Sambutan TOT Peningkatan Pengembangan Sarpras PAUD



Sambutan TOT Peningkatan Pengembangan Sarpras PAUD. Prasarana pendidikan anak usia dini adalah segala macam alat, perlengkapan, atau benda-benda yang mendukung penyelenggaraan kegiatan pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak usia dini secara optimal.

Sarana PAUD meliputi alat peraga, alat bermain di dalam maupun di luar kelas, bahan cetak, elektronik dan lingkungan. Prasarana meliputi lahan (tanah, halaman), bangunan dan perabot.

Setiap benda yang digunakan anak didik adalah alat stimulasi. Benda yang sama dapat digunakan oleh anak didik yang berbeda dengan maksud yang berbeda dan tujuan serta manfaat yang berbeda pula. Benda-benda ini tergantung dari usia anak didik yang memainkannya, dukungan/fasilitasi dari orang dewasa yang ada di dekatnya, juga bahan/material dari benda itu sendiri serta cara menata atau meletakkan benda-benda tersebut.

Perbedaan usia anak didik akan mempengaruhi cara anak didik memainkan suatu benda. Sebagai contoh, sebuah bola dari bahan karet oleh anak didik usia 1 tahun akan disentuh-sentuh permukaannya dan ditepuk-tepuk.  Oleh anak didik usia 2 tahun, mungkin bola itu tidak hanya disentuh atau ditepuk, tetapi dicoba untuk digelindingkan sambil diamati pergerakannya.



Bagi anak didik usia 3 tahun, bola ini mulai diambil dan dibuang atau dilemparnya pada jarak tertentu. Sementara anak didik usia 4 tahun mencoba melempar, menendang atau memasukkan ke suatu tujuan tertentu. Anak didik usia 5 tahun dapat menggunakan bola sebagai alat untuk bermain kerjasama secara sederhana, sedangkan usia 6 tahun akan menggunakannya untuk permainan-permainan yang lebih kompleks.

Beragamnya benda yang ada di lingkungan anak didik perlu dikelola sedemikian rupa sehingga menarik bagi anak didik dan mampu bermanfaat bagi anak didik.

Sambutan TOT Peningkatan Pengembangan Sarpras PAUD

Sambutan TOT Peningkatan Pengembangan Sarpras PAUD

Pembangunan Pendidikan Nasional di Indonesia didasarkan pada paradigma membangun manusia Indonesia seutuhnya untuk mengaktualisasikan potensi kemanusiaan secara optimal, baik dimensi afektif dan kognitif maupun prikomotorik.

Program PAUD sebagai satu kesatuan sistem Pendidikan Nasional, memiliki peran penting dan strategis dalam meletakkan dasar pendidikan bagi suksesnya SDM pada masa mendatang, karena merupakan tahap awal proses pendidikan yang diselenggarakan secara terstruktur dalam upaya pembentukan bangsa yang unggulan sehingga dapat mandiri dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain di era globalisasi.

Secara bertahap, dukungan anggaran melalui APBD Jateng terhadap Pengembangan Program PAUD terus ditingkatkan dari tahun ke tahun. Namun sebenarnya yang akan dicapai Jateng bukan hanya dukungan dana semata dan memasyarakatkan pentingnya PAUD saja, melainkan bagaimana mempersiapkan SDM YANG UNGGUL dengan proses dan program pembelajaran yang benar-benar sesuai prinsip-prinsip PAUD. Sehingga pada masa mendatang dapat dihasilkan generasi yang tangguh dan siap menghadapi era globalisasi serta diperhitungkan oleh negara lain.

Oleh karena itu, kami menilai bahwa kunci yang paling utama dalam proses dan program pembelajaran adalah kualitas Pendidik dan Pengelola di Satuan/Lembaga PAUD (baik TK, KB, TPA dan SPS). Bagaimana mungkin hasil program PAUD dapat berkualitas, kalau Pendidik dan Pengelolanya masih biasa-biasa saja dan tidak mau berubah ?

Sehubungan dengan hal tersebut, maka upaya yang strategis dalam meningkatkan mutu adalah dengan cara mengadakan Training of Trainer (TOT). Mudah-mudahan melalui pola TOT ini, dapat meningkatkan motivasi kepada Pendidik/Pengelola Lembaga PAUD untuk semakin membangkitkan semangat dengan cara pembelajaran yang mencer-daskan dan menyenangkan kepada anak usia dini.

Melalui kesempatan TOT Peningkatan Pengembangan Sarpras ini, kami berharap materi-materi yang disampaikan benar-benar diterapkan dan dapat  bermanfaat bagi perkembangan PAUD di Indoenesia.

Sesuai hasil yang diharapkan yakni termotivasinya peserta dalam mengembangkan dan meningkatkan kreativitas melalui alat permainan edukatif (APE) PAUD; dan juga dimilikinya pengetahuan, sikap, dan ketrampilan dalam mengelola dan mengembangkan APE sebagai sarana prasarana dalam pembelajaran anak usia dini.

Bapak/Ibu yang berbahagia;
Akhirnya dengan mengucapkan Bismillaa-hirrohmaanirrohiim, Kegiatan TOT Peningkatan Pengembangan Sarpras PAUD Tahun ini secara resmi saya nyatakan DIBUKA, semoga Allah SWT meridhoi segala usaha kita. Aamiin.