Telah Hadir Sistem Informasi Penilaian Akreditasi PAUD / SisPenA



BAN PAUD dan PNF telah menghadirkan sistem informasi penilaian akreditasi paud atau disingkat SisPenA guna melakukan target akreditasi 30.275 lembaga paud di tahun 2018 ini (jumlah yang 3x lipat dari akreditasi paud 2017 sebanyak 10.913 lembaga). Bagi ayah bunda pengelola paud yang mau mencoba akreditasi, coba dahulu pahami sistem ini yuk kita simak berikut ini.

Definisi Sistem informasi Penilaian Akreditasi PAUD (SisPenA)

SisPenA adalah sebuah sistem penilaian akreditasi online yang berguna untuk melakukan pengajuan akreditasi sekolah paud kepada badan akreditasi nasional paud secara langsung dan realtime yang bisa dilakukan sendiri. Karena sudah terintegrasi dengan pangkalan data DAPODIK, maka secara default bagi lembaga yang sudah melakukan verifikasi dan validasi data, bisa langsung login atau masuk ke dalam sistem menggunakan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional).

Bagaimana Cara Login SisPenA ?

Halaman Login Sistem Informasi Penilaian Akrediasi PAUD - SisPenA

Halaman Login Sistem Informasi Penilaian Akrediasi PAUD – SisPenA

Lembaga paud yang telah memiliki NPSN dan sudah melengkapi data DAPODIK, bisa langsung login menggunakan cara berikut:



  1. Buka alamat sistem informasi penilaian akreditasi, SisPenA silahkan kunjungi sispena.banpaudpnf.or.id/login
  2. Masukkan username dan password, (secara default masukkan NPSN saja semua, kecuali passwordnya sudah diganti oleh lembaga terkait), misal jika NPSN sekolah ayah bunda adalah 12345 maka password juga 12345
  3. Pada pilihan pilih level, pilih “Lembaga” saja karena ayah bunda adalah yang akan mengajukan akreditasi
  4. Centang “I’m not a robot” atau “Saya bukan robot” lalu pilih gambar yang sesuai. Captcha ini adalah prosedur keamanan saja, lakukan sampai tanda centang hijau ya
  5. Klik tombol “Login” untuk menuju dashboard sistem

Selesai, selanjutnya ayah bunda dapat mengedit visi misi sekolah, pengajuan akreditasi, dan melakukan simulasi penilaian akreditasi. Jadi misalkan dokumen yang tersedia kurang lengkap atau sangat lengkap maka dapat dilihat nilai akreditasinya secara langsung.

Halaman SisPenA ketika berhasil login

Halaman SisPenA ketika berhasil login

Panduan Sistem Informasi Akreditasi PAUD

Bagi ayah bunda yang ingin melihat panduan penggunaan sistem akreditasi paud bagi lembaga, sudah sudah tersedia versi pdf yang dapat diunduh DISINI. Untuk tampilan atau preview dokumennya bisa dilihat berikut:


Review Sistem Informasi Akreditasi PAUD SisPenA

Bagi sekolah paud yang ingin melakukan akreditasi dapat mendaftar ke dalam SisPenA ini dan melakukan pengiriman berkas yang dibutuhkan pada menu “Pendaftaran” pada sistem di sebelah kiri. Nanti ada beberapa dokumen yang harus dilengkapi seperti surat permohonan, legalitas lembaga, dokumen lampiran, foto pendukung, dan juga tersedia input evaluasi diri (simulasi).

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sudah banyak mengalami kemajuan dalam bidang teknologi informasi sehingga memudahkan pekerjaan yang terkait paud seperti akreditasi. Sistem Informasi akreditasi paud ini menjawab kemanualan akreditasi yang selama ini berjalan untuk dibuat sedikit lebih mudah.

Dengan menggunakan sistem akreditasi paud, sekolah atau lembaga menjadi lebih tahu dokumen apa saja yang disyaratkan untuk mengikuti akreditasi serta alur akreditasi paud mulai dari pengisian EDS (evaluasi diri sekolah), penilaian desk, penilaian visitasi, penilaian validasi, penilaian penetapan sampai melihat nilai akhir.

Sistem akreditasi online yang cukup bagus untuk pemula, akan tetapi memasukkan username dan password melalui NPSN itu sangat beresiko karena bisa digunakan oleh siapa saja asal mengetahui NPSN suatu sekolah saja. Alangkah lebih baik lagi apabila password harus diaktifkan dahulu melalui email yang terdaftar di DAPODIK jadi tidak sembarangan orang dapat mengakses. Kelemahan selanjutnya adalah sistem informasi akreditasi yang dibangun tidak / belum menggunakan jalur SSL (secure socket layer, https) jadi username dan password yang ayah bunda masukkan rentan untuk disadap oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. Sekian dan semoga bermanfaat!

Update per tanggal 5 Februari 2018: Alamat sistem informasi SisPenA sudah menggunakan jalur SSL (https), meskipun menggunakan SSL gratisan dari Lets’s Encrypt yang konsekuensinya adalah SSL hanya berlaku selama 3 bulan saja, harus diperbarui secara berkala atau dijalankan fungsi perpanjangan SSL otomatis.