Inilah Peran Guru PAUD Dalam Pendidikan Anak Usia Dini



Inilah Peran Guru PAUD Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Ada beberapa pendekatan peran guru dalam pembelajaran, antara lain

1. Guru berperan sebagai pengajar

Dalam hal ini guru harus mengajar sesuai dengan kurikulum tanpa melihat minat anak. Semua anak dianggap botol kosong yang harus diisi oleh berbagai informasi tanpa melihat perbedaan bahkan meski anak tidak berminat pun guru harus tetap menyampaikan apa yang sudah dugariskan dalam kurikulum tersebut.

2. Guru berperan membelajarkan anak

Pada pendekatan ini guru berpegang pada panduan kemampuan yang akan dicapai anak dengan cara memahami minat, perasaan dan pengalaman anak.

Guru hanya berperan sebagai fasilitator dengan memberikan kesempatan kepada anak untuk mengungkapkan pengalaman, perasaannya melalui berbagai interaksi kepada guru maupun teman sebaya.



Dalam hal ini anak dapat dengan leluasa mengekspresikan apa saja yanga ada dalam pikirannya Pendekatan semacam ini merupakan pendekatan yang efektif dan terbaik karena anak dapat berkembang secara utuh.

Inilah Peran Guru PAUD Dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Peran pendidik meliputi peran sebagai perencana dan pelaksana pembelajaran, serta evaluator pembelajaran. Di samping itu juga memiliki peran untuk mendukung pengelolaan pembelajaran yang bermutu, yaitu peran sebagai komunikator dan administrator.

Inilah Peran Guru PAUD Dalam Pendidikan Anak Usia Dini peran guru paud peran guru paud dalam pembelajaran terpadu peran guru paud dalam pembelajaran peran guru paud dalam perawatan anak peran guru paud di sekolah peran guru paud dalam pembangunan peran guru paud dalam proses pembelajaran peran guru paud dalam pendidikan peranan guru paud dalam pembelajaran terpadu peranan guru paud dalam pengembangan kurikulum peranan guru paud dalam mencerdaskan anak peranan guru paud dalam mengembangkan motorik anak peranan guru paud yang profesional peran guru di paud makalah peran guru paud peranan guru dalam paud 3 peranan guru paud peran dan fungsi guru paud peran guru bk di lingkungan paud peran lptk dalam menyiapkan guru paud peran guru dalam pembelajaran di paud peran guru paud dalam perawatan anak usia dini artikel peran guru dalam paud peran guru bk di paud peran guru dalam paud peranan guru bk di paud peran pkn dalam profesi guru paud di sekolah peran guru dalam pelaksanaan bk di paud

A. Peran sebagai perencana Pembelajaran

Proses pembelajaran yang baik membutuhkan perencanaan dan persiapan yang baik dan matang. Lebih jelas tentang peran guru dalam perencanaan pembelajaran PAUD Lihat disini.

B. Peran sebagai Pelaksana Pembelajaran

Peran ini meliputi peran pendidik sebagai fasilitator, motivator, model perilaku pengamat, pendamai dan pengasuh. Karena bahasan yang panjang sudah ditulis terpisah Klik disini.

3. Peran sebagai Evaluator

Evaluasi atau penilaian merupakan aspek pembelajaran yang penting. Tidak ada pembelajaran tanpa penilaian, karena penilaian merupakan proses menetapkan kualitas hasil belajar atau proses untuk menentukan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran oleh peserta didik.

Kaitannya dengan hal tersebut, maka pendidik juga berperan sebagai evaluator. Pendidik melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang sedang berlangsung dan juga melakukan evaluasi terhadap perkembangan anak.

Sejauh mana kegiatan yang dilakukan anak-anak memenuhi kebutuhan mereka. Apakah melalui kegiatan tersebut anak akan belajar sesuatu yang diperlukan? Apakah dalam kegiatan anak mengembangkan aspek akademik, sosial, emosional atau fisik?Informasi yang diperoleh dari hasil evaluasi tersebut, dimanfaatkan untuk memperbaiki dan meningkatkan proses pembelajaran selanjutnya

4. Peran sebagai Komunikator

Mendidik anak usia dini membutuhkan perencanaan dan persiapan yang baik dari seorang pendidik, baik persiapan program secara tertulis, persiapan alat yang akan digunakan dalam proses pembelajaran,..silahkan baca selengkapnya Klik disini.

5. Peran sebagai Administrator

Perannya sebagai administrator merupakan tindak lanjut dari perencanaan pembelajaran yang dilakukan dengan menyusun program tahunan, bulanan, mingguan maupun harian yang di dalamnya sudah mencakup kegiatan yang akan dilakukan, strategi serta alat dan bahan yang dibutuhkan untuk kegiatan anak.