Contoh RKH Sentra Bermain Drama PAUD Tema Binatang



Contoh RKH Sentra Bermain Drama PAUD Tema Binatang. Download contoh RKH sentra bermain drama format doc yang dapat di edit disini.

Pengertian Rencana Kegiatan Harian (RKH) adalah adalah unit perencanaan terkecil dibuat untuk digunakan dan memandu kegiatan dalam satu hari.

RKH juga disebut dengan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) yang disusun berdasarkan RKM yang berisi kegiatan–kegiatan yang dipilih dari indikator yang direncanakan untuk satu hari sesuai dengan tema  dan sub tema.

Penulisan RKH disesuaikan dengan model atau pendekatan pembelajaran yang telah ditentukan atau dipilih serta disesuaikan dengan jenis Kegiatan atau Metode/Strategi, pada saat pembuatan rencana kegiatan mingguan.



Perlu diketahui bahwa model pembelajaran PAUD Inovatif ada 4 yaitu pendekatan kelompok, sudut, area, dan sentra. Contoh RKM RKH PAUD yang banyak beredar adalah contoh untuk pendekatan kelompok karena model pembelajaran ini banyak digunakan di PAUD.

Contoh RKH Sentra Bermain Drama PAUD Tema Binatang

Link tautan download disediakan di akhir tulisan ini. Untuk tampilan atau preview dokumen sama seperti preview dokumen ini.

Contoh RKH Sentra Bermain Drama PAUD Tema Binatang

RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA BERMAIN DRAMA
TK PAUD JATENG KOTA SEMARANG

Hari/tanggal  : …………., ……… 200…

Kelompok Usia : 4 -5 tahun Tema : Binatang
Jumlah Anak : 10 anak Sub Tema : Binatang buas

WAKTU KEGIATAN
07.00 – 07.10 Berbaris dan masuk kelas

07.10 – 07.30 Berdoa dan bercerita tentang binatang buas
ciptaan  Tuhan yang perlu makanan dan minuman agar tetap hidup.
           
Kegiatan jasmani : bermain “berjalan-jalan di hutan”,  sambil bergerak menirukan gerakan binatang.

Lagu :  Kita berjalan-jalan di dalam hutan
         Dan melihat seekor binatang jalan.
            Binatang apakah itu -2x
          Binatang ……(harimau, ular, singa) yang berjalan
                Beginilah jalannya-6x (menirukan gerakan binatang)

07.30 – 09.20 KEGIATAN INTI

* Pijakan lingkungan

Setting : keluarga dan kebun binatang (loket, binatang-binatang dalam kandang, cafeteria)
Peran :

  • ~  Ibu                     : 1 anak
  • ~  Ayah                   : 1 anak
  • ~  Anak                   : 2 anak
  • ~  Penjaga cafeteria  : 1 anak
  • ~  Penjual tiket         : 1 anak
  • ~  Harimau               : 2 anak
  • ~  Beruang               : 2 anak
  • ~  Singa                   : 1 anak

* Pijakan sebelum bermain

  • Bercerita tentang : Penjaga Hutan (Zoo Keeper)
  • Kosakata : pawang, kandang, karnivora
  • Gagasan menggunakan bahan : menjelaskan cara bermain / alur cerita dari peran yang ada.
  • Mendiskusikan aturan main
  • 1. Bermain sesuai peran
  • 2. Berbagi alat main dengan teman
  • 3. Membereskan mainan setelah selesai bermain
  • Merancang transisi urutan main 2 variabel : Anak laki-laki/ perempuan yang berperan sebagai …..boleh menyiapkan alat main terlebih dahulu.

* Pijakan saat main :

  • Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
  • Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
  • Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
  • Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif

* Pijakan setelah main

  • Mempersilakan anak mengembalikan mainan ke tempat semula
  • Mengulas kembali kegiatan main
  • Berbagi cerita
  • Memperkuat perilaku anak yang positif

09.20 – 09.45 Makan bekal dan pulang
Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.