4 Jenis Aktivitas Bermain di Luar Ruangan/ Outdoor PAUD



4 Jenis Aktivitas Bermain di Luar Ruangan/ Outdoor PAUD –Aktivitas bermain di luar ruangan berdasar sebuah penelitian menunjukkan bahwa keterampilan motorik kasar seperti keseimbangan, kelincahan, dan kekuatan dapat meningkat setelah diberikan tindakan dengan menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) outdoor yaitu tali, penanda atau cone, dan tangga majemuk.

Alat Permainan Edukatif (APE) outdoor adalah alat permainan yang berada di luar ruangan yang dapat digunakan sebagai sarana untuk bermain yang mengandung nilai pendidikan (edukatif) dan mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak usia dini.

APE Outdoor dibagi menjadi 2 yaitu APE Outdoor Permanent dan APE Outdoor Movable keterangan lihat disini.

4 Jenis Aktivitas Bermain di Luar Ruangan/ Outdoor PAUD

Untuk Aktivitas Bermain di Luar Ruangan, Berikut ini adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan anak usia dini dengan memanfaatkan sarana bermain luar ruangan:



1. Aktivitas Luar Ruangan yang meningkatkan Perkembangan Fisik

–Meluncur
–Berayun
–Bergoyang-goyang
–Mendaki
–Mengatur keseimbangan
–Merangkak
–Melompat
–Berguling/terguling
–Mendorong/menarik
–Melompat/meloncat
–Berlari
–Melempar dan menangkap
–Bermain bekerjasama
–Bermain berkompetisi
–Membangun
–Berjalan
–Mengumpulkan
–Mendistirbusikan/membagikan
–Mengatur/menata
–Bersembunyi
–Mengurutkan
–Memanipulasi
–Membentuk
–Meraba/memegang
–Duduk/Bermain pasif
–Mengamati
–Menggali
–Bercocok tanam
–Menjelajah/mencari
–Bermain air
–Bermain pasir
–Bermain bola
–Bemain mainan
–Bermain boneka
–Mengapung
–Permainan tradisional

4 Jenis Aktivitas Bermain di Luar Ruangan/ Outdoor PAUD

2. Aktivitas Luar Ruangan yang meningkatkan perkembangan emosi

–Bermain rumah tangga
–Ekspresi diri
–Bermain sendiri
–Merawatan diri
–Berani mengambil resiko
–Membuat musik
–Berpartisipasi dalam kelompok
–Menangani masalah
–Bermain peran
–Membangun kembali/ Mengkonstruksi ulang
–Bermain fantasi
–mengurutkan
–Bereksperimen
–Tanggap terhadap kebutuhan pribadi

3. Aktivitas Luar Ruangan yang meningkatkan Perkembangan Kognitif

–Mendengar
–Memecahkan masalah
–Mengamati
–Menggunakan perkakas
–Membuat sesuatu
–Mencocokan
–Menyebutkan
–Mengidentifikasi
–Orientasi spasial (ruang)
–Menggambar
–Mengeksplorasi
–Bereksperimen
–Ekpresi diri yang kreatif
–Bergerak mengikuti irama
–Membuat bunyi-bunyian berirama
–Berimajinasi
–Bermain soliter
–Meniru gerakan atau mimik wajah
–Membaca
–Memanipulasi
–Mendeskiripsikan
–Menulis

4.Aktivitas Luar Ruangan yang meningkatkan Perkembangan Sosial

–Bermain bekerjasama
–Bekerjasama memecahkan masalah
–Mendengar
–Menari
–Ekplorasi berkelompok
–Berkomunikasi
–Berbagi
–Meniru perilaku orang lain
–Membuat proyek bersama
–Membuat rencana
–Bernyanyi atau membuat bunyi-bunyian berirama
–Mematuhi aturan
–Mempelajari fakta
–Memperlihatkan atau menjelaskan
–Bertanya untuk menyelidiki
–Mengurutkan atau menata
–Bermain fantasi secara berkelompok
–Bereksperimen dengan alat permainan
–Merawat diri dan orang lain
–Bereksperimen dengan benda-benda

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam  aktivitas bermain luar ruangan:

  1. Aktivitas yang dipilih tergantung tujuan pembelajaran yang ingin dicapai melalui sarana bermain luar ruangan.
  2. Penggunaan satu sarana bermain luar ruangan dapat  memunculkan beberapa aktivitas bermain yang dapat meningkatkan beragam aspek perkembangan sekaligus. Sebagai contoh: ketika anak bermain ayunan, anak dapat melakukan aktivitas: berkomunikasi, bernyanyi, berimajinasi, berayun, mendorong, belajar tentang fakta (angin), mengamati, mengambil resiko (supaya tidak jatuh), merencanakan.