Kartu Inventaris Barang, Contoh Buku Inventaris Barang/Perlengkapan Sekolah PAUD (TK KB TPA SPS). Setiap koleksi barang atau perlengkapan yang menjadi milik lembaga PAUD harus didaftar/diinventarisir untuk memudahkan lembaga mengetahui kondisi barang saat ini.



Sebagai bahan laporan tentang data inventaris barang yang dimiliki sekolah, Guru maupun PTK Tata Usaha akan membutuhkan format Kartu Inventaris Barang (KIB) model A, B, C, D, E, F lengkap dengan kode barang.

Buku Inventaris Barang / Perlengkapan Sekolah

  1. Format KIB A. Inventaris Tanah
  2. Format KIB B. Inventaris Peralatan Dan Mesin
  3. Format KIB C. Inventaris Bangunan Dan Gedung
  4. Format KIB D. Inventaris Jalan, Irigasi, Dan Jaringan
  5. Format KIB E. Inventaris Aset Tetap Lainnya
  6. Format KIB F. Inventaris Konstruksi Dalam Pengerjaan

Dengan adanya format Kartu Inventaris Barang ini akan memudahkan bagi guru maupun tenaga kependidikan yang mengurusi inventaris dalam mendata barang yang dimiliki oleh sekolah. Untuk download Kartu Inventaris Barang (KIB) lengkap Klik Disini.

Di Lembaga PAUD, buku inventaris barang / perlengkapan dibuat lebih sederhana dan informatif. Berikut ini adalah contoh format Buku Inventaris Barang atau inventaris Perlengkapan Sekolah PAUD (TK KB TPA SPS) :

Download koleksi lengkap dokumen administrasi PAUD klik disini.

Contoh Buku Inventaris Barang/Perlengkapan Sekolah PAUD contoh inventaris barang contoh inventaris barang kantor contoh inventaris barang sekolah contoh inventaris barang habis pakai contoh inventaris barang tk kb contoh inventaris barang sekolah paud contoh inventaris barang paud contoh inventaris barang kelas contoh laporan inventaris barang sekolah contoh kode inventaris barang contoh label inventaris barang sekolah contoh kolom inventaris barang contoh sop inventaris barang contoh buku inventaris barang paud tk kb tpa sps

Download Contoh Buku Inventaris Barang/Perlengkapan Sekolah PAUD

Ayah bunda dapat mengunduh contoh buku inventaris barang / perlengkapan sekolah PAUD dalam format DOC yang dapat di edit melalui link tautan di bawah ini. Untuk preview atau penampakan dokumen juga bisa dilihat dibawahnya. Semoga bermanfaat!



Dokumen administrasi PAUD ini merupakan salah satu dari kumpulan administrasi TK KB yang dibagikan secara GRATIS. Lihat Daftar Dokumen Lengkap KLIK DISINI

Adapun tampilan atau preview dokumennya adalah:

Baca Juga:  Download Contoh Surat Permohonan Pindah PAUD (Format AD-11)

Mengapa Inventarisasi itu penting?

Inventarisasi adalah kegiatan untuk melakukan pengecekan antara data administratif lembaga dengan kondisi fisik yang ada di lembaga bersangkutan. Maksud inventarisasi adalah untuk mengetahui jumlah dan nilai serta kondisi sarana yang sebenarnya, yang dikuasai Pengguna Barang maupun Kuasa Pengguna Barang atas suatu obyek barang.

Mengapa harus ada buku inventaris pada sekolah PAUD?

Mengapa harus ada buku inventaris pada suatu organisasi? Karena manfaat dari melakukan inventarisasi diantaranya adalah mencatat dan menghimpun data aset yang dikuasahi unit organisasi/ departemen. Menyiapkan dan menyediakan bahan laporan pertanggungjawaban atas penguasaan dan pengelolaan aset organisasi/ negara. Menyiapkan dan menyediakan bahan acuan untuk pengawasan aset organisasi atau negara.

Pada umumnya aset atau saran dan prasarana kebanyakan berupa alat atau perabotan yang digunakan oleh organisasi dalam menunjang kegiatan operasional organisasi dalam rangka mencapai tujuannya. Namun apakah pengelolaan sarana dan prasarana organisai sudah dilakukan dengan baik? Pertanyaan ini kebanyakan akan dijawab sudah baik, karena jika ternyata fakta di lapangan terjadi sebaliknya mereka akan menghindar dan melepas tanggung jawabnya. Artinya masih banyak sekali kasus hilangnya barang-barang milik/kekayaan organisasi baik swasta maupun pemerintah yang sulit di lacak keberadaannya.