DEFINISI Media Pembelajaran Anak Usia Dini (PAUD)



DEFINISI Media Pembelajaran Anak Usia Dini (PAUD) –Media Pembelajaran PAUD adalah semua hal yang dapat digunakan sebagai penyalur pesan dari pengirim ke penerima untuk merangsang fikiran, perasaan, perhatian dan minat, serta perhatian anak sehingga proses belajar terjadi.

Pesan berupa isi ajaran dan didikan yang ada di kurikulum dituangkan oleh Pendidik PAUD atau sumber lain kedalam media dalam bentuk-bentuk simbol komunikasi baik simbol verbal (kata-kata lisan atau tertulis) maupun simbol non verbal atau visual. Selanjutnya penerima pesan (bisa siswa atau Pendidik) menafsirkan simbol-simbol komunikasi tersebut sehingga diperoleh pesan.

Definisi pembelajaran adalah merupakan suatu kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan agar dapat mempengaruhi para siswa mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

Peran media dalam pembelajaran khususnya dalam pendidikan anak usia dini semakin penting mengingat perkembangan anak pada saat itu berada pada masa berfikir konkrit. Media dalam proses pembelajaran dapat mempertinggi proses belajar siswa dalam pembelajaran yang pada gilirannya diharapkan dapat mempertinggi hasil belajar yang dicapainya.



Berbagai penelitian yang dilakukan terhadap penggunaan media dalam pembelajaran sampai pada kesimpulan, bahwa proses dan hasil belajar pada siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pembelajaran tanpa media dengan pembelajaran menggunakan media. Oleh karena itu penggunaan media pembelajaran sangat dianjurkan untuk mempertinggi kualitas pembelajaran.

DEFINISI Media Pembelajaran Anak Usia Dini (PAUD) media pembelajaran anak usia dini media pembelajaran anak tk media pembelajaran anak tpa media pembelajaran anak kb artikel media pembelajaran anak usia dini media pembelajaran untuk anak-anak media pembelajaran bahasa arab untuk anak artikel media pembelajaran anak aplikasi media pembelajaran anak aplikasi media pembelajaran untuk anak tk aplikasi media pembelajaran untuk anak usia dini

Peran Media Pembelajaran Anak Usia Dini (PAUD – TK KB TPA SPS)

Peran media dalam pembelajaran khususnya dalam pendidikan anak usia dini semakin penting artinya  mengingat perkembangan anak  pada  saat  itu  berada  pada  masa  berfikir konkrit. Oleh karena itu salah satu prinsip pendidikan untuk anak usia dini harus berdasarkan realita artinya bahwa anak diharapkan dapat mempelajari sesuatu secara nyata.

Dengan demikian dalam pendidikan untuk anak usia dini harus menggunakan sesuatu yang memungkinkan anak dapat belajar secara konkrit. Prinsip tersebut mengisyaratkan perlunya digunakan media sebagai saluran penyampai pesan-pesan pendidikan untuk anak usia dini.

Seorang Pendidik PAUD pada saat menyajikan informasi kepada anak usia dini harus menggunakan media agar informasi tersebut dapat diterima atau diserap anak dengan baik dan pada akhirnya diharapkan terjadi perubahan-perubahan perilaku berupa kemampuan-kemampuan dalam hal pengetahuan, sikap, dan keterampilannya.