Download Pedoman Struktur Kurikulum PAUD 2013



Download Pedoman Struktur Kurikulum PAUD 2013. Pedoman ini dikeluarkan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini – Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, Dan Informal Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2014.

Pokok bahasan meliputi hal-hal sebagai berikut :
Daftar Isi
I. Pendahuluan
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Dasar
D. Sasaran
II. Pengertian,Tujuan, dan Kerangka Dasar Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini

A. Pengertian Kurikulum
B. Perlunya Kurikulum
C. Tujuan Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini
D. Kerangka Dasar Kurikulum
Lembar Kerja Kurikulum 2013 PAUD

III. Struktur Kurikulum PAUD 2013
A. Pengertian
B. Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (STPP)
C. Kompetensi Inti
D. Kompetensi Dasar
E. Indikator Perkembangan
F. Keterkaitan Dan Hubungan Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar Dan Indikator Perkembangan



IV. Muatan Pembelajaran, Program Pengembangan, Beban Belajar
A. Program Pengembangan
B. Muatan Pembelajaran
C. Bahan Belajar

pedoman struktur kurikulum paud 2013

 

Download Pedoman Struktur Kurikulum PAUD 2013

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tujuan di atas secara konsisten menjadi rujukan dalam mengembangkan tujuan kurikulum 2013. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan,isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

Kurikulum 2013 PAUD Pendidikan Anak Usia Dini yang diberlakukan mulai tahun ajaran 2014/2015 memenuhi kedua dimensi tersebut. Untuk menerapkan kedua dimensi tersebut, maka seluruh pendidik dan pengelola PAUD harus memahami kerangka dan struktur kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini agar dalam penyelenggaraan program PAUD sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

notif pemberitahuan paud jateng

Dengan demikian, harus benar ketika membaca dan memahami sesuai nomenklatur yang dimaksudkan dalam kurikulum  2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Materi ini penting sebagai payung sebelum para pendidik mengembangkan lebih jauh dari kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.