Media dan Sumber Belajar PAUD Berbasis Alam ~ Bahan Ajar



Media dan Sumber Belajar PAUD Berbasis Alam ~ Bahan Ajar. Pembelajaran PAUD berbasis alam dapat memanfaatkan media dan sumber belajar secara bervariasi serta mendukung kegiatan pembelajaran yang optimal dan kondusif.

Media dan sumber belajar PAUD akan membantu mendekatkan jarak pemahaman antara anak dan pendidik tentang suatu konsep dan proses yang dipelajari. Pendidik dapat menemukan dan mengembangkan media serta sumber belajar yang berbasis alam sekitar sehingga mendorong dan memudahkan anak untuk menemukan sendiri tentang konsep dan proses yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Media dan Sumber Belajar PAUD Berbasis Alam ~ Bahan Ajar

Media dan sumber belajar yang digunakan dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian utama, yaitu :

A. Lingkungan Alam

Lingkungan alam adalah objek-objek dan benda-benda yang ada di alam yang sudah tersedia yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Jenis-jenis sumber belajar meliputi :
1. Tanaman
2. Binatang
3. Hutan
4. Kebun
5. Kolam
6. dll



B. Lingkungan Fisik

Lingkungan fisik adalah objek yang terdapat di sekitar anak berupa bangunan atau benda yang dibuat/dibangun oleh masyarakat sekitar. Jenis-jenis sumber belajar meliputi :
1. Masjid
2. Kantor pos
3. Kantor Polisi
4. Perpustakaan
5. Rumah sakit
6. Supermarket
7. dll

Media dan Sumber Belajar PAUD Berbasis Alam ~ Bahan Ajar sekolah alam paud sekolah alam untuk paud kurikulum sekolah alam paud

C. Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial adalah objek, kegiatan, peristiwa yang terjadi di masyarakat/lingkungan sekitar yang dapat dijadikan sumber belajar. Jenis-jenis sumber belajar meliputi :
1. Tokoh Masyarakat
2. Pasar
3. Banjir
4. Kebakaran
5. Kultur/ budaya

Media Pembelajaran PAUD Berbasis Alam

Media pembelajaran yang dapat digunakan dalam memfasilitasi pembelajaran berbasis alam meliputi:

  1. Media Visual: yang hanya dapat dilihat melalui indera penglihatan, seperti media gambar.
  2. Media Audio: yang mengandung pesan auditif (hanya dapat didengar) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan pemahaman untuk mempelajari bahan ajar.
  3. Media Audio Visual: merupakan kombinasi audio dan visual yang biasa disebut media pandang dengar
  4. Media Objek: merupakan media tiga dimensi yang menyampaikan informasi tidak dalam bentuk penyajian melainkan melalui ciri fisik nya sendiri seperti: ukuran, bentuk, berat, susunan, warna, fungsi dsb. Media ini dapat dibagi dalam 2 kelompok: media objek alami dan media objek buatan
  5. Media Sederhana: media yang mudah dibuat dan mudah diperoleh bahan-bahannya.