Data Keadaan Pegawai PAUD, Contoh Papan Keadaaan Pengelola dan Pendidik PAUD (TK/KB/TPA/SPS). Data keadaan pengelola dan pendidik PAUD adalah data yang menjelaskan kondisi atau keadaan guru PAUD mulai dari jumlah guru, dan informasi lainnya.



Biasanya data keadaan pengelola dan pendidik PAUD dikemas dalam bentuk papan yang digantung di tembok ruangan yang bernama Papan Keadaan Pegawai.

Pada kesempatan kali ini akan disajikan contoh format papan keadaan pengelola dan pendidik PAUD dalam bentuk excel. Ayah bunda dapat menggunakan kreatifitas untuk menuangkannya ke dalam media lain.

Sebagai contoh, papan keadaan pengelola dan pendidik PAUD dapat ayah bunda buat dengan banner MMT kemudian memakunya di tembok. Cara ini sangat mudah dilakukan dengan merogoh biaya dari kantong yang cukup ringan. Selain menggunakan banner MMT ayah bunda juga dapat membuat papan keadaan pendidik dengan menggunakan white board atau papan putih kemudian ditulisi sendiri dengan menggunakan spidol warna hitam.

Contoh Papan Keadaaan Pengelola dan Pendidik PAUD

Berikut ini adalah contoh papan keadaan pengelola dan pendidik atau Guru PAUD sederhana yang mungkin diperlukan ketikan melakukan akreditasi sekolah PAUD.

Download koleksi lengkap dokumen administrasi PAUD klik disini.



Contoh Papan Keadaaan Pengelola dan Pendidik PAUD, data keadaan pegawai data keadaan guru dan pegawai PAUD tk kb tpa contoh papan keadaan guru tk kb

Download Format Papan Pengelola PAUD

Download format excel melalui link tautan berikut ini. Mohon menunggu sampai file selesai diproses oleh sistem:

INFO PENTING
Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

Bentuk papan keadaan guru PAUD diatas dibuat seperlunya dan tidak membedakan guru PNS maupun non PNS. Guru itu sama tugasnya yaitu mendidik anak dengan metode bermain karena yang diajar adalah anak usia dini!

Baca Juga:  Buku Inventaris APE Luar Ruang (Outdoor) Sekolah

Tugas Pengelola PAUD (Direktur PAUD)

Direktur PAUD biasanya melakukan pengawasan guru dan tenaga kependidikan pengasuhan anak, melakukan tugas managerial dan memberikan kesempatan pengembangan profesional bagi staf. Seorang pengelola PAUD harus sabar, mudah didekati, dan gigih, dan juga harus pandai melakukan banyak tugas dan belajar untuk selalu memiliki rencana cadangan. Banyak dari keterampilan ini akan paling baik dipelajari di tempat kerja karena manajer baru membangun kepercayaan dalam kepemimpinan mereka.

Pendidik PAUD

Guru anak usia dini adalah guru yang mengkhususkan diri dalam pembelajaran, perkembangan, sosial, dan kebutuhan fisik anak-anak. Para pendidik ini menyediakan lingkungan yang aman dan nyaman di mana anak-anak kecil dapat belajar tidak hanya akademis awal, tetapi juga keterampilan sosial, motorik, dan adaptif.

Guru PAUD mengajarkan dasar-dasar pengetahuan kepada siswa PAUD. Mengambil pendekatan holistik, guru anak usia dini fokus pada keterampilan membaca dan berhitung dasar, serta mempromosikan pengembangan dalam seni dan musik. Mereka juga bertanggung jawab atas kesehatan dan kesejahteraan dasar siswa mereka dan juga harus fokus membantu siswa dengan keterampilan pengembangan fisik dasar mereka.

Tugas dan tanggungjawab seorang guru PAUD antara lain:

  • Merencanakan dan menyusun kelas pembelajaran terstruktur dalam dan luar ruangan.
  • Menggunakan berbagai bahan dan peralatan untuk mengembangkan keterampilan motorik, keterampilan sosial kooperatif, kepercayaan diri dan pemahaman.
  • Mempromosikan perkembangan bahasa melalui bercerita, bermain peran, lagu, sajak dan diskusi.
  • Melakukan pengamatan dan evaluasi kemajuan siswa dan diskusikan dengan orang tua dan staf.
  • Memantau kebutuhan gizi, kesehatan, kesejahteraan dan keamanan siswa.
  • Berpartisipasi dalam program dukungan masyarakat dan keluarga.