh : Pengembangan Tema >> Sub Tema >> Topik Bahasan
Berikut ini adalah contoh pengembangan tema menjadi sub tema menjadi topik bahasan:
Contoh : Pengembangan Tema >> Sub Tema >> Sub Sub Tema >> Topik Bahasan
Berikut ini adalah contoh pengembangan tema menjadi sub tema menjadi sub sub tema menjadi topik bahasan:
Berapa waktu yang dibutuhkan
Tidak ada ketentuan sebuah tema dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu. Artinya sebuah tema bisa dilaksanakan lama dan bisa juga singkat, tergantung keluasan tema dan minat anak terhadap tema tersebut, juga seberapa luas dan dalam guru dapat mengembangkan tema tersebut. Ada kalanya satu tema membutuhkan waktu selama sebulan atau bahkan lebih, ada juga yang kurang dari sebulan.
Alokasi waktu dalam satu semester minimal 17 minggu, sehingga pengaturan tema juga harus merujuk pada waktu yang tersedia dalam satu semester tersebut. Penetapan tema dan alokasi waktunya di harapkan dirumuskan di awal semester, untuk jangka waktu minimal satu semester, yang selanjutnya dimasukan kedalam program semester.