Seri Parenting: Tips Mengistimewakan Setiap Anak



Buku seri parenting education paud kali ini adalah tentang tips mengistimewakan setiap anak. Ibu dan Ayah, sebagai orangtua, kita mempunyai kewajiban untuk selalu membina anak-anak kita agar hidup damai, sejahtera, rukun, dan aman. Oleh karena itu, dalam kehidupan berkeluarga, seluruh anggota keluarga belajar hidup bersama orang lain, yaitu anggota keluarga yang lain, dalam rangka belajar bermasyarakat dengan orang lain di luar keluarganya.

TIps Mengistimewakan Setiap Anak

Mengingat kehidupan keluarga sangat penting sebagai sarana berlatih mengembangkan kemampuan bersosialisasi (bergaul) dengan orang lain, maka peran orangtua sangat diperlukan untuk memastikan anak-anaknya telah berlatih dengan baik dan mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Untuk itu, sebagai pemimpin keluarga, ibu dan ayah diharapkan dapat berperan sebagai wasit yang adil, jujur, dan tidak condong ke satu pihak.

Kasus-kasus seperti marah, bertengkar, bersaing, iri-hati, adalah beberapa kejadian nyata yang kerap terjadi di antara anak dengan saudara-saudaranya. Di sinilah kita diharapkan mampu mengajari anak-anak kita, bagaimana mengatasi masalah tersebut.



Kepada anak-anak juga dibiasakan untuk selalu mempertimbangkan perasaan dan kepentingan orang lain, tidak hanya memerhatikan kepentingan sendiri. Inilah belajar berdemokrasi secara nyata, sehingga kelak anak menjadi seorang demokratis, yang menghargai dan menghormati orang lain.

Tips Mengistimewakan Setiap Anak

Penting bagi setiap anak untuk merasa diistimewakan oleh ibu dan ayahnya. Penting pula bagi setiap anak merasa diperlakukan sama dengan saudara lainnya. Urutan kelahiran hendaknya tidak dijadikan alasan oleh ibu dan ayah untuk membedakan dalam perlakuan, semisal yang besar harus selalu mengalah.
TIPS

  1. Usahakan menyediakan waktu bersama dengan setiap anak secara perorangan sesuai minat atau hobi masing-masing dan lakukan secara bergiliran harinya, disamping sesekali bermain bersama-sama dengan semua anggota keluarga.
  2. Perhatikan hal-hal kecil yang berhubungan dengan setiap anak, misalnya hari ulang tahun masing-masing, mengambil rapor masing-masing, bahkan sebagian orang Jawa melakukan puasa pada hari kelahiran anaknya masing-masing.

Anak itu memiliki keunikan masing-masing, temukan cara mengistimewakan setiap anak dalam sebuah ebook KLIK DISINI (Anak Usia Dini dan Saudara Kandung).
Ref: #Parenting02