7 Alasan Pentingnya Pendidikan Anak PAUD Menurut Para Ahli



7 Alasan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini PAUD Menurut Para Ahli. Usia dini merupakan masa emas (golden ages) perkembangan. Baik berdasar kajian neuro-science, psiklogi, maupun pedagogi menyimpulkan bahwa perkembangan yang terjadi selama masa ini sedang pesat­-pesatnya terjadi.

7 Alasan Pentingnya PAUD Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah alasan pentingnya pendidikan anak usia dini (PAUD) menurut para ahli. Alasan kenapa PAUD itu penting dijawab dengan hasil penelitian dan pengkajian berbagai sudut pandang dapat disajikan sebagai berikut :

Alasan #1 Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini PAUD
Saat lahir anak merniliki sekitar 100 milyar sel otak yang sebagian besar belum saling berhubungan. Sambungan antar sel otak sangat dipengaruhi oleh faktor kesehatan, gizi, dan stimulasi/rangsangan yang diterima dari lingkungan.

Pada 3 tahun pertama terjadi ledakan pembentukan jaringan sambungan antar sel otak (sinaps), sehingga setiap sel otak berpotensi memiliki sambungan dengan lebih dari 10.000 sel otak lain. Optimalisasi potensi ini bergantung dari banyaknya rangsangan yang diterima anak dari lingkungannya.



Semakin kaya rangsangan yang didapat, semakin rimbun jaringan sel otak yang terbentuk. Setiap rangsangan yang diterima anak akan membuat otak membentuk jaringan sambungan baru atau memperkuat sambungan yang telah terbentuk. Jutaan sambungan baru setiap hari terbentuk, sehingga pada usia 3-8 tahun kepadatan sinaps anak mencapai 2 kali lipat dari sinaps yang dimiliki oleh orang dewasa.

Akan tetapi prinsip kerja otak sangat efisien, yaitu akan memangkas bagian otak yang kurang memperoleh rangsangan dan mempertahankan bagian yang terus memperoleh rangsangan. Rangsangan ini akan memperkuat serabut sambungan antar sel otak, sehingga akhirnya menjadi sambungan yang permanen. Sementara, bagian sambungan yang jarang dirangsang akan mengalami atrofi, menyusut dan akhimya mati.

Pada usia 8-18 tahun terjadi pemangkasan besar-besaran dan ketika dewasa yang tertinggal sebagai struktur otak yang permanen tinggal setengahnya. Inilah modalitas kecerdasan yang akan dibawa sepanjang hidup.

Alasan #2 Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini PAUD
Terkait dengan perkembangan kecerdasan, Bloom dkk. mengemukakan bahwa sekitar 50% kapasitas kecerdasan seseorang telah selesai terbentuk saat anak berusia 4 tahun. Peningkatan 30% berikutnya terjadi pada rentang usia 4 hingga 8 tahun, dan 20% sisanya pada rentang usia 8 hingga 18 tahun.

Ini artinya, kecerdasan yang terbentuk pada rentang 4 tahun pertama sama besarnya dengan peningkatan kecerdasan pada rentang usia 14 tahun berikutnya. Pada usia 6 tahun perkembangan kecerdasan anak telah mencapai 70%.

Alasan #3 Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini PAUD
Pertumbuhan dan perkembangan anak sejak dalam rahim hingga usia sekitar 6 tahun sangat menentukan derajat kesehatan, intelegensi, kematangan emosional, dan produktivitas manusia pada tahap berikutnya. (Hidayat Syarief, 2002).

Alasan #4 Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini PAUD
Salah satu hasil penelitian yang dilakukan oleh Save the Children (2000) di Nepal menunjukkan bahwa tingkat kenaikan kelas di kelas I pada anak yang mendapatkan pendidikan usia dini dua kali lipat lebih tinggi dari anak­anak yang tidak mendapatkan pendidikan sebelumnya. Sebaliknya, jumlah kasus anak yang mengulang kelas dan putus sekolah jauh lebih tinggi terjadi pada anak yang tidak mendapatkan layanan pendidikan sejak dini (Choi, 2005).

Alasan #5 Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini PAUD
Semakin dini pendidikan diberikan akan semakin besar dampaknya terhadap kualitas SDM dan sebaliknya makin terlambat pendidikan diberikan makin kecil dampaknya terhadap pembentukan kualitas SDM. Oleh karena itu, penyiapan SDM unggul seyogianya dimulai sejak anak masih dalam kandungan (Nash, 1997).

Alasan #6 Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini PAUD
Hasil penelitian juga menyimpulkan bahwa kelompok anak Stunted (pendek) yang diberikan stimulasi (pendidikan & pengasuhan) dan tambahan nutrisi selama 24 bulan, berkembang setara dengan anak-anak normal (Dr. Sally Grantham-Mc Gregor, 2010).

Alasan Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Alasan #7 Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini PAUD
Penyelenggaraan dan fasilitasi anak usia dini secara holistik berdampak pada tumbuh-kembang, baik fisik­motorik; kognitif, bahasa dan perkembangan sosialnya menjadi lebih utuh dan lebih baik, sehingga dapat lebih mempersiapkan anak (kesiapan sekolah) mengikuti pendidikan yang lebih lanjut (Dwi Hastuti, IPB, 2010).