Download Kurikulum PAUD 2013 PPT ~ Pengantar K13 PAUD



Download Kurikulum PAUD 2013 PPT ~ Pengantar K13 PAUD oleh Dra. Enah Suminah, M.Pd (Kasubdit Pembelajaran dan Peserta Didik, Dit. Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini) merupakan sebuah pengantar untuk Kurikulum 2013 PAUD dalam bentuk presentasi powerpoint.

Pengertian Kurikulum UU No. 20/2003 bahwa Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Sedangkan Pengertian Kompetensi Menurut PP 32/2013 menjelaskan bahwa Kompetensi adalah seperangkat sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki, dihayati, dan dikuasai oleh Peserta Didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran, menamatkan suatu program, atau menyelesaikan satuan pendidikan tertentu.

Rumusan Kompetensi PAUD

  1. Sikap : Menerima ajaran agama yang dianutnya. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, rendah hati dan santun dalam berinteraksi dengan keluarga, pendidik dan/atau pengasuh, dan teman
  2. Pengetahuan : Mengenali diri, keluarga, teman, pendidik dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mendengar, menghidu, merasa, meraba); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan,dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain
  3. Keterampilan : Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan,dan dipikirkan melalui bahasa, musik, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku anak berakhlak mulia

Rangkuman Elemen Perubahan Kurikulum 2013

  1. Kompetensi: Keterpaduan Sikap, Pengetahuan, Ketrampilan
  2. Isi: Berpikir tingkat tinggi, Terpadu, Kontekstual
  3. Penilaian/Pemantauan: Otentik (pengamatan, pada saat kejadian, alamiah)
  4. Proses: Kreatif, Kritis, Melibatkan orangtua, Melakukan, Bervariasi  

Penyempurnaan Pola Pikir Kurikulum 2013 PAUD

Pola pikir kurikulum 2013 PAUD dapat dilihat melalui skema berikut ini :



kurikulum paud 2013 ppt kurikulum paud 2013 pdf kurikulum paud depdiknas

Rancangan Kurikulum 2013 Secara Utuh

Rancangan Kurikulum 2013 PAUD Secara Utuh

Melalui PAUD, pada saat anak menyerap segala macam, pikirannya tumbuh paling cepat, mereka dikenalkan: huruf, bilangan, bangun. Mereka juga dididik: menyusun pertanyaan, menjawab pertanyaan, menceritakan pengalaman, menemukan pola, menyanyi, menjiplak patung, membuat menara, dan bermain secara akrab dengan anak-anak lain, dengan didampingi guru yang memberikan arahan sehingga hasilnya makin baik.

PAUD menggabungkan anak-anak dari bermacam-macam latar belakang sosial, ekonomi, bahkan yang berkebutuhan khusus sehingga mereka bisa belajar bareng dan semuanya bisa meningkat berbarengan. Tidak ada pembedaan strata yang cenderung akan menyebabkan terjadinya kesenjangan masif.
PAUD bermutu dijalankan oleh guru terdidik yang kompeten, bukan pengasuh bayi.