Contoh RKM PAUD Model Sentra KB TPA Usia 3-4 Tahun



Contoh RKM PAUD Model Sentra KB TPA Usia 3-4 Tahun. Contoh RKM Sentra PAUD Tema “DIRIKU” untuk minggu ke-4 untuk sentra Balok, sentra Persiapan, sentra Bahan Alam, dan sentra Main Peran anak usia dini.

Di dalam PAUD, Rencana Kegiatan Mingguan (RKM) adalah penjabaran dari perencanaan semester yang berisi kegiatan-kegiatan dalam rangka mencapai indikator yang telah direncanakan dalam waktu satu minggu sesuai dengna keluasan pembahasan tema dan sub tema.

Perlu diketahui bahwa model pembelajaran PAUD Inovatif ada 4 yaitu pendekatan kelompok, sudut, area, dan sentra. Contoh RKM RKH PAUD yang banyak beredar adalah contoh untuk pendekatan kelompok karena model pembelajaran ini banyak digunakan di PAUD.

Tidak usah bingung, silahkan identifikasi model pembelajaran PAUD di sekolah ayah bunda mengajar.. .Dan kali ini diberikan contoh RKM PAUD Model Sentra.



Download contoh RKM Sentra di PAUD untuk KB dan TPA usia 3-4 Tahun dalam format doc yang dapat di edit melalui link tautan yang disediakan di akhir tulisan ini.

Untuk melihat contoh RKH PAUD Model Sentra Klik Disini.

Contoh RKM PAUD Model Sentra KB TPA Usia 3-4 Tahun

rkm paud sentra usia 3-4 tahun rkm paud sentra rkm paud sentra balok rkm paud sentra persiapan rkm paud sentra bahan alam contoh rkm paud sentra rkm tk sentra rkm paud model sentra contoh rkm sentra paud rkm sentra persiapan contoh rkm sentra di paud rkh model sentra di paud

Contoh RKM Sentra di PAUD

RKM SENTRA PAUD

RENCANA KEGIATAN MINGGUAN (RKM)
MODEL PEMBELAJARAN SENTRA
KB PAUD JATENG KOTA SEMARANG

TEMA/ SUB TEMA : Aku/ Aku Bangga dengan Identitasku
BULAN/ MINGGU : Juli/ 4
KELOMPOK USIA : 3 – 4 TAHUN

Indikator :

  1. Menirukan bacaan do’a dengan lengkap sebelum melakukan kegiatan (NAM)
  2. Mengucapkan salam (NAM)
  3. Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (bola) dengan dua tangan (MK)
  4. Bertepuk tangan dengan mengikuti irama (note : seni) (S)
  5. Membedakan permukaan jenis benda melalui perabaan (MH)
  6. Menemukan bagian-bagian yang hilang pada gambar wajah orang mobil dsb (K)
  7. Menyebutkan warna dasar(merah,kuning, biru) (K)
  8. Menirukan cara orang membaca buku (B)
  9. Menyatakan keinginan dengan 4-5 kata (B)
  10. Mau bergaul dengan semua orang (SE)

Konsep/ Kemampuan yang dibangun :

  1. Bacaan do’a
  2. Ucapan salam
  3. Kekuatan otot kaki, Keseimbangan, Ukuran
  4. Gerakan, Irama
  5. Sensitifitas, Tekstur
  6. Ketelitian
  7. Warna
  8. Suka membaca
  9. Patuh, Keinginan
  10. Keterbukaan

Kosakata :
Intonasi, Suara, Khusu, Khimad, Tertib, Salam, Sapaan, Benda, Pelan, Cepat, Lambat, Ritme, Pola, Halus, Kasar, Utuh, Tidak utuh, Merah, Kuning, Biru, Sampul, Halaman, Keinginan, Bergaul, Adaptasi.

SENTRA BALOK

  • Membangun rumah tempat tinggalku (MH.1, B.1)
  • Menggambar bebas  (MH.1, K.9, B.1)
  • Finger painting (MH.1, K.1)
  • Mewarnai gambar bercerita (K.1, K.9, B.1, B.1)

SENTRA PERSIAPAN

  • Mewarnai gambar anak sesuai jenis kelamin (MH.1, K.9)
  • Melengkapi gambar anggota keluarga (K.1)
  • Meronce berdasarkan warna (K.9, MH.1)
  • Bermain kantong ajaib (MH.1)
  • Bermain puzzle gambar manusia (MH.1, K.1)
  • Membuka dan melihat buku cerita (B.1, B.1, K.1, K.9)

SENTRA MAIN PERAN

Setting Rumah (NAM.1, NAM.5, MK.1, MK.17, MH.1, K.1, K.9, B.1, B.1, SE.1)

  • Halaman rumah
  • Ruang tamu
  • Ruang keluarga
  • Ruang tidur
  • Ruang makan
  • Dapur

SENTRA BAHAN ALAM

  • Kolase daun kering (MH.1)
  • Membuat bentuk dari tanah liat (MH.1, K.1, B.B.1)
  • Mengelompokkan bunga berdasarkan warna (K.9, B.1, SE.11)
  • Bermain pasir setting rumah (MH.1, B.1, B.1)
  • Bermain air warna (K.9, B.1)
  • Memasukkan biji-bijian ke dalam botol ( K.9, B.1)

Keterangan :
NAM : Nilai Agama dan Moral
MK : Motorik Kasar (Fisik Motorik)
MH : Motorik Halus (Fisik Motorik)
K : Kognitif
B : Bahasa
SE : Sosial Emosional
S : Seni