Tips Menata Sarana Bermain APE Dalam Ruang/ Indoor PAUD



Tips Menata Sarana Bermain APE Dalam Ruang/ Indoor PAUD –Sarana bermain di dalam  ruangan (indoor)  anak didik usia dini adalah seperangkat alat dan bahan bermain yang pada umumnya ditempatkan di dalam ruangan bagi anak didik usia dini yang dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak didik.

Pemilihan Sarana Bermain Dalam Ruang (indoor) hendaknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Pilihlah  alat main anak  berdasarkan dengan usia anak.
  2. Pilihlah  alat main yang memiliki label yang terdapat pada kemasan / rak yang tersedia.
  3. Bacalah buku manual yang ada pada mainan jika ada.
  4. Pilihlah  alat main yang tidak berbau tajam, tidak luntur, dan tidak mudah hancur jika dimainkan oleh anak didik
  5. Pilihlah mainan yang mendukung perkembangan dan membantu membangun pegetahuan anak didik

Tips Pengembangan Sarana Prasarana/ Sarpras Bermain Dalam Ruangan (Indoor)

  1. Perhatikan keberadaan sumber bahan main disekitar yang dapat dijadikan sarana bermaindalam ruang ( indoor)
  2. Sarana bermain dalam ruang dapat dikembangkan dari bahan local di lingkungan lembaga PAUD
  3. Keberagaman sumber – dapat berasal dari lingkungan alam dan sosial anak. 
  4. Sarana bermain keaksaraan dan matemaika – sediakan beragam buku, gambar, kertas, tali, alat tulis, dan sebagainya. 
  5. Sarana bermain bebas (Open-ended)– sarana bermain yang memiliki karakteristik mudah dimanipulasi di rubah untuk mendukung kreatifitas dan eksplorasi anak. Misalnya pasir, air, adonan, tanah liat, batu, dan dedaunan.  
  6. Kecukupan sarana – disesuaikan dengan jumlah anak, tempat bermain, dan pengembangan sosialisasi anak.
Tips Menata Sarana Bermain APE Dalam Ruang/ Indoor PAUD

Tips Menata Sarana Bermain APE Dalam Ruang/ Indoor PAUD

Dalam penataan sarana bermain dalam ruang (indoor) atau APE PAUD Dalam Ruangan yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:



  1. Perbandingan antara besar ruangan dengan jumlah anak didik (3 m: 1 anak). 
  2. Alat main disediakan dalam jumlah yang memadai, agar anak didik bisa terhindar dari perebutan dan bisa digunakan untuk bermain bersama
  3. Alat main memiliki warna yang menarik dengan menggunakan pewarna yang aman bagi anak didik
  4. Alat main ditata sesuai dengan jenis kegiatan main (sensori motor, bermain peran, dan pembangunan).
  5. Alat main ditata pada tempat yang mudah dijangkau anak didik untuk mendukung pengembangan kemandirian dan rasa tanggungjawab pada anak didik
  6. Barang pribadi anak didik disimpan pada  loker/ kotak/ keranjang khusus
  7. Tempat penyimpan alat main diberi label/nama. 
  8. Seluruh alat main dalam ruang (indoor) ditempatkan sesuai dengan pusat pembelajaran yang digunakan di lembaga.
  9. Sebelum ditata untuk dimainkan anak didik, perhatikan kondisi barang secara umum, misalnya dari bau, warna, bentuk, dan tekstur.
  10. Tatalah mainan pada rak yang terjangkau oleh anak didik, hal ini dapat.
  11. Pastikan mainan tersebut layak untuk digunakan oleh anak didik.