Contoh Sambutan Workshop Pengembangan APE PAUD



Contoh Sambutan Kegiatan Workshop Pengembangan APE PAUD. Alat Permaninan Edukatif (APE) adalah Segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sarana/ media untuk bermain yang mengandung nilai pendidikan (edukatif) dan dapat mengembangkan seluruh kemampuan anak.

APE juga Alat yang dirancang sebagai sarana untuk bermain yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak usia dini, sehingga dapat mengembangkan potensi perkembangan anak. Contoh sambutan dinas terkati dalam kegiatan pengembangan APE PAUD adalah :

Contoh Sambutan Kegiatan Workshop Pengembangan APE PAUD

Pendidikan anak usia dini merupakan fondasi bagi dasar perkembangan anak. Anak yang mendapat, bimbingan , pembinaan dan rangsangan sejak dini akan meningkatkan kesehatan, perkembangan fisik dan mental yang akan berdampak pada kesiapan belajar  pada akhirnya anak akan lebih mampu untuk mandiri dan mengoptimalkan potensi yang sudah dimilikinya.

Oleh karena itu strategi dan metode pengajaran yang diterapkan harus sesuai dengan kehkasan anak yaitu dengan strategi Bermain Sambil Belajar atau belajar seraya bermain. Dimana anak dalam mengikuti proses kegiatan belajar melalui pengalamanya yaitu dari segala yang dilihat, dirasakan,  dan didengar.



Bapak dan Ibu yang saya hormati,
Salah satu sarana yang juga menjadi sumber belajar bagi anak di PAUD adalah alat permainan edukatif yang lebih dikenal dengan APE.  Alat ini bisa didapatkan dengan cara membelinya dari produsen alat-alat permainan anak  atau juga bisa dengan membuatnya sendiri. Pada umumnya para penyelenggara PAUD masih banyak yang  membeli alat-alat permainan untuk sumber belajar anak. Hal ini tentu saja akan menumbuhkan budaya konsumtif dan akan melemahkan daya kreativitas dan inovasi para guru PAUD dalam menyelenggarakan proses belajar yang berkualitas bagi anak.

Secara umum banyak para penyelenggara PAUD yang berpendapat bahwa memperoleh Alat Permainan edukatif dengan cara membeli  adalah lebih mudah dan ekonomis. Namun jika para guru mau berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan Alat Permainan edukatif dari barang-barang bekas maka tentu saja akan lebih ekonomis lagi.

Banyak mainan sekarang ini yang semakin kreatif, mahal dan beraneka macam. Tentunya hal ini akan banyak membuat orang tua bingung. Banyak mainan yang dibuat oleh pabrik yang sebetulnya kurang berfaedah bagi anak-anak karena sebenarnya alat bermain hanyalah alat bantu saja bagi seorang anak dan bukan merupakan indikator mutlak untuk anak berkembang lebih baik.

Jadi mahal dan murahnya alat mainan bukanlah merupakan indikator. Anak akan dapat bermain dengan manfaat yang besar apabila orang tua dapat mengetahui sisi kegunaannya mainan tersebut.

Sambutan Kegiatan Workshop Pengembangan APE PAUD

Bapak Ibu sekalian,
Kita perlu menggaris bawahi bahwa perbedaan antara alat permainan yang biasa dengan alat permainan edukatif adalah bahwa pada alat permainan edukatif terdapat unsur perencanaan pembuatan secara mendalam dengan mempertimbangkan karakterisitk anak dan mengaitkannya pada pengembangan berbagai aspek perkembangan  anak.  Sedangkan  alat  permainan  biasa  dibuat dengan tujuan yang berbeda, mungkin saja  hanya  dalam rangka memenuhi kepentingan bisnis semata  tanpa adanya kajian secara mendalam tentang aspek-aspek perkembangan anak apa saja yang dapat dikembangkan melalui alat permainan tersebut.

Pada kesempatan ini saya menyampaikan bahwa Alat Permainan Edukatif (APE) dalam proses pembelajaran anak usia dini memegang peranan yang sangat penting sebagai alat bantu dalam memperjelas materi yang disampaikan. APE untuk anak usia dini tidak harus yang di beli di toko selain mahal juga akan terbatas baik jenis maupun jumlahnya dan tidak menutup kemungkinan akan membosankan bagi anak.

Maka dari itu dalam Workshop ini mencoba mengajak para pendidik anak usia dini untuk berkreasi dan berinovasi menciptakan Alat Permainan Edukatif, yang selanjutnya akan dibukukan sebagai Model bahan ajar bagi para tenaga pendidik dalam mengembangkan layanan bahan ajar APE di Taman Penitipan Anak/ TPA, Kelompok Bermain/ KB, Taman Kanak-kanak/ TK dan Satuan PAUD Sejenis) khususnya di Jawa Tengah.

Bapak dan Ibu serta  Hadirin yang berbahagia,
Demikian beberapa hal yang dapat saya disampaikan dan selamat mengikuti workshop ini, semoga semua yang kita lakukan berguna bagi Nusa, Bangsa dan generasi mendatang. Maka dengan mengucap : “Bismillahirrohmannirrochim”, Workshop Pengembangan APE PAUD Tingkat  Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014 ini, secara resmi saya nyatakan  DIBUKA.
Sekian. Terima kasih atas perhatian Saudara.