Grand Desain PAUD HI Holistik Integratif Jawa Tengah 2013 – 2018



Rancangan grand desain paud hi holistik integratif dalam meningkatkan kerjasama dan kualitas lembaga paud di jawa tengah periode 2013-2018 diperuntukkan bagi lembaga yang menyelenggarakan program layanan paud dua layanan atau lebih sehingga saling bersinergi memberikan pengoptimalan tumbuh kembang anak usia dini secara menyeluruh.

Bentuk satuan Pendidikan Anak Usia Dini yang sudah ada adalah layanan melalui Satuan PAUD Sejenis atau disingkat SPS seperti POS PAUD yakni stimulasi Pendidikan yang terintegrasi dengan kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) dan Posyandu (kelompok usia 0 – 6 tahun yang tidak terlayani program PAUD lainnya). Selanjutnya terdapat layanan Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-kanak (TK) maupun Taman Penitipan Anak (TPA).

paud holistik integratif ppt pdf program panduan juknis kurikulum makalah konsep terpadu perpres materi implementasi skema peraturan model contoh tujuan senam tentang adalah arti latar belakang

Kerangka Grand Desain PAUD Holistik Integratif Jawa Tengah 2013-2018

Kerangka besar atau grand desain PAUD Terpadu ini, sesungguhnya hanya sebagai instrumen dan gambaran makro pengembangan PAUD Terpadi di Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dan cita-cita yang ada di dalamnya akan terwujud apabila ada komitmen dan partisipasi dari berbagai pihak.



Dalam penyelenggaraan pendidikan PAUD Terpadu dengan Pendekatan Holistik Integratif harus memenuhi komponen sebagai berikut :

  1. Pelayanan yang holistik
  2. Pelayanan yang berkesinambungan
  3. Partisipasi masyarakat
  4. Berbasis budaya yang konstruktif
  5. Pelayanan yang tidak diskriminatif
  6. Good Governance
  7. Perluasan pelayanan distribusi antar kelompok masyarakat yang menerapkan prinsip aksesibilitas, ketersediaan, keterjangkauan ekonomi dan penerimaan sosiokultural.

Strategi pengembangan PAUD secara umum ditempuh melalui berbagai langkah yang mengarah pada terciptanya Layanan PAUD Terpadu dengan Pendekatan Holistik Integratif. Melalui strategi layanan dalam bentuk PAUD Terpadu dengan Pendekatan Holistik Integratif ada beberapa keuntungan yang didapat, antara lain: (1) peningkatan efisiensi melalui pemanfaatan sumberdaya secara terpadu; (2) mutu layanan lebih terjamin karena pengelola sudah berpengalaman (bukan baru). Awal tahun 2013 diharapkan menjadi tonggak dalam memfasilitasi pengembangan PAUD Terpadu dengan Pendekatan Holistik Integratif di Jawa Tengah.

Berkaitan dengan hal tersebut dan mendukung peningkatan akses serta mutu layanan PAUD, maka Dinas Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan UNICEF, memandang perlu disusun adanya acuan dalam mengembangkan PAUD Terpadu dengan menyusun Kerangka Besar (Grand Design) Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu dengan Pendekatan Holistik Integratif.

Download Grand Desain PAUD HI Jateng

Ayah bunda baik pendidik, praktisi, maupun akademisi paud yth dapat mengunduh grand desain PAUD HI Holistik Integratif Jawa Tengah periode 2013-2018 melalui link tautan berikut ini:

Grand Desain PAUD HI Jateng.pdf

Tampilan atau preview dokumen ini dapat dilihat berikut ini:

Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif adalah pengembangan pendidikan anak usia dini yang dilakukan berdasarkan pemahaman untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam baik layanan kesehatan, gizi, pengasuhan, perlindungan, dan rangsangan pendidikan yang saling berkait secara simultan dan sistematis.

Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Terpadu dengan pendekatan Holistik Integratif adalah layanan pendidikan bagi anak usia dini yang menyelanggarakan program lebih dari satu bentuk layanan PAUD (TK, KB, TPA, SPS) dalam rangka mengembangkan kebutuhan esensial anak usia dini yang beragam baik kesehatan, gizi, pengasuhan, perlindungan, dan rangsangan pendidikan yang saling berkait secara simultan dan sistematis dengan mengedepankan pendidikan karakter dalam setiap pembelajarannya.