7 Permainan Anak Usia Dini PAUD pada Area Tanah / Air



7 Permainan Anak Usia Dini PAUD pada Area Tanah / Air. Jika bermain pasir dan air dimasukkan ke dalam salah satu tempat di dalam kelas, kita dapat menggunakan pasir dan air menjadi salah satu area yang menarik untuk beraktifitas dengan anak-anak. Ini berhubungan earat dengan science atau area IPA. Beberapa aktifitas science yang berhubungan dengan area pasir dan air adalah:

7 Contoh Kegiatan Bermain Anak Usia Dini PAUD pada Area Tanah / Air

1. Bagaimana air dapat berubah?
Untuk percobaan ini, sediakan beberapa bahan seperti tinta, garam, kertas, pasir, spons, dll. Gunakan pipet tetes untuk membasahi bahan-bahan tersebut diatas. Ketika bahan-bahan tersebut menjadi basah, beri pertanyaan yang mendorong anak-anak untuk menggambarkan apa yang mereka lihat dan apa yang mereka pikirkan tentang peristiwa yang terjadi:

  • Adakah perubahan warna yang terjadi ketika kamu menambahkan air ada bahan-bahan tersebut di atas?
  • Adakah perubahan bentuk yang terjadi ketika air ditambahakan pada bahan-bahan tersebut di atas?
  • Apakah kelihatan berbeda pada tinta dalam keadaan basah dan tinta yang dalam keadaan kering?
  • Apa yang akan terjadi jika ditambahkan air pada segelas jus jeruk?

Kita dapat mendiskusikannya dengan anak-anak tentang apa yang akan terjadi jika setiap bahan-bahan tersebut di atas diberi air.

2. Mengapungkan Benda
Untuk kegiatan ini, kumpulkan beberapa benda yang dapat mengapung (sepotong kayu, botol plastik, daun) dan juga beberapa benda yang tidak dapat mengapung (paku, batu, tanah liat). Minta anak untuk memasukkan semua bahan tersebut di atas ke dalam air. Dan berikan pertanyaan:



  • Apa yang terjadi dengan benda yang mengapung di permukaan air?
  • Apa yang terjadi dengan benda yang mengapung seperti kayu dengan benda yang tenggelam seperti batu dilihat dari beratnya?

3. Mengamati / Observasi Pasir
Menggunakan kaca pembesar anak dapat mempelajari dan membandingkan berbagai macam type pasir. Anak dapat membedakan perbedaan bagaimana ketika mereka melihat pasir dengan menggunakan mikroskop atau dengan mata telanjang.
Beberapa pertanyaan yang dapat diajukan untuk anak-anak dalam observasi ini:

  • Kelihatan seperti apa pasir tersebut?
  • Apa rasa pasir?
  • Apa yang kamu rasakan ketika melihat sesuatu lewat mikroskop?
  • Apakah pasir yang kamu lihat dengan menggunakan mikroskop tampak berbeda apabila kamu melihatnya dengan mata telanjang?
kegiatan anak playgroup kegiatan anak 2 tahun kegiatan anak umur 3 tahun kegiatan anak usia 2 tahun kegiatan anak usia dini kegiatan anak liburan sekolah kegiatan anak 2 tahun di rumah kegiatan anak sekolah minggu

4. Membandingkan Beberapa Tipe Pasir yang Berbeda
Pasir halus, pasir kasar, dan pasir kotor mempunyai sifat yang berbeda. Pasir halus baik digunakan untuk membangun tembok hias. Pasir kotor mempunyai butiran yang kecil, tetapi air tidak mudah larut didalamnya. Anak harus melakukan percobaan dengan tiap tipe pasir yang ada, pertama dengan pasir kering kemudian dengan pasir basah yang dengannya mereka dapat membuat sebuah bangunan. Pertanyaan yang dapat diajukan kepada anak-anak melalui observasi ini adalah:

  • Jenis pasir yang mana yang mudah basah?
  • Jenis pasir yang mana yang paling baik digunakan untuk membuat bangunan?
  • Jenis pasir yang mana yang paling lembut ketika disentuh?
  • Jenis pasir yang mana yang paling baik digunakan jika kamu ingin membangun sebuah istana?

5. Cooking (2-3 tahun)
Ajak anak dalam aktivitas-aktivitas seperti mencampur ini itu. Setelah biasa bisa diajak untuk membuat kue kering dll. Banyak yang bisa dipelajari dari keterlibatan anak di dapur seperti belajar tentang benda apa yang bisa larut dalam air, bagaimana benda berubah karena dingin atau panas.

6. Floating and Sinking (3-4 tahun)
Bisa dilakukan di dapur: mana buah/sayur yang mengapung dan mana buah/sayur yang tenggela. Atau bisa dilakukan di kamar mandi: mana benda yang mengapung dan mana benda yang tenggelam.

7. Food Groups Game (3-6 tahun)
Sediakan kertas besar dan gambar dari berbagai makanan (bisa digunting dari majalah-majalah). Bagi kertas besar menjadi 7 bagian: buah dan sayuran, daging, susu, karbohidrat, kacang-kacangan, lemak, gula. Minta anak menempelkan gambar makanan di bidang yang tepat. Game ini untuk memperkenalkan kebiasaan makan yang baik dan supaya anak aware atas apa yang dimakannya sehari-hari.