NSPK Sarpras PAUD. Macam macam APE Outdoor –Jenis Jenis Sarana Bermain Luar Ruangan (Outdoor) PAUD ada dua yaitu alat bermain permanen dan alat bermain yang dapat dipindahkan. Di lembaga PAUD, alat bermain luar ruangan juga biasa disebut sebagai Alat Permainan Edukatif (APE) Luar Ruangan atau Outdoor.



Pengertian Alat Permainan Edukatif (APE) adalah alat permainan yang dapat mengoptimalkan perkembangan anak, disesuaikan dengan usianya dan standar tingkat pencapaian perkembangan anak (STPPA).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik kasar yaitu keseimbangan, kelincahan, dan kekuatan dapat meningkat setelah diberikan tindakan dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) outdoor yaitu tali, penanda atau cone, dan tangga majemuk. Hasil penelitian membuktikan bahwa Alat Permainan Edukatif (APE) outdoor dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar. Pernyataan ini diambil dari penelitian

Jenis Jenis Sarana Bermain Luar Ruangan (Outdoor) PAUD

Penjelasannya sebagai berikut:

1. Alat bermain permanen (fixed equipment) di luar ruangan

Alat bermain permanen adalah alat-alat bermain yang sudah dipasang secara tetap dan tidak dapat dipindah-pindah. Alat bermain permanen ini akan menjadikan struktur halaman bermain yang menetap/konsisten.

Yang termasuk APE luar ruangan permanen mencakup alat bermain berikut (untuk melihat gambar masing-masing APE di bawah ini dan spesifikasinya LIHAT DISINI) :
(a) ayunan,
(b) seluncuran,
(c), terowongan,
(d) jungkat-jungkit,
(e) balok titian,
(f) tangga majemuk,
(g) alat untuk bergelantungan (monkey bar),
(h) bak pasir
 (i) rumah pohon,
(j) karosel/komedi putar
(k) jaring laba-laba
(l) termasuk alat permainan aktivitas sejenis di luar ruangan, seperti: pohon sebagai media memanjat anak, dahan pohon sebagai tempat bergelantungan anak,  permukaan tanah yang miring sebagai tempat seluncur, tanah berundak-undak sebagai tangga, pohon pinang sebagai tempat seluncur.



Jenis Jenis Alat Bermain Luar Ruangan (Outdoor) PAUD ape luar ape luar paud ape luar ruangan ape luar tk ape luar untuk paud ape luar ruangan paud gambar ape luar gambar ape luar paud gambar ape luar tk ape dalam ape luar paud daftar harga ape luar tk harga ape luar harga ape luar paud jenis ape luar contoh ape luar paud proposal ape luar jual ape luar ape dalam dan luar contoh proposal ape luar katalog ape luar

2. Alat bermain yang dapat dipindahkan (movable equipment)

Alat bermain yang dapat dipindahkan adalah alat-alat untuk mendukung kegiatan bermain anak di luar ruangan yang digunakan sesuai dengan kebutuhan dan dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain.

Baca Juga:  Fungsi Sarana Bermain di Luar Ruangan Anak PAUD

Yang temasuk APE luar ruangan yang dapat dipindahkan adalah :
(a) sepeda roda tiga
(b) kuda ayun (rocking toys)
(c) mobil-mobilan (yang dikendarai)
(d) skuter (atau otoped, skateboard, dan sejenisnya)
(e) alat permainan olahraga
(f) bakiak / terompah
(g) egrang
(h) trampolin
(i) hula hoop
(j) lompat tali (jumping rope)
(k) balap karung (jumping sacks)
(l) alat permainan kesenian,
(m) dan berbagai alat permainan aktivitas sejenis lainnya, seperti pelepah pisang sebagai senapan atau kuda lumping, pelepah daun kelapa sebagai seluncuran atau mobil-mobilan, memberi makan hewan.

Demikian jenis jenis Alat Bermain Luar Ruangan (Outdoor) PAUD yang dapat digunakan untuk membantu aktivitas yang dilakukan anak dengan menyenangkan di luar ruangan.