Cara Memilih Media Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS)



Cara Memilih Media Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS) –Pemilihan media pembelajaran bukanlah hal yang sederhana meskipun tidak perlu dipandang rumit. Pada dasarnya pertimbangan untuk memilih suatu media pembelajaran sangatlah sederhana yaitu dapat memenuhi kebutuhan atau mencapai tujuan yang diinginkan atau tidak.

Pertimbangan Memilih Media Pembelajaran PAUD

Yang menjadi pertanyaan dalam memilih media pembelajaran PAUD adalah apa ukuran atau kriteria kesesuaian tersebut. Beberapa faktor perlu dipertimbangkan antara lain:

  1. Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
  2. Karakteristik siswa atau sasaran
  3. Jenis rangsangan belajar yang diinginkan (audio, visual, gerak, dan seterusnya)
  4. Keadaan latar atau lingkungan
  5. Kondisi setempat dan luasnya jangkauan yang ingin dilayani.

Faktor-faktor tersebut pada akhirnya harus diterjemahkan dalam norma atau kriteria keputusan pemilihan.

Penetapan rambu-rambu dan kriteria untuk pemilihan media pembelajaran merupakan patokan yang harus dijadikan pegangan bersama. Rambu-rambu tersebut diperlukan agar dapat menyediakan berbagai media pembelajaran yang tepat dan berdaya guna tinggi.



Cara Memilih Media Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS)

Dalam konteks pemilihan media pembelajaran untuk anak usia dini, beberapa dasar pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam pemilihan media pembelajaran PAUD dijabarkan sebagai berikut :

  1. Media pembelajaran yang dipilih hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan pemakai (anak usia dini) yang dilayani serta mendukung tujuan pembelajaran.
  2. Media pembelajaran yang  dipilih  perlu  didasarkan atas  azas  manfaat, untuk  apa  dan mengapa media pembelajaran tersebut dipilih.
  3. Pemilihan media pembelajaran hendaknya berposisi ganda baik berada pada sudut pandang pemakai (guru, anak) maupun dari kepentingan lembaga. Dengan demikian kepentingan kedua belah pihak akan terpelihara dan tidak ada yang dirugikan manakala kepentingan masing-masing ada yang kurang selaras.
  4. Pemilihan   media   pembelajaran  harus   didasarkan   pada   kajian   edukatif   dengan memperhatikan kurikulum yang berlaku, cakupan bidang pengembangan yang dikembangkan, karakteristik peserta didik serta aspek-aspek lainnya yang berkaitan dengan pengembangan pendidikan dalam arti luas.
  5. Media pembelajaran yang dipilih hendaknya memenuhi persyaratan kualitas yang telah ditentukan antara lain relevansi dengan tujuan, persyaratan fisik, kuat dan tahan lama, sesuai dengan dunia anak, sederhana, atraktif dan berwarna, terkait dengan aktivitas bermain anak serta kelengkapan yang lainnya.
  6. Pemilihan  media  pembelajaran hendaknya  memperhatikan pula  keseimbangan koleksi (well rounded collection) termasuk media pembelajaran pokok dan bahan penunjang sesuai dengan kurikulum baik untuk kegiatan pembelajaran maupun media pembelajaran penunjang untuk pembinaan bakat, minat dan keterampilan yang terkait.
  7. Untuk memudahkan memilih media pembelajaran yang baik perlu kiranya menyertakan alat bantu penelusuran informasi seperti katalog, kajian buku, review atau bekerjasama dengan sesama komponen fungsional seperti guru-guru atau kepada pimpinan lembaga PAUD dalam forum KKG (kelompok kerja guru), misalnya para guru dari berbagai lembaga PAUD dimungkinkan untuk saling tukar informasi mendiskusikan berbagai hal yang berkaitan dengan peningkatan proses belajar mengajar (PBM) dan tentang kondisi keberadaan media pembelajara yang diperlukan.

Bagan Cara Memilih Media Pembelajaran PAUD

Cara Memilih Media Pembelajaran PAUD (TK KB TPA SPS) tips memilih media pembelajaran paud tk kb tpa sps standar memilih media pembelajaran

Mengingat pemilihan media ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengembangan pembelajaran secara umum, maka selain berbicara kriteria pemilihan harus dipahami pula tentang alur proses pemilihan media pembelajaran. Berikut ini langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam proses pemilihan media.

PENJELASAN GAMBAR
Berdasarkan  bagan  tersebut  langkah  pemilihan  media  dimulai  dengan  pertanyaan apakah pesan yang akan disampaikan bersifat informasi/hiburan atau pesan pembelajaran. Bila pesan pembelajaran yang ingin ditampilkan apakah akan berfungsi sebagai sarana belajar (media) atau sarana mengajar (peraga).

Kemudian prosedur selanjutnya ialah menetukan strategi pembelajarannya, yaitu apakah ingin memberikan pengalaman belajar sikap, keterampilan fisik atau kognitif. Pemilihan strategi ini harus dilakukan secara cermat dengan mempertimbangkan kriteria sebagaimana yang telah diuaraikan pada bagian sebelumnya. Berdasarkan kriteria tersebut media-media yang ada akan dipilih untuk selanjutnya digunakan dalam pembelajaran.