Contoh Sambutan BINTEK Pembelajaran PAUD Terpapdu



Contoh Sambutan Bimbingan Teknis Pembelajaran PAUD Terpapdu. Pembangunan PAUD adalah upaya sadar dan komitmen untuk menujudkan anak indonesia  sesuai dengan harapan (AIH).  Pengembangan Anak Usia Dini Holistik- Integratif adalah terselenggaranya layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif menuju terwujudnya anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia. (Perpres no 60 tahun 2003 pasal 2 ayat 1)

Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu dengan pendekatan Holistik Integratif adalah layanan pendidikan bagi anak usia dini yang menyelanggarakan program lebih dari satu bentuk layanan PAUD (TK, KB, TPA, SPS, Pos PAUD) dalam rangka mengembangkan kebutuhan esensial anak usia dini yang beragam baik kesehatan, gizi, pengasuhan, perlindungan, dan rangsangan pendidikan yang saling berkait secara simultan dan sistematis dengan mengedepankan pendidikan karakter dalam setiap pembelajarannya. (Tertuang dalam KBP PAUD Terpadu dengan Pendekatan Holistik Integratif Provinsi Jawa Tengah 2013)

Contoh Sambutan Bimbingan Teknis Pembelajaran PAUD Terpapdu



Contoh Sambutan Bintek Pembelajaran PAUD Terpapdu

Menghadapi  tantangan  abad ke 21 ini pendidikan  mesti mampu mengubah paradigmanya dari yang fragmented menjadi pendekatan. Sebuah  kesepakatan  global  yang  disebut  GATE  (Global Alliance for Transforming Education) mencanan-gkan perlunya transformasi pendidikan dari yang terkotak-kotak menjadi sebuah konsep yang utuh.

Tujuan pendidikan menurut konsep yang utuh ini adalah untuk membangun manusia seutuhnya. Hal ini seperti yang juga termaktub dalam Tujuan Pendidikan Nasional kita. Seluruh aspek yang dimiliki anak melalui pandangan holistik ini (The whole child education) akan berkembang dengan patut termasuk kesadaran bahwa ia adalah bagian dari anggota keluarganya, sekolah, lingkungan, masyarakat, dan komunitas global.

Berdasarkan kajian diatas maka jelas bahwa pendidikan bukan semata-mata menyiapkan  manusia agar dapat berperan dalam salah satu dimensi kehidupan saja, melainkan  agar siap  menjalani  seluruh dimensi  kehidupan.  Untuk  itu potensi  anak usia  dini  yang  perlu  dikembangkan   dalam  proses pendidikannya   sesuai  dengan prinsip holistik.

Bapak dan Ibu yang saya hormati,
Anak usia dini memiliki karakteristik perkembangan  yang berbeda dengan anak-anak usia yang lebih tua. Sesuai dengan karakteristik perkembangannya yang bersifat holistik, maka jenis pembelajaran yang relevan untuk anak usia dini adalah pembelajaran terpadu. Semua kegiatan dalam pembelajaran terpadu melibatkan pengalaman langsung (hands on experience) bagi anak serta memberikan berbagai pemahaman tentang lingkungan sekitar anak.

Artinya anak-anak belajar melalui badan mereka dengan cara melihat, mendengar, menyentuh, mencicipi, mencium sesuatu yang secara fisik hadir di hadapannya. Kegiatan yang dilakukan pun memungkinkan anak untuk memadukan pengetahuan dan keterampilannya dari pengalaman satu ke pengalaman  lainnya  (Eliason  dan  Jenkins, 1994).

Bapak Ibu sekalian,
Kita menyadari bahwa berbagai tantangan bagi upaya pembangunan pendidikan yang dihadapi pemerintah Indonesia secara umum dan Pemerintah Jawa Tengah secara khusus, saat ini mencakup : (1) perluasan akses layanan pendidikan tanpa mengorbankan kualitas; (2) peningkatan kualitas pendidikan dalam kondisi sistem desentralisasi; dan (3) pemastian bahwa dana-dana pendidikan yang ditingkatkan secara signifikan ini dapat dipergunakan secara efektif.

Salah satu upaya dalam rangka mengantisipasi tantangan-tantangan tersebut adalah melalui penyeleng-garaan dan pembinaan dibidang PAUD yang bermutu. Hal ini karena Jawa Tengah sebagai salah satu Provinsi di Indonesia tidak dapat menghindarkan diri dari tuntutan kebutuhan untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas sejak usia dini.

Bapak dan ibu yang berbahagia,
Pelaksanaan Bintek Pembelajaran PAUD Terpadu ini dimaksudkan guna menindaklanjuti Kebijakan Kemdikbud bahwa tantangan, kondisi dan hasil pelayanan di lembaga-lembaga PAUD, ternyata berbagai permasalahan dan persepsinya masih belum seperti yang diharapkan, khususnya dalam Penyelenggaraan PAUD Terpadu.

Melalui kegiatan yang strategis ini, diharapkan dapat dilakukan penyamaan persepsi antara Pengelola dan Pendidik di masing-masing Lembaga PAUD. Dengan demikian proses pembelajaran yang bermutu sudah dirancang oleh kedua belah pihak dan saling melengkapi.

Oleh karena itu langkah penting dalam menyeleng-garakan program PAUD, adalah melakukan kerjasama secara terpadu dengan berbagai pihak, termasuk dengan Jajaran Dinas Pendidikan selaku pembina Program PAUD di masing-masing daerah. Hal ini perlu dilaksanakan, agar gerakan pelayanan dibidang PAUD melalui Penyeleng-garaan PAUD Terpadu ini, benar-benar berjalan harmonis dan dirasakan sejuk oleh semua kepentingan.

Melalui kesempatan ini, saya mengajak kepada semua Peserta untuk terus mengembangkan lebih dari satu layanan sesuai dengan kesiapan dan kemampuan SDM yang dimiliki. Sebab Program PAUD Terpadu adalah program layanan pendidikan bagi anak usia dini yang menyelenggarakan lebih dari satu layanan PAUD (TK, KB, TPA, SPS) yang dalam pembinaan dan Penyelenggaraan serta pengelolaannya dilakukan secara terpadu atau terkoordinasi.

Oleh karenanya pada kegiatan ini, dilakukan Strategi Kunjungan Lapangan ke Lembaga PAUD yang memenuhi syarat. Sehingga semua Peserta bisa memperoleh gambaran secara jelas tentang Implementasi PAUD Terpadu dengan semua indikator-indikatornya, khususnya dalam pembelajaran yang menyenangkan bagi Anak Usia Dini. Hasilnya, setelah kembali dari kegiatan, para Peserta dapat menerapkan di Lembaga masing-masing dan diharapkan bisa menjadi Lembaga PAUD yang berkualitas dalam mempersiapkan SDM Unggulan di masa mendatang.

Bapak dan Ibu serta  Hadirin yang berbahagia,
Demikian beberapa hal yang dapat saya disampaikan dan selamat mengikuti kegiatan ini, semoga semua yang kita lakukan berguna bagi Nusa, Bangsa dan generasi mendatang. Akhirnya, Selamat mengikuti kegiatan ini. Dengan mengucap : “Bismillahirrohmannirrochim”, Bintek Pembelajaran PAUD Terpadu ini, secara resmi saya nyatakan DIBUKA.
Sekian. Terima kasih atas perhatian Saudara.