Pendidikan Seni Bermain Musik Untuk Anak Usia Dini



Pendidikan Seni Bermain Musik Untuk Anak Usia Dini (PAUD) lengkap dengan contoh kegiatan bermain musik anak. Pengertian seni musik adalah kombinasi suara dan atau instrumen untuk mengkreasi melodi dan bunyi yang teratur.

Musik memiliki tujuan untuk memahami dan mengulang pola, menunjukkan kesadaran akan konsep dan urutan, memahami angka dan hitungan, menyimak dan membedakan suara, memahami instruksi lisan dan lain-lain.

Bermain musik serta mendengarkan musik merupakan salah satu kegiatan yang sangat digemari oleh anak-anak. Hampir setiap anak akan dengan mudah mengikuti kegiatan ini. Sering kita lihat seorang anak yang berhenti sejenak dengan kegiatannya hanya karena ada suara lagu di televisi kemudian ia fokus memperhatikan TV.

Ada pula anak-anak yang dengan asyiknya menyanyikan lagu-lagu yang sering ia dengar saat mereka sedang makan, mandi, menjelang tidur, ataupun bermain. Bagi anak, musik dapat menimbulkan rasa kebersamaan serta rasa gembira.



Menurut beberapa penelitian, musik sudah dapat distimulasikan sejak anak masih berada dalam kandungan, karena dianggap mampu menstimulasi kerja neuron-neuron pada otak anak.

Bagaimanapun, musik akan sangat membantu anak dalam melatih kemampuan menyimak, konsentrasi serta menambah pembendaharaan kosa katanya.

Pendidikan Seni Bermain Musik Untuk Anak Usia Dini

Kegiatan kreatif musik dapat berupa karakter seni musik untuk anak usia dini berikut ini:

  • Bernyanyi dengan bermacam ekspresi
  • Bersenandung tanpa mengurangi unsur musik: nada, irama dan temponya.
  • Membuat beragam yel-yel
  • Bermain syair: mengubah syair, mengikuti pola syair (o le,,le, o la..la..,bola..bola. bola)
  • Membuat pola tepuk yang variatif (disesuaikan tema ataupun tujuan)
  • Bermain jentik jari
  • Membuat alat musik ritmis dan alat musik melodis buatan dengan bahan-bahan yang ada di sekitar
  • Mengiringi lagu dengan alat musik buatan
  • Tebak lagu dengan instrumen atau senandung
  • Membuat permainan dengan menggunakan lagu
  • Bernyanyi dengan menggunakan jari-jari
  • Musik cepat-lambat atau mengubah tempo di mana saja
  • Mendengarkan musik sambil menggambar

Seni Bermain Musik anak adalah salah satu komponen pembelajaran seni untuk anak usia dini. Untuk selengkapnya komponen pembelajaran seni untuk anak Lihat Disini.

seni musik untuk anak seni musik untuk anak tk seni musik untuk anak usia dini seni musik untuk anak paud seni musik untuk anak sd seni musik untuk anak sekolah dasar pendidikan seni musik untuk anak usia dini pengertian seni musik untuk anak usia dini pendidikan seni musik untuk anak sd manfaat seni musik untuk anak usia dini makalah pendidikan seni musik untuk anak sd makalah seni musik untuk anak makalah seni musik untuk anak usia dini fungsi seni musik untuk anak sd manfaat seni musik untuk anak model pembelajaran seni musik untuk anak usia dini karakter seni musik untuk anak usia dini pentingnya pendidikan seni musik untuk anak usia dini makalah pendidikan seni musik untuk anak usia dini

Contoh Seni Bermain Musik Untuk Anak Usia Dini

Contoh kegiatan bermain musik dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan berikut ini :

a. Menyanyikan lagu-lagu anak

Pendidik mengajak anak menyanyikan lagu-lagu yang sesuai dengan tema-tema yang digunakan atau yang dekat dengan kehidupan sehari-hari mereka. Dalam hal ini pendidik dapat membuat atau mengkreasikan lagu baru ciptaannya sendiri. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan atau tanpa alat musik pengiring.

b. Bermain Tepuk

Kegiatan bermain tepuk merupakan salah satu kegiatan yang juga sangat digemari anak selain bernyanyi. Anak akan dikenalkan berbagai pola tepuk yang disesuaikan dengan tema-tema. Gerak dan ekspresi sangat memberi pengaruh dalam kegiatan ini. Pendidik juga dapat berkreasi membuat berbagai permainan tepuk yang memotivasi, mengenalkan sebuah konsep, atau melatih konsentrasi anak.

c. Tebak nada dan lagu

Dalam kegiatan ini, pendidik dapat melakukannya dengan bantuan alat musik ataupun dengan bersenandung tanpa syair. Kemudian anak diminta menebak lagu berdasarkan bunyi solmisasi dari alat musik tersebut atau nada yang dimunculkan dari suara senandung guru.

d. Bermain alat musik buatan

Ada beberapa jenis alat musik yang bisa dipelajari atau dilatihkan kepada anak. Alat musik juga ada yang berupa alat musik permanen maupun alat musik buatan di mana bahannya dapat diperoleh di sekitar anak. Agar lebih menarik, alat-alat itu kemudian dihiasi dengan berbagai macam hiasan.

e. Gerak dan Lagu

Secara umum ada dua jenis tarian dalam kegiatan seni itu sendiri. Pertama,kegiatan tari daerah. Kemudian dilanjutkan dengan menari modern. Sebelum anak diajarkan tari, biasanya anak akan diajak bergerak bebas mengikuti irama musik. Kemudian mereka mulai dikenalkan dengan kegiatan gerak tari yang berpola dan menggunakan beberapa formasi.