Pengertian APE PAUD (Alat Permainan Edukatif) Para Ahli



Pengertian APE PAUD (Alat Permainan Edukatif) Menurut Para Ahli –Definisi Alat Permainan Edukatif (APE) adalah alat permainan yang sengaja dirancang secara khusus untuk kepentingan pendidikan (Mayke Sugianto, 1995).

Pengertian alat permainan edukatif tersebut menunjukkan bahwa pada pengembangan dan pemanfaatannya tidak semua alat permainan yang digunakan anak di TK itu dirancang secara khusus untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak.

Sebagai contoh bola sepak yang dibuat dari plastik yang dibeli langsung dari toko mainan. Dalam hal ukurannya seringkali susah untuk dipegang secara nyaman oleh anak, jika mau saling melempar dengan teman-temannya akan terasa sakit di telapak tangan. Warnanya pun sering kali menggunakan satu warna saja sehingga tidak menarik bagi anak karena anak biasanya menyenangi benda- benda yang berwarna-warni.

Alat permainan edukatif merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam pembelajaran anak di PAUD (TK KB TPA SPS). Ketersediaan alat permainan tersebut   sangat menunjang terselenggaranya pembelajaran anak secara efektif dan menyenangkan sehingga anak-anak dapat mengembangkan berbagai potensi yang dimilikinya secara optimal.



Pengertian APE PAUD (Alat Permainan Edukatif) Menurut Direktorat PAUD

Tidak terlalu jauh berbeda dengan pengertian atau definisi alat permainan edukatif di atas, Direktorat PADU, Depdiknas (2003) mendefinisikan alat permainan edukatif sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai  edukatif (pendidikan) dan dapat mengembangkan seluruh kemampuan anak.

Apabila kita menelaah pengertian tersebut, tampak rumusannya tidak terlalu jauh berbeda dengan pengertian sebelumnya.

Pengertian APE PAUD (Alat Permainan Edukatif) Para Ahli pengertian ape paud pengertian ape (alat permainan edukatif) pengertian ape untuk anak usia dini pengertian ape untuk anak tk pengertian ape menurut para ahli pengertian ape anak usia dini pengertian ape bahan alam pengertian ape balok

Kedua pengertian tersebut menggarisbawahi bahwa perbedaan antara alat permainan yang biasa dengan alat permainan edukatif adalah bahwa pada alat permainan edukatif terdapat unsur perencanaan pembuatan secara mendalam dengan mempertimbangkan karakterisitk anak dan mengaitkannya pada pengembangan berbagai aspek perkembangan anak.

Sedangkan alat permainan biasa dibuat dengan tujuan yang berbeda,  mungkin saja  hanya  dalam rangka memenuhi kepentingan bisnis  semata tanpa adanya kajian secara mendalam tentang aspek-aspek perkembangan anak apa saja yang dapat dikembangkan melalui alat permainan tersebut.

Untuk dapat melihat dan memahami secara lebih mendalam mengenai apakah suatu alat permainan dapat dikategorikan sebagai alat permainan edukatif untuk anak TK atau tidak, terdapat beberapa ciri yang harus dipenuhinya yaitu:

  1. alat permainan tersebut ditujukan untuk anak PAUD
  2. difungsikan untuk mengembangkan berbagai perkembangan anak PAUD
  3. dapat  digunakan  dengan  berbagai  cara,  bentuk,  dan  untuk  bermacam  tujuan  aspek pengembangan atau bermanfaat multiguna
  4. aman atau tidak berbahaya bagi anak
  5. dirancang untuk mendorong aktifitas dan kreatifitas anak
  6. bersifat konstruktif atau ada sesuatu yang dihasilkan
  7. mengandung nilai pendidikan