Dapatkan alat penilaian perkembangan anak usia dini dengan download instrumen penilaian anak usia dini sesuai kurikulum 2013 PAUD. Contoh Format Penilaian Kurikulum 2013 PAUD (TK KB TPA) yang akan dibagikan di bawah ini terdiri dari berbagai format penilaian anak usia dini yang meliputi lembar pengamatan/observasi PAUD, lembar percakapan, lembar penugasan, lembar unjuk kerja, lembar penilaian hasil karya, lembar catatan anekdot, dan lembar portofolio PAUD.
Cara Evaluasi/ Penilaian PAUD (TK KB TPA SPS)
- Pengamatan atau observasi adalah teknik penilaian PAUD yang dilakukan selama kegiatan pembelajaran baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan lembar observasi, catatan menyeluruh atau jurnal, dan rubrik.
- Percakapan adalah teknik penilaian PAUD yang dapat digunakan baik pada saat kegiatan terpimpin maupun bebas.
- Penugasan adalah teknik penilaian PAUD yang berupa pemberian tugas yang akan dikerjakan anak dalam waktu tertentu baik secara individu maupun kelompok baik secara mandiri maupun didampingi.
- Unjuk kerja adalah teknik penilaian PAUD yang melibatkan anak dalam bentuk pelaksanaan suatu aktivitas yang dapat diamati.
- Penilaian hasil karya adalah teknik penilaian PAUD dengan melihat produk yang dihasilkan oleh anak setelah melakukan suatu kegiatan.
- Pencatatan anekdot adalah teknik penilaian PAUD yang dilakukan dengan mencatat sikap dan perilaku khusus pada anak ketika suatu peristiwa terjadi secara tiba-tiba/insidental baik positif maupun negatif.
- Portofolio adalah teknik penilaian PAUD yang terdiri dari kumpulan atau rekam jejak berbagai hasil kegiatan anak secara berkesinambungan atau catatan pendidik tentang berbagai aspek pertumbuhan dan perkembangan anak sebagai salah satu bahan untuk menilai kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Prosedur Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini
Dalam melakukan penilaian pada anak usia dini ada beberapa prosedur yang harus dilalui sebagai mana bagan penilaian perkembangan anak diatas. Penjelasannya adalah sebagai berikut :
- Mengacu pada kompetensi dan dilakukan seiring dengan kegiatan pembelajaran yang diprogramkan dalam RPPH.
- Mencatat semua hasil perkembangan anak dengan menggunakan instrumen penilaian, seperti observasi, percakapan, unjuk kerja, hasil karya, dan melakukan pencatatan terhadap sikap dan perilaku anak yang terjadi secara insidental pada format catatan anekdot. Download Instrumen Penilaian PAUD Disini
- Merangkum semua hasil perkembangan anak dan dipindahkan ke dalam format yang telah disiapkan baik harian, mingguan maupun semester.
- Mengolah hasil rangkuman selama satu semester menjadi bentuk laporan deskripsi secara singkat meliputi 3 kompetensi yaitu kompetensi Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan.
- Merumuskan deskripsi secara objektif sehingga tidak menimbulkan persepsi yang salah bagi orang tua atau wali dalam bentuk LPPA (Laporan Pencapaian Perkembangan Anak)