Contoh RKH Sentra Balok PAUD – RKH Tema Binatang



Contoh RKH Sentra Balok PAUD – RKH Tema Binatang. Download RKH sentra Balok tema Binatang format doc yang dapat di edit disini.

Pengertian Rencana Kegiatan Harian (RKH) adalah adalah unit perencanaan terkecil dibuat untuk digunakan dan memandu kegiatan dalam satu hari.

RKH juga disebut dengan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) yang disusun berdasarkan RKM yang berisi kegiatan–kegiatan yang dipilih dari indikator yang direncanakan untuk satu hari sesuai dengan tema  dan sub tema.

Penulisan RKH disesuaikan dengan model atau pendekatan pembelajaran yang telah ditentukan atau dipilih serta disesuaikan dengan jenis Kegiatan atau Metode/Strategi, pada saat pembuatan rencana kegiatan mingguan.



Perlu diketahui bahwa model pembelajaran PAUD Inovatif ada 4 yaitu pendekatan kelompok, sudut, area, dan sentra. Contoh RKM RKH PAUD yang banyak beredar adalah contoh untuk pendekatan kelompok karena model pembelajaran ini banyak digunakan di PAUD.

Contoh RKH Sentra Balok PAUD – RKH Tema Binatang

Download RKH Sentra Balok Tema Binatang melalui link tautan yang diberikan di akhir tulisan ini. Untuk preview atau tampilan dokumen bisa dilihat disini

rkh sentra balok rkh sentra balok tema binatang rkh sentra seni dan kreatifitas rkh sentra persiapan tema rekreasi rkh paud sentra balok contoh rkh sentra balok di tk rkh sentra persiapan rkh sentra bahan alam rkh sentra seni rkh sentra persiapan tema binatang rkh sentra seni tema binatang rkh sentra persiapan paud contoh rkh sentra balok rkh sentra persiapan tema tanaman rkh di sentra balok rkh sentra persiapan tema aku rkh sentra bahan alam tema binatang

RENCANA KEGIATAN HARIAN
SENTRA BALOK
TK PAUD JATENG KOTA SEMARANG

Hari/tanggal  : …………., ……… 200…

Kelompok Usia : 4 -5 tahun Tema : Binatang
Jumlah Anak : 10 anak Sub Tema : Binatang buas

WAKTU KEGIATAN
07.00 – 07.10 Berbaris dan masuk kelas

07.10 – 07.30 Berdoa dan bercerita tentang binatang buas perlu tempat tinggal.

Kegiatan jasmani :
bermain “berjalan-jalan di hutan” sambil   bergerak menirukan gerakan binatang.
           
Lagu : Kita berjalan-jalan di dalam hutan
          Dan melihat seekor binatang jalan.
           Binatang apakah itu -2x
           Binatang ……(harimau, ular, singa) yang berjalan
           Beginilah jalannya-6x (menirukan gerakan binatang)

07.30 – 09.20 KEGIATAN INTI

* Pijakan lingkungan

– Bangunan yang ditawarkan : kebun binatang, hutan, kandang hewan buas, klinik binatang.
– Kelompok main :

  • Kelompok I       2 anak (kebun binatang)
  • Kelompok II      2 anak (kandang harimau)
  • Kelompok III     3 anak (kandang ular)
  • Kelompok IV     3 anak (klinik hewan)

* Pijakan sebelum bermain

  • Bercerita tentang : binatang buas
  • Kosakata : hutan, kandang, klinik hewan.
  • Gagasan menggunakan bahan : memberi gagasan tentang bangunan yang akan dibuat.
  • Mendiskusikan pembagian kelompok.
  • Aturan main :
  • 1. Membangun di atas alas
  • 2. Membangun jauh dari rak balok
  • 3. Mengucapkan permisi jika melewati bangunan teman
  • Merancang transisi urutan main 2 variabel : kelompok yang terdiri dari ….. anak yang akan membangun …. boleh bermain terlebih dahulu.

* Pijakan saat main :

  • Mengobservasi dan mendokumentasikan perilaku bermain anak
  • Memperluas bahasa anak dengan menanyakan beberapa hal tentang kegiatan main yang sedang dilakukan
  • Mendukung dan mempertinggi kemampuan anak secara individu melalui pertanyaan-pertanyaan dari bangunan anak.
  • Memberi motivasi / dorongan terutama pada anak yang cenderung pasif.

* Pijakan setelah main

  • Mempersilakan anak mengembalikan balok dan asesoris ke tempat semula
  • Mengulas kembali kegiatan main dan berbagi cerita.
  • Memperkuat perilaku anak yang positif

09.20 – 09.45 Makan bekal dan pulang
Pesan-pesan untuk kegiatan esok hari.