Contoh SOP Pengelolaan Kegiatan Belajar PAUD Kurikulum 2013



Contoh SOP Pengelolaan Kegiatan Belajar PAUD Kurikulum 2013. Proses pembelajaran di PAUD tidak terbatas pada saat anak berada di sentra atau area atau kelas, tetapi sejak anak datang hingga pulang.

Semua proses interaksi anak dengan pendidik, dengan temannya, atau dengan lingkungan atau alat mainannya termasuk dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu Satuan PAUD harus merancang jadwal harian dan bagaimana para pendidik berperan di dalamnya penting diperhatikan dalam sebuah acuan standar PAUD yang bernama Strandar Operasional Prosedur.

Dalam menyusun SOP PAUD sesuai Kurikulum 2013 ada hal-hal yang perlu diperhatikan secara umum antara lain adalah :

  • Pastikan bahwa lingkungan belajar di dalam (indoor) dan di luar (outdoor) bersih, aman, nyaman, dan menyenangkan.
  • Kegiatan pembelajaran dilaksanakan melalui bermain. Kegiatan bermain yang dipilih adalah kegiatan bermain yang mampu menstimulasi dan mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak. Pilihlah kegiatan main yang kaya akan stimulasi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak.
    SOP PAUD Pengelolaan Kegiatan Belajar Kurikulum PAUD 2013



  • Alat dan bahan main yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan, karakteristik, tahapan perkembangan, dan lingkungan anak.
  • Alat dan bahan main disiapkan sebaik mungkin sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan, baik untuk aktivitas individu, kelompok kecil, kelompok sedang, maupun kelompok besar.
  • Alat dan bahan main serta buku ditata pada tempat yang mudah dijangkau oleh anak.
  • Semua proses dan karya anak dikumpulkan sebagai bahan penilaian (asesmen) ketercapaian pertumbuhan dan perkembangan anak. Hasil karya anak dapat dipajang sesuai dengan keperluan.
  • Untuk berjalannya seluruh kegiatan di atas, dapat disusun aturan atau tata tertib yang penyusunannya berdasarkan kesepakatan pendidik dan pengelola untuk mengatur keberlangsungan kegiatan pembelajaran dengan efektif.
  • Contoh SOP Pengelolaan Kegiatan Belajar PAUD Kurikulum 2013

    Prosedur yang dilakukan untuk SOP PAUD berkaitan Pengelolaan Kegiatan Belajar PAUD :

    1. Pendidik menyiapkan lingkungan bermain yang aman, nyaman dan tersedia APE yang mendukung.
    2. Pendidik mengawali kegiatan dengan membacakan buku.
    3. Pendidik mengajak anak berdiskusi tentang tema hari ini.
    4. Pendidik  membacakan buku atau bercerita dengan menggunakan APE sesuai kebutuhan.
    5. Pendidik mendorong anak untuk aktif mendiskusikan tema yang sedang dibahas.
    6. Pendidik menginformasikan kegiatan main hari ini, dan menyampaikan gagasan main.
    7. Mendiskusikan aturan main.
    8. Pendidik memberikan kesempatan pada anak untuk memilih teman main.
    9. Anak melakukan kegiatan bermain sesuai minat.
    10. Pendidik melakukan observasi (pengamatan) dan membuat    dokumentasi atau catatan tentang perkembangan anak. 
    11. Pendidik mengingatkan pada anak sisa waktu bermain.
    12. Pendidik mengajak anak untuk membereskan alat
    13. Pendidik mengajak anak untuk duduk melingkar dan menanyakan kembali, pengalaman bermain anak. 
    14. Anak didorong untuk memberikan unjuk kerja, bisa dalam bentuk gambar, tulisan, bercerita menggunakan hasil karyanya atau recalling (menceritakan kembali pengalaman bermainnya). 

    SOP PAUD Kurikulum 2013 lainnya lihat melalui link tautan berikut :

    Pada kesempatan kali ini akan disajikan Contoh SOP Pengelolaan Kegiatan Belajar PAUD Kurikulum 2013. Untuk contoh Standar Operasional Prosedur PAUD yang lain dapat dilihat melalui link tautan Kumpulan Contoh SOP PAUD sesuai Kurikulum 2013.