Macam-Macam Sarana Bermain Dalam Ruangan (Indoor)



Jenis APE Dalam Ruangan. Macam-Macam Sarana Bermain di Dalam Ruangan (Indoor) –APE Dalam Ruangan. Sarana bermain di dalam ruangan beragam jenis, bentuk, dan  bahannya (buatan atau alam). Untuk membantu mengembangkan 6 aspek perkembangan anak, dilakukan melalui kegiatan sensori motor, main peran dan main pembangunan.

Setiap benda yang digunakan anak didik adalah alat stimulasi. Benda yang sama dapat digunakan oleh anak didik yang berbeda dengan maksud yang berbeda dan tujuan serta manfaat yang berbeda pula.

Benda-benda ini tergantung dari usia anak didik yang memainkannya, dukungan/fasilitasi dari orang dewasa yang ada di dekatnya, juga bahan/material dari benda itu sendiri serta cara menata atau meletakkan benda-benda tersebut.

Perbedaan usia anak didik akan mempengaruhi cara anak didik memainkan suatu benda. Sebagai contoh, sebuah bola dari bahan karet oleh anak didik usia 1 tahun akan disentuh-sentuh permukaannya dan ditepuk-tepuk.



Oleh anak didik usia 2 tahun, mungkin bola itu tidak hanya disentuh atau ditepuk, tetapi dicoba untuk digelindingkan sambil diamati pergerakannya. Bagi anak didik usia 3 tahun, bola ini mulai diambil dan dibuang atau dilemparnya pada jarak tertentu.

Sementara anak didik usia 4 tahun mencoba melempar, menendang atau memasukkan ke suatu tujuan tertentu. Anak didik usia 5 tahun dapat menggunakan bola sebagai alat untuk bermain kerjasama secara sederhana, sedangkan usia 6 tahun akan menggunakannya untuk permainan-permainan yang lebih kompleks.

Macam-Macam Sarana Bermain Dalam Ruangan (Indoor)

Jenis-Jenis Sarana Bermain Dalam Ruangan (Indoor)

Satana bermain anak di dalam ruangan dikategorikan ke dalam 3 jenis sarana main, yakni main sensorimotor, main peran, dan main pembangunan. Adapun penjelasan masing-masing sarana bermain dalam ruangan adalah sebagai berikut :

  1. Main sensorimotor adalah permainan yang memfungsikan kelima panca indera anak didik seperti perabaan, pengecapan, pendengaran, penglihatan, dan penciuman. Untuk contoh APE Dalam Ruangan (Indoor) Sensorimotor Klik Disini
  2. Main peran atau main simbolik adalah permainan yang meningkatkan kemampuan anak didik untuk berimajinasi, berinteraksi sosial dan mengekspresikan pengalamannya dalam main peran mikro dan makro. Contoh APE Dalam (Indoor) Main Peran/ Main Simbolik Klik Disini
  3. Main pembangunan  adalah  permainan yang mendukung anak didik untuk mengembangkan dan mewujudkan gagasan/ide yang ada dalam pikirannya menjadi hasil karya. Contoh APE Dalam (Indoor) Main Pembangunan Klik Disini.