Download Contoh Raport PAUD v1 untuk TK, TPA, TK, Playgroup Format Baru dan otomatis sesuai dengan standar PAUD Permendikbud 137 tahun 2014. Pengertian Raport PAUD adalah capaian perkembangan anak didik sesuai dengan aspek-aspek penilaian yang tertuang dalam standar PAUD. Berikut ini sistematika penulisan artikel:



Raport PAUD v1 (TK / KB / TPA / SPS) Otomatis

Contoh raport PAUD excel, Download Contoh raport TPA, contoh raport KB, dan contoh raport TK untuk anak didik PAUD usia 3-6 tahun GRATIS. Raport PAUD yang akan disajikan memiliki fitur-fitur diantaranya :
– Dukungan Arsip Raport
– Nilai Otomatis berdasar No. Induk Siswa
– Kesimpulan Persentase Capaian Perkembangan

Perlu dipahami bahwa penilaian di PAUD lebih menekankan untuk mendeskripsikan ketercapaian perkembangan anak yang mencakup perkembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik , kognitif, bahasa, dan sosial emosional. Oleh karena itu kata yang lebih tepat pada penilaian anak usia dini adalah ASESMEN.

Asesmen adalah suatu proses pengamatan, pencatatan, dan pendokumentasian kinerja dan karya siswa serta bagaimana proses ia menghasilkan karya tersebut (Grace dan Shore, 1991; Kurnano, 2002). Asesmen tidak digunakan untuk mengukur keberhasilan suatu program, tetapi untuk mengetahui perkembangan atau kemajuan belajar anak. Itulah salah satu alasan mengapa informasi perkembangan peserta didik pada raport PAUD diberikan dengan cara deskriptif (narasi), bukan dengan angka atau skor.

Selanjutnya untuk memudahkan pengisian, maka aspek-aspek penilaian pada raport PAUD diusahakan sama dengan aspek-aspek yang tertuang dalam Standar Kompetensi yang telah ditetapkan.

Saat ini sudah ada format baru raport PAUD v1 yang telah mengakomodir tingkat perkembangan anak sebagaimana yang tertuang dalam Permendikbud No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD, yang mencakup aspek perkembangan nilai-nilai agama dan moral, fisik , kognitif, bahasa, dan sosial emosional .



contoh raport paud terbaru v1 otomatis mengganti nama dan nilai

Berbeda dengan bentuk raport PAUD terdahulu, pada raport paud v1 model baru ini pendidik dapat memberikan tanda checklist (√) pada hasil penilaian perkembangan dengan tiga opsi pilihan  Baik, Cukup, dan Perlu Dilatih,  sebagaimana contoh raport PAUD di bawah ini, silahkan dilihat previewnya.

Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka selanjutnya pendidik PAUD dapat memberikan kesimpulan dan catatan/rekomendasi pada kolom yang ada dibawahnya.  Begitu pula untuk aspek dan sub aspek perkembangan lainnya dapat dilakukan dengan cara sama.

Dalam menyusun kesimpulan perkembangan anak, pendidik hendaknya mencatat hal-hal sebagai berikut :

  • Uraikan perkembangan anak secara umum.
  • Uraikan perkembangan kemampuan anak yang menonjol atau lebih pada semua aspek perkembangan.
  • Uraikan perkembangan kemampuan anak yang masih perlu dilatih pada aspek perkembangan anak.
  • Kesimpulan harus memuat semua aspek perkembangan anak. Lihat cara membuat kesimpulan raport PAUD klik disini

Kelebihan Contoh Raport PAUD TPA KB TK Format Baru

Ada beberapa kelebihan raport paud v1 format baru ini jika dibandingkan dengan raport format lama, yaitu :

  • Memberikan kemudahan kepada pendidik PAUD dalam memberikan penilaian ketercapaian perkembangan anak yang mencakup nilai-nilai agama dan moral , fisik , kognitif, bahasa , dan sosial emosional.
  • Format raport baru ini mencakup seluruh kelompok usia ( 2 – < 4 Tahun dan 4 – ≤ 6 Tahun ). Untuk format raport usia 0-2 tahun dapat dibuat sendiri mengacu Permendikbud diatas.
  • Mudah dipahami oleh orang tua yang awam sekalipun tentang masalah perkembangan anak.

Download Contoh Format Raport PAUD v1 Terbaru

Link tautan download disajikan dibawah ini, mohon menunggu sampai file disiapkan oleh sistem:

ADA YANG BARU
Yth. Ayah Bunda PAUD Indonesia!
Raport sudah berkembang dan ada yang versi lebih baru dari artikel ini ya. Silahkan lihat:

File berupa file rar tanpa password yang di dalamnya sudah lengkap raport PAUD usia 2-3 tahun, 3-4 tahun, 4-5 tahun, dan 5-6 tahun serta cover raport yang dapat diedit bebas sehingga dapat digunakan untuk raport PAUD layanan TPA, KB dan TK. Semoga bermanfaat! Dan bagikan informasi ini dengan klik tombol “bagikan ke” di bawah ya bunda.. Maju terus PAUD Indonesia!

Baca Juga:  Download Contoh Tata Tertib Siswa Anak PAUD TK KB