Contoh Samb Sosialisasi Model Parenting Education PAUD



Contoh Sambutan Sosialisasi Model Parenting Education PAUD. Parenting Education PAUD, Model Pendidikan Keluarga untuk Anak Usia Dini adalah sebuah program PAUD yang mencoba membangun kesadaran orang tua tentang pentingnya pendidikan anak usia dini. Selanjutnya setelah orang tua sadar akan pentingnya pendidikan anak usia dini, maka melalui program parenting education ini, orang tua akan dibekali ketrampilan dasar dan aplikatif stimulasi tumbuh kembang anak berbasis aktivitas keseharian di keluarga.

Sasaran utama dari program ini adalah anak-anak yang belum mendapatkan layanan PAUD melalui pendidikan formal maupun non formal. Berdasarkan data Direktorat PAUDNI, angka partisipasi PAUD tingkat nasional baru mencapai 60%. Artinya, sekitar 40% anak usia dini di Indonesia, belum mendapatkan layanan PAUD yang baik.

Selanjutnya, setelah sasaran ditentukan, langkah yang dilakukan adalah rekrutmen volunteer parenting education. Syarat utama dari volunter ini adalah memiliki modal dasar tentang kePUAUD-an. Para volunter kemudian didiklat dan disiapkan untuk pendampingan orang tua. Setelah siap, maka para volunter diterjunkan ke lapangan untuk pendampingan kepada orang tua. Bentuk pendampingan bisa berupa diskusi kelompok, maupun kunjungan ke rumah untuk melihat kondisi nyata pendidikan anak dalam keluarga.

Contoh Sambutan Sosialisasi Model Parenting Education PAUD



Contoh Sambutan Sosialisasi Model Parenting Education PAUD

Berkembangnya lembaga PAUD dalam berbagai bentuk layanan PAUD seperti: Taman Kanak-Kanak (TK), Taman Penitipan Anak (TPA), Kelompok Bermain (KB), dan Satuan PAUD Sejenis (SPS) menunjukkan semakin meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan yang sesuai tahap perkembangan sejak  usia  dini.  Namun  demikian  lembaga  PAUD  yang  demikian pesat pertumbuhannya tidak dapat menggantikan peran pendidikan di dalam keluarga.

Pendidikan merupakan tanggungjawab bersama antara keluarga, masyarakat dan pemerintah.   Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama dan utama bagi anak. Di dalam keluarga anak belajar sejak dalam kandungan hingga perjalanan usia anak memasuki rumah tangga sendiri. Oleh karena itu, keluarga memiliki peran yang sangat mendasar dalam mengoptimalkan semua potensi anak.

Keluarga sebagai lembaga pendidikan informal dilindungi dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Menurut Ki Hadjar Dewantara, “Keluarga adalah Lingkungan Pendidikan yang Pertama dan Utama”. Dengan demikian, peran keluarga dalam hal pendidikan bagi anak, tidak dapat tergantikan sekalipun anak telah dididik di lembaga PAUD. Untuk itu, keluarga harus memiliki kemampuan dalam melaksanakan  proses  peningkatan gizi dan kesehatan, perawatan, pengasuhan, pendidikan dan perlindungan.

Kenyataan yang dijumpai di masyarakat, masih banyak keluarga yang belum memahami peran penting tersebut. Oleh karena itu, diperlukan adanya kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan keluarga agar mereka dapat memberikan  dukungan  kepada  anak  usia  dini  secara  lebih optimal.

Keselarasan  pendidikan   yang   dilaksanakan   di   lembaga PAUD dan di rumah  diakui oleh  para ahli  pendidikan sebagai salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan anak secara menyeluruh. Oleh karena itu penting kiranya lembaga PAUD memfasilitasi penyelenggaraan Program PAUD Berbasis Keluarga sebagai upaya keselarasan dan keberlanjutan antara pendidikan yang dilakukan di lembaga dan pendidikan yang dilakukan di rumah.

Bapak dan Ibu yang saya hormati,
Memahami pentingnya kesesuaian program pengasuhan anak di rumah dan kegiatan pembelajaran di lembaga PAUD, maka diharapkan setiap lembaga PAUD memfasilitasi dengan penyelenggaraan program pendidikan keorangtuaan (parenting) atau PAUD Berbasis Keluarga merupakan pemberdayaan untuk  memperkuat  peran keluarga sebagai lingkungan yang paling berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan  anak.  Untuk  keperluan  tersebut kami menyelenggarakan kegiatan ini.

Saya berharap penyelenggaraan Parenting Education PAUD itu sendiri dapat bermanfaat bagi para orangtua/ keluarga  sebagai  pendidik  pertama  dan  utama serta bagi pengelola PAUD dan lembaga terkait lainnya dalam rangka menyelaraskan antara pendidikan yang dilakukan di lembaga PAUD dengan pendidikan di rumah sehingga  pertumbuhan dan perkembangan anak dapat tercapai secara optimal.

Bapak dan Ibu serta  Hadirin yang berbahagia,
Demikian beberapa hal yang dapat saya disampaikan dan selamat mengikuti kegiatan ini,  semoga semua yang kita lakukan bermanfaat dan tidak ada masalah-masalah yang merugikan berbagai pihak. Maka dengan mengucap : “Bismillahirrohmannirrochim”, Sosialisasi Model Parenting Education PAUD ini, secara resmi saya nyatakan  DIBUKA. Sekian. Terima kasih atas perhatian Saudara.