Media dan Sumber Belajar PAUD Berbasis Alam ~ Bahan Ajar. Pembelajaran PAUD berbasis alam dapat memanfaatkan media dan sumber belajar secara bervariasi serta mendukung kegiatan pembelajaran yang optimal dan kondusif. Media dan sumber belajar PAUD akan membantu mendekatkan jarak pemahaman antara anak dan pendidik tentang suatu konsep dan proses yang dipelajari.



Apa Itu Bahan Ajar PAUD?

Bahan ajar atau perangkat ajar adalah materi pembelajaran untuk membahas satu pokok bahasan, dapat berupa cetak (artikel, komik, infografis) maupun noncetak (audio dan video) yang fungsi utamanya adalah mendukung pemahaman materi yang ada di dalam modul ajar. Bahan ajar dirancang untuk menjadi alat bantu dalam pembelajaran terkait topik atau materi tertentu.

Bahan Ajar juga dapat dikatakan sebagai material pendukung dari Modul Ajar yang didasarkan pada capaian dan tujuan pembelajaran spesifik.

Pendidik dapat menemukan dan mengembangkan media serta sumber belajar yang berbasis alam sekitar sehingga mendorong dan memudahkan anak untuk menemukan sendiri tentang konsep dan proses yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis-Jenis Bahan Ajar

  1. Referensi materi: Perangkat yang dirancang untuk membantu dalam penjelasan materi atau topik secara spesifik.
  2. Latihan/asesmen: Perangkat yang dirancang untuk membantu asesmen siswa, baik asesmen diagnostik, formatif, maupun sumatif.
  3. Instrumen Refleksi: Alat bantu untuk refleksi guru dan siswa setelah pembelajaran.
Baca Juga:  Bahan Ajar PAUD Tema Alat Transportasi Laut ~ Perahu

Contoh Bahan Ajar

Bahan ajar dapat berupa berupa cetak (artikel, komik, infografis) maupun noncetak (audio dan video). Contoh yang dilampirkan pada artikel ini adalah Buku Murid, Buku Guru, atau Video.

Media dan Sumber Belajar PAUD Berbasis Alam ~ Bahan Ajar

Media dan sumber belajar yang digunakan dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian utama, yaitu :

A. Lingkungan Alam

Lingkungan alam adalah objek-objek dan benda-benda yang ada di alam yang sudah tersedia yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar. Jenis-jenis sumber belajar meliputi :
1. Tanaman
2. Binatang
3. Hutan
4. Kebun
5. Kolam
6. dll



B. Lingkungan Fisik

Lingkungan fisik adalah objek yang terdapat di sekitar anak berupa bangunan atau benda yang dibuat/dibangun oleh masyarakat sekitar. Jenis-jenis sumber belajar meliputi :
1. Masjid
2. Kantor pos
3. Kantor Polisi
4. Perpustakaan
5. Rumah sakit
6. Supermarket
7. dll

C. Lingkungan Sosial

Lingkungan sosial adalah objek, kegiatan, peristiwa yang terjadi di masyarakat/lingkungan sekitar yang dapat dijadikan sumber belajar. Jenis-jenis sumber belajar meliputi :
1. Tokoh Masyarakat
2. Pasar
3. Banjir
4. Kebakaran
5. Kultur/ budaya

Media Pembelajaran PAUD Berbasis Alam

Media pembelajaran yang dapat digunakan dalam memfasilitasi pembelajaran berbasis alam meliputi:

  1. Media Visual: yang hanya dapat dilihat melalui indera penglihatan, seperti media gambar.
  2. Media Audio: yang mengandung pesan auditif (hanya dapat didengar) yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan pemahaman untuk mempelajari bahan ajar.
  3. Media Audio Visual: merupakan kombinasi audio dan visual yang biasa disebut media pandang dengar
  4. Media Objek: merupakan media tiga dimensi yang menyampaikan informasi tidak dalam bentuk penyajian melainkan melalui ciri fisik nya sendiri seperti: ukuran, bentuk, berat, susunan, warna, fungsi dsb. Media ini dapat dibagi dalam 2 kelompok: media objek alami dan media objek buatan
  5. Media Sederhana: media yang mudah dibuat dan mudah diperoleh bahan-bahannya.
Baca Juga:  Contoh & Perbedaan Modul Ajar, Modul Projek, Bahan Ajar

Jenis Bahan Ajar Berdasar Ketersediaan

Bahan ajar berdasarkan ketersediaannya terbagi ke dalam dua kelompok, yaitu:

1. Media Pembelajaran Siap Guna

  • Perangkat untuk menjelaskan materi atau membantu kegiatan di kelas yang dirancang agar siap digunakan oleh guru yang mengakses platform Merdeka Mengajar.
  • Perlu dilengkapi dengan Daftar Pustaka / Referensi yang digunakan selama merancang alat bantu penjelasan dalam bentuk apapun.
Sumber belajar paud yang siap pakai

2. Media Pembelajaran Karya Mandiri

Panduan untuk membuat media pembelajaran atau alat bantu ajar yang perlu dibuat secara mandiri oleh guru. Berisi alat dan bahan, tata cara, dan cara menggunakan media pembelajaran yang dapat membantu dalam pemahaman materi. Ini perlu dilengkapi dengan:

  • Alat dan bahan (atau sarana dan prasarana) untuk membuat media pembelajaran
  • Tata cara lengkap membuat media pembelajaran untuk memberikan guru arahan dalam membuat media
  • Cara penggunaan media dalam pembelajaran
  • Daftar pustaka / referensi dalam merancang media

Bahan ajar dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anak usia dini, seperti membaca, menulis, matematika, dan lain-lain. Bahan ajar juga dapat digunakan untuk membantu anak dalam belajar tentang lingkungan sekitar mereka, mengembangkan keterampilan sosial, dan untuk meningkatkan kemampuan berpikir.